Declip

Gambar 5 Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

5 Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

Hati-hati! Kesempurnaan itu jebakan. Di dunia ini, enggak pernah ada yang sempurna. Kesempurnaan itu, sama kaya hantu, sama kaya takhayul, sama kaya dongeng, yaitu cuma mitos. Sesuatu yang gak pernah ada. Begitu juga kamu. Minpow. Selebgram yang kamu lihat di smartphone. Gak pernah ada yang sempurna. Terus, gimana cara mengetahui kekurangan diri sendiri? Ada caranya.  

Wajar, bagus malah, kalau kita berusaha nge-upgrade diri sendiri. Tapi, harusnya upaya nge-upgrade itu bukan bikin diri kita jadi sempurna, cuma biar lebih baik aja. Lebih baik dari orang lain? Bukaaaan. Tapi lebih baik dari diri sendiri. 

Kita juga sebaiknya gak ngebandingin diri sendiri dengan orang lain. Karena, itu malah bikin kita capek. Tapi, kalau kita bandingin diri kita yang sekarang dengan kita versi sebelum ini, itu bakal ngebantu kita bikin progress, which is goooood. 

Sebetulnya, banyak cara buat mengetahui kekurangan diri sendiri. Tapi, enggak semuanya bisa nge-push kita buat jadi lebih baik lagi. Makannya, di artikel ini Minpow emang sengaja pengen ngebagiin tips cara mengetahui kekurangan diri sendiri yang bisa bikin kamu sekalian nge-upgrade kualitas diri. 

Kenapa sih penting buat tahu kekurangan diri sendiri? Supaya kita tahu gimana cara memperbaiki diri secara terus menerus. Karena, kita semua itu kan dinamis. Berubah, bertumbuh dan berkembang. Ada baiknya kalau perkembangan kita itu ke arah yang lebih positif. Ada baiknya kalau kita selalu bikin progress. 

BACA JUGA : 5 Cara Membangun Body Image Positif biar Lebih PD

Di samping ngembangin diri, menyadari kekurangan diri sendiri juga penting. Pertama, supaya bikin kita selalu humble. Kedua, supaya kita bisa memperbaiki kekurangan itu dan jadi pribadi yang lebih baik lagi. Gimana sih cara mengetahui kekurangan diri sendiri? Ini dia tips-tips dari Minpow:

5 Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri

  1. Introspeksi 

Self reflection, kontemplasi, meditasi, atau apapun istilahnya, introspeksi itu sebenernya bisa kita lakuin melalui beberapa metode. Tapi, tujuannya tetep satu: yaitu nemuin apa yang kurang dari diri kita, apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu dibenahi. 

Introspeksi ini merupakan cara mengetahui kekurangan diri sendiri yang efektif, karena dari sana kita bisa sadar banyak hal terus memperbaikinya. Tapi bukan berarti bikin kita jadi tambah minder, ya. Kalau kamu ngerasa minder setelah introspeksi, berarti kamu terlalu ngehakimin diri secara berlebihan dan itu gak baik. 

Satu hal lain yang perlu dipahami, dalam introspeksi, kamu juga sekaligus berkomitmen buat enggak ngulangin semua kesalahan yang pernah kamu perbuat sebelumnya. Pertama; kamu akui kesalahanmu, kedua, kamu komitmen buat gak ngulangin, ketiga, kamu beneran nunjukin bahwa kesalahan tadi beneran gak keulang. 

  1. Tanya Orang Terdekat

Selain introspeksi, cara mengetahui kekurangan diri sendiri juga bisa dengan tanya orang terdekat. Bisa keluarga, temen, gebetan, atau kolega di kantor. Mungkin, enggak semua orang bisa jujur dengan jawabannya. Tapi, kalau kamu bilang kamu butuh jawaban yang jujur buat memperbaiki diri, mereka mungkin mau mempertimbangkan buat kasih jawaban jujur. 

Kamu juga bisa bilang sama mereka kalau kamu butuh jawaban yang jujur supaya bisa memperbaiki diri jadi lebih baik lagi. Kalau perlu, tanyakan juga mereka mau dapat feedback yang sama atau enggak nih dari kamu. Jadi, nanti mutual masukannya. Gak cuma searah. Kalian jadi sama-sama berkembang.

Kalau orang yang kamu tanyain itu bohong, alias pereuuuzzzz ya… Biasanya kita bisa tahu dan rasain kok. Kamu gak usah maksa dia kasih jawaban jujur, yaudah terima aja jawabannya dan cari orang lain yang bisa kamu tanyain, ya. 

  1. Evaluasi

Apa sih bedanya intropeksi dengan evaluasi? Saat melakukan evaluasi, kamu menganalisa secara keseluruhan semua hal terkait sikap kamu belakangan ini. Bukan Cuma kekurangan, tetapi kelebihan atau keberhasilan juga kamu nilai. Dengan melibatkan kedua aspek tersebut, kamu jadi punya pandangan yang lebih luas. 

Sementara introspeksi itu kamu harus berani mengakui kesalahan kamu dengan gagah dan berkomitmen buat enggak mengulangi kesalahan yang sama. Dua-duanya, baik evaluasi mau pun introspeksi tuh penting banget buat kita lakuin secara berkala. Pokoknya gak ada selesainya deh. Mau umur berapa pun kita, pasti ada hal baru yang bisa dipelajari atau dipahami.

  1. Journaling 

Cara mengetahui kekurangan diri sendiri selanjutnya adalah journaling. Pernah denger istilah journaling? Itu tuh kegiatan mencatat semua kegiatan, peristiwa, perasaan atau pikiran ke dalam tulisan dan nantinya tulisan itu bisa kamu jadiin bahan buat berefleksi. Nantinya, kita bisa ‘bercermin’ dari semua yang udah kita lewatin.

Hal itu diaharapkan bikin kita menghindari kesalahan yang udah pernah kita perbuat dan memaksimalkan keberhasilan yang pernah kita capai. Jurnal juga bisa kita jadiin sebagai parameter, atau tolak ukur, supaya kita tahu ke depannya harus gimana. 

Biar kamu tambah semangat, coba deh kamu juga hias jurnal kmau. Tahu teknik scrapbook? Ngehias jurnal pakai sticker, accessories, sama printilan lain yang bisa bikin jurnal kita lebih gemesin. Jadi, kita juga gak bakal lupa dan gak bakal mager buat ngisi jurnal harian. 

  1. Buka Question Box di Instagram!

Udah zaman canggih begini, kenapa kita gak gunain platform digital kita buat ajang riset sederhana? Tahu kan fitur question box di Instagram? Nah, kita bisa gunain fitur itu buat cari tahu apa aja sih kekurangan kita. Itu juga Minpow nobatin sebagai cara mengetahui kekurangan diri sendiri yang ke lima. 

Jadi, di question box itu kamu bisa minta followers kamu buat ngisi apa aja kekurangan kamu yang pernah mereka lihat, rasakan, atau alami. Tambahin di story kamu dengan bilang kalau ini kamu lakuin karena kamu lagi berusaha memperbaiki diri atau lagi mengembangkan diri. Minta followers kamu buat jawab dengan jujur, ya!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Itu dia 5 cara mengetahui kekurangan diri sendiri. Kalau cara bikin rambut rapi seharian, bahkan seumur hidup, kamu cuma punya satu pilihan, yaitu Jedai Haircules by DeClip, titisan dewa Hercules. Kenapa namanya Haircules? Karena dia tuh sekuat dewa Hercules. Udah pernah digilas Alphard-nya Tasya Farasya dan dia masih utuh, gak kegores sama sekali. Sakti, gak?  

Gak cuma digilas Alphard, Jedai Haircules by DeClip juga pernah dibekuin Raisa di es batu raksasa, pernah dilempar dari ketinggian 30 meter dari drone waktu dikirimin ke Patricia Gouw terus diblender dan dimasukin microwave sama Minpow. Rusak? Gak dooooong. Kalau gak percaya, kamu buktiin sendiri deh dengan beli minimal 1 aja. Ada di catalog Minpow, ya, kalau mau beli. 

Di catalog Minpow, kamu bisa nemuin 35 warna Jedai Haircules by DeClip yang bentuknya ada gigi 3 dan gigi 5. Masing-masing itu tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Oh iya, Minpow juga baru rilis warna baru, yaitu warna glitter. Buruan check out! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *