Declip

Gambar Cara Menghitung IMT (Indeks Masa Tubuh) + Contohnya

Cara Menghitung IMT (Indeks Masa Tubuh) + Contohnya

Pengen punya badan kaya model-model Victoria Secret? Bisa banget! Kamu cuma perlu mencapai angka berat badan yang ideal. Satu lagi tuh, masalahnya, sering denger soal berat badan ideal, tapi gak tahu cari tahu angka yang ideal tuh gimana. Minpow ajarin cara menghitung IMT (Indeks Masa Tubuh), ya!

Sebelum belajar cara menghitung IMT, Minpow kasih tahu dulu  definisi IMT dan segala hal terkait yang mendetail-nya, ya. Buat kamu nih yang belum pernah denger sama sekali apa itu IMT, Minpow kasih tahu ya kalau IMT tuh sebenernya formula yang bisa kamu terapin buat menghitung berat badan ideal.

Banyak isu beredar katanya IMT tuh bisa menghitung persentase lemak tubuh, which is hoax. Karena kenyataannya gak gitu. Kalau mau mengukur persentase lemak tubuh, kamu pakenya analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary) berdasarkan pola perilaku seseorang terkait.

Sementara IMT, dia murni cuma buat cari tahu berat badan ideal. Gimana caranya? Ini dia:

Cara Menghitung IMT

  1. Timbang Berat Badan

Cara timbang berat badan dengan timbangan itu sebaiknya dilakukan pada pagi hari, sebelum kamu menuhin perut dengan bakso aci, cireng rujak, gado-gado, boba, pizza, sama ayam bakar. Sebelum menimbang, pastiin lagi jarum timbangannya berada di titik netral, mulai dari nol. Gak lebih dan gak kurang. 

Setelah kamu timbang berat badan, kamu harus bersiap menerima kenyataan. Berapa pun angka yang kamu lihat, mau ketinggian, atau kerendahan, plis banget jangan lempar dan banting timbangan kamu. Sayang. Mending kamu sumbangin ke Minpow deh timbangan kamu. Yang penting, kamu udah tahu kan cara menghitung IMT gimana? 

  1. Ukur Tinggi Badan

Ingeeeet, sebelum ngukur tinggi badan itu sepatu heels kamu wajib lepas dulu. Hati juga coba diatur ya buat kamu yang suka tinggi hati. Kamu yang besar kepala, coba sekian detik merakyat dulu aja. Karena buat ngukur tinggi badan dalam cara menghitung IMT tuh butuh ke-apa-adaan yang hakiki.

Karena kalau kamu gak bener ngukur tinggi badannya, nanti kamu juga gak bakal bener pas meng-eksekusi cara menghitung IMT-nya. Gak mau kan nanti hasil perhitungan IMT kamu jadi meleset gara-gara kamu gak bener ngukur tinggi badan kamunya? 

  1. Kalkulasi

Setelah kamu tahu berapa berat badan dan tinggi badan kamu, sekarang waktunya kamu terapin tahapan dalam cara menghitung IMT yang terakhir, yaitu kalkulasi. Cara kalkulasi alias ngitungnya tuh gini nih: 

Berat badan : 2 x tinggi badan

Berat badan kamu dibagi dua kali tinggi badan kamu. Misal, contohnya berat badan kamu 60 Kg. Dibagi tinggi badan kamu yang udah dikali dua (misal tinggi badan kamu 1,6 m, jadi 1,6 m x 1,6 m). Maka hasilnya 23,4. Apa tuh artinya? Ini dia:

Nilai IMTArtinya
18,4 ke bawahBerat badan kurang
18,5 s/d 24,9Berat badan ideal
25 s/d 29,9 Berat badan lebih
30 s/d 39,9Gemuk
40 ke atasSangat gemuk

Bali ke hasil perhitungan Minpow tado, kalau kalkulasi IMT kamu ada di angka 23,4, itu artinya berat badan kamu ideal. Selamat! Kamu jadi bebas ngemil apa aja asal jangan ngemilin pacar orang, karena karma itu selalu jauh lebih nyeremin dari keburukan yang  kita perbuat. 

IMT ideal itu berkisar 18,5 sampai dengan 24,9. Di fase ini, kamu berhasil mencapai indeks masa tubuh normal. Tapi, ini gak bakal stagnan selamanya segini-gini aja ya. Tergantung pola makan kamu. Bisa berkurang atau bertambah, tergantung kamu makan siang sama apa. Kulit ayam atau salad stop? Itu ngaruh banget!

Itu di cara menghitung IMT versi Minpow. Mungkin kamu penasaran, kalau cara menghitung IMT anak gimana, Minpow? Sama aja kok. Tinggal disesuaikan aja identifikasi berat dan tinggi badannya. Cara menghitung IMT ibu hamil? Sama juga! Dua dihitung satu jadinya, dengan dedeknya,

Kamu juga mesti hati-hati sama isu miring yang beredar, karena isinya sering ekstrem. Minpow khwatir kalau IMT ini bikin kamu jadi paranoid, akhirnya kamu diet super lebay sampai kamu sakit dan obesitas. Itu serem banget! Makannya, sebetulnya ngejar IMT ideal itu sah-sah aja, selama kamunya gak ngoyo.

Coba buat target-target realistis terkait IMT yang ideal ini. Misal, kalau sekarang kamu berhasil turunin 2 kilo, seminggu atau dua minggu lagi bisa deh kamu tentuin target supaya turun satu atau dua kilo lagi. Jangan tiba-tiba dalam sehari kamu nargetin turun berat badan sebanyak 20 kilo, itu mah namanya bunuh diri. 

Imbangi diet dengan pola hidup sehat; mulai dari rajin mengonsumsi buah-buahan misalnya. Juga perhatiin jam tertentu buat makan. Karena ada jam-jam yang kalau kita makan sesendok tuh bakal langsung bikin timbangan naik dua kilo. Terutama malem. Mending hapus dulu deh semua aplikasi food delivery di HP kamu kalau malem daripada nanti konsekuensinya tiba-tiba khilaf pesen mekdi. Sering banget itu terjadi di kota-kota besar.

Dan, ya, tentunya olahraga. Gak perlu jauh-jauh deh kamu latihan jadi atlet. Cukup sit up tiap pagi, atau lari keliling komplek sehabis pulang kerja aja itu cukup buat bakar kalori. Lumayan ngebuang lemak-lemak dosa pas kita khilaf pesen bebek goreng atau sate taichan. 

Program diet manapun yang kamu pilih, pastiin itu jangan sampai ngebahayain kamu, ya. Pengen jadi kurus boleh, tapi tubuh kita juga tetep butuh asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Kita tetep kudu prioritasin itu semua sebelum penampilan. Mon maap nih, kalau kita kenapa-kenapa kan boro-boro bisa mikirin penampilan.

Kecuali kalau kamu udah sehat dan bugar, boleh deh kamu mulai fokus ke penampilan kamu! Kalau mau mulai dari rambut, bisa tuh kamu pilih hair ornament dari DeClip.id, salah satu best sellernya adalah Jedai Haircules by DeClip, jepit rambut yang kemarin sempat viral di internet.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kok bisa viral? Iya, udah coba dibekuin dalem es batu sama Raisa, dilempar-lempar sama Patricia Gouw dan digilas Alphardnya Tasya Farasya, tapi Jedai Haircules by DeClip tetep utuh gak kegores sedikit pun. Makannya, gimana gak viral coba? 

Kalau kamu cek catalog Minpow, kamu bisa nemuin ada 35 warna Jedai Haircules by Declip, bisa kamu mix and match dengan outfit kamu sehari-hari. Tapi biar bisa nyocokin dengan semua warna, kamu harus ngeborong semua warnanya. Tapi ya gakpapa karena worth it banget. Asal jangan lupa check out!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *