Declip

Arti Overthinking dan Cara Menghentikannya

Arti Overthinking dan 7 Cara Menghentikannya

Siapa yang sering panik kalau pacar gak bales WA tapi kelihatan online? Tahu gak sih kamu kalau itu tuh adalah contoh sederhana overthinking. Kalau kamu panik, langsung mikir yang enggak-enggak, otomatis nuduh pacar selingkuh, langsung ngerasa gak punya martabat, nge-WA lagi dan minta putus adalah pengaruh dari overthinking. Apa sih arti overthinking dan cara menghentikannya gimana, ya? Yuk, bahas!

Minpow kutip dari https://www.forbes.com/ arti overthinking tuh waktu kamu ngebayangin hal, mempertanyakan, nge-khawatirin hal-hal yang enggak bisa kamu kontrol. Lebih dari itu, kamu mikirin itu semua sampai berlarut-larut.

Akhirnya banyak waktu kebuang dan kamu malah semakin gelisah. Jadi, bukannya dapat solusi, kamu malah kehilangan banyak hal. 

Kebayang, kan, seberapa parah pengaruh yang bisa dihasilin sama overthinking? Seremnya, overthinking tuh gak gampang dihindari, atau ditinggalin dan diubah.

Perlu waktu, usaha, dan konsistensi yang kita terapin secara terus menerus buat melawan kebiasaan overthinking. 

Terus, apa sih yang bikin kita overthinking? Biasanya, salah satu faktor utama yang bikin kita overthinking adalah kurangnya rasa percaya diri, kurangnya pemahaman konsep diri dan bisa juga adanya trauma yang cukup mendalam di masa lalu. 

Itu sebenernya menyedihkan, karena kalau kita perhatiin nih fakto-faktor yang bikin kita jadi overthink tuh datangnya dari luar.

Kita cuma perlu mengolah semua kekhawatiran itu dengan baik dan ngebangun mindset yang lebih sehat. 

Let say nih sekarang kamu udah tahu kalau kamu lagi memerangi overthinking. Kira-kira, gimana cara menghentikannya? Minpow bahas satu-satu, ya, ini dia:

7 Cara Menghentikan Overthinking 

  1. Pahami Keresahan Kamu

Overthinking tuh biasanya dipicu oleh sebuah keresahan besar. Penyebab keresahan itu bisa macam-macam. Mulai dari urusan karir, urusan asmara, urusan hubungan dengan temen atau keluarga, pokonya apa aja. 

Nah, kita tuh bisa sampai overthink pertama-tama biasanya karena kita gak bener-bener paham soal keresahan sendiri. Apa yang bikin kita resah? Kok bisa sampai resah? Apa yang bisa kita lakuin buat ngadepin keresahan itu?

Hal-hal kaya gitu tuh semakin kamu paham, semakin kamu bisa kontrol keresahan kamu, jadi kamu gak bakal overthinking. 

  1. Tata Ulang Mindset

Kalau Minpow analogiin nih ya, kebiasaan overthinking tuh kaya ada ibu-ibu super julid di dalam kepala.

Dia tuh kerjaannya ngomeeeeel mulu sepanjang waktu. Dia ngeremehin kamu, maki-maki kamu, bilang kamu gak cukup capable, dll, dll. 

Nah, capek, kan? Diomongin jelek terus? Persis. Mindset overthinker juga gitu. Pesimis banget. Makannya, cara menghentikan overthinking salah satunya bisa dengan menata ulang mindset.

Coba deh itu ibu-ibu julid di dalam kepala kamu suruh diem dulu, jangan ngomel mulu.

Tentu tata ulang mindset tuh gak bisa dilakuin dalam sekali terus langsung berhasil. Perlu proses, perlu pengulangan, perlu konsistensi. Selama prosesnya, kamu bakal ngerasa berat banget dan kayanya pengen nyerah aja.

Tapiii, please inget kalau kamu bersusah payah bikin perubahan karena hasilnya worth it. Jadi jangan nyerah.

  1. Pelan-pelan Cari Solusi

Daripada mikirin yang engga-engga, kenapa kita engga pelan-pelan cari solusi? Kira-kira, solusi apa aja nih yang bisa ditempuh? Gimana cara menempuhnya? Apa aja yang harus kita lakuin buat menempuhnya? 

Kalau kamu ngeh nih, ya, dengan sibuk mikirin solusi, kita secara langsung udah ngalihin perhatian kita yang semula fokus ke masalah, jadi fokus cari mikirin solusi.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Itu tuh udah merupakan kemajuan yang oke banget sebenernya. 

Kalau kamu bisa konsisten terusin fokus ke solusi, percaya deh sama Minpow kalau lama-lama kebiasaan overthink kamu bakal berkurang kok.

Mulai sekarang, tiap lagi overthinking, coba dialihin fokusnya dari masalah ke solusi, ya.

  1. Tenangin Tubuh

Overthinking, anxiety dan depresi itu bisa memengaruhi cara kerja tubuh. Detak jantung kamu bisa berdetak jauh lebih kencang. Tekanan darah bisa melonjak naik dengan drastis. Keringat dingin.

Nah, kalau lagi ngalamin hal ini, yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah tenangin tubuh.

Gimana cara tenangin tubuh?

Tarik napas dalam-dalam, terus buang. Ulangi kegiatan itu selama beberapa kali sampai ketegangan di tubuh kamu mereda dan kamu juga bisa ngerasa lebih rileks.

Gak jadi masalah kalau kamu perlu mengulangi hal ini berulang-ulang, selama memang ampuh. 

  1. Latihan Mindfulness

Mindfulness tuh istilah di dalam ilmu psikologi yang nge-refers saat kita mutusin buat fokusin pikiran ke masa sekarang.

Caranya adalah dengan memerhatikan napas, memerhatikan pikiran yang lalu lalang, memerhatikan perasaan. 

Semua itu kita lakukan tanpa adanya penghakiman. Kita gak boleh nge-judge diri kita lemah, payah, atau rendah. Pokoknya kita cuma jadi pengamat. Amati semuanya berlintasan tanpa ngejudge, tanpa nyimpulin apa-apa.

  1. Luangin Waktu buat Khawatir 

Coba kamu diniatin deh kalau mau khawatir. Misal nih ya, dalam sehari, kamu luangin 30 menit tiap jam 7 malem buat khawatir dan mikirin semua masalah. Asal, di luar itu dan setelahnya, kamu gak curi-curi waktu lagi buat khawatir.

Pokonya, cuma selama setengah jam itu aja kamu boleh khawatir dan overthinking. Kalau ini efektif, nanti pikiranmu bakal ikut kebiasaan dan ngikut jam khawatir yang udah kamu bikin. 

  1. Lakuin Hal Random

Pas pikiran kamu mulai kumat, atau si analogi soal ibu-ibu julid di dalam kepala tadi balik, coba kamu lakuin hal random yang gak pernah kamu lakuin sebelumnya.

Misal; cat pagar rumah. Atau gunting rumput. Atau jahit baju. Itu adalah upaya kita nge-ditraksi pikiran.

Kenapa harus hal random yang gak pernah kita lakuin sebelumnya? Karena, kalau hal yang udah pernah atau bahkan udah biasa kita lakuin, kita gak lagi nge-gunain pikiran waktu ngelakuinnya.

Kita butuh hal baru yang butuh keterlibatan pikrian. Dengan begitu, pikiran kita juga jadi bakal ke-distraksi. 

Tadi Minpow udah kasih tahu kamu arti overethinking dan cara menghentikannya.

Selanjutnya, Minpow bakal kasih tahu kamu cara supaya rambut kita rapi terjaga selama 24 jam non stop, yaitu dengan menggunakan Jedai Haircules by DeClip, yang merupakan titisan dewa Hercules. 

Kok disebut titisan dewa Hercules, sih? Iya, karena dia pernah coba digilas Alphard sama Tasya Farasya dan dilempar dari ketinggian 30 meter dari drone waktu dikirimin ke Patricia Gouw.Sama Raisa juga pernah dibekuin di es batu raksasa. Apakah rusak? Enggak tuh. Kegores sedikit aja enggak. Bayangin kesaktiannya! Makannya dia disebut titisan dewa Hercules. 

Kalau kamu gak percaya, buktiin sendiri deh kekuatan Jedai Haircules by DeClip! Bisa kamu beli di catalog Minpow yang ada di website ini. Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Total ada 38 warna. Buruan check out sekarang dan buktiin sendiri kekuatan Jedai Haircules by DeClip!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!