Declip

Gambar Apa Aja Sih Macam Macam Hiperpigmentasi Kulit Wajah

Apa Aja Sih Macam – Macam Hiperpigmentasi Kulit Wajah?

Hiperpigmentasi Kulit Wajah – Declip.id | Pernah denger istilah hiperpigmentasi? Itu tuh waktu kulit kamu munculin bercak hitam dan tentu bakal ganggu penampilan karena jadi enggak mulus kaya kulit bayi. Kok bisa muncul bercak hitam? Apa penyebabnya? Terus, gimana cara ngatasinnya? Produk apa aja yang bisa kita pilih?

Sebelum kita ngebahas hiperpigmentasi kulit wajah lebih lanjut, sekarang Minpow bakal bahas dulu penyebab yang nge-trigger hiperpigmentasi. Tujuannya adalah supaya kamu bisa ngehindarin pemicunya ini.

Penyebab Hiperpigmentasi & Ciri-cirinya

sinar uv

1. Sinar UV (Matahari)

Ini yang paling sering menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu sinar UV alias matahari. Enggak bisa dihindari, karena kita kalau diem di rumah aja, gak kemana-mana, sinar matahari masih bisa menerobos dan memancarkan sinar UV ke kulit kita. 

2. Sinar Buatan

Waduh! Ternyata, sinar buatan juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi! Apa aja sih contohnya sinar buatan itu?

Contohnya itu lampu studio buat photoshoot, lampu di dalam ruangan yang berlebihan, bahkan lampu LED dari smartphone atau TV juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi buat kamu yang kulitnya sensitif. 

3. Hormon

Di dalam tubuh kita, kondisi hormon tuh megang peranan penting banget deh dalam menjaga kesehatan kita. Termasuk soal kondisi kulit.

Dia juga dipengaruhi banget sama kadar hormon di tubuh. Buat mastiin stabil atau enggaknya hormone, sebetulnya ada lab-lab di mana kamu bisa ngecek semuanya sekaligus konsultasi dokter. 

4. Jerawat

Kalau muka kita jerawatan, kita sebetulnya cenderung lebih berisiko mengalami hiperpigmentasi kulit wajah. Kenapa?

Karena jerawat yang muncul di wajah kita itu kalau kita potek bisa berubah jadi noda hitam dan akhirnya bisa berubah jadi noda hitam yang kemudian kita sebut hiperpigmentasi.

5. Suhu Panas

Yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi selanjutnya adalah suhu panas. Kaya di sauna gitu, kalau keseringan, kamu harus hati-hati karena dia tuh bisa menyebabkan hiperpigmentasi dan effort juga cara mengatasinya.

Itu dia daftar yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Selanjutnya, cari tahu yuk macam-macam hiperpigmentasi tuh ada apa aja? Ini dia:

Macam-macam Hiperpigmentasi

macam macam hiperpigmentasi kulit wajah

1. Solar Lentigo

Ini adalah hiperpigmentasi kulit wajah yang diakibatkan oleh cahaya matahari.

Kalau kamu malas pake sunscreen, akhirnya sinar matahari yang menyorot, yang mengandung UV akan merusak lapisan kulit kamu dan meninggalkan bercak cokelat seukuran 1-3 cm.

Kalau kamu biarin, warna yang awalnya cokelat bisa berubah jadi hitam.

2. Post Inflammatory Hyperpigmentation 

Kalau kulit wajah kamu digigit serangga, biasanya warna jadi kemerahan dan bikin iritasi. Kalau kamu biarin, iritasinya bakal bikin kita berpeluang mengalami hiperpigmentasi kulit wajah.

Satu-satunya cara untuk mengatasi kasus ini adalah dengan melakukan perawatan, karena kalau enggak nanti dia bisa berubah jadi flek jerawat. 

3. Melasma

Ini adalah hiperpigmentasi kulit wajah alami yang terjadi karena adanya perubahan hormon yang enggak stabil.

Biasanya terjadi pada ibu hamil, sedang menyusui, atau seorang ibu yang akif pakai kontrasepsi. Kalau hormon udah kacau begitu, biasanya muncul deh bercak hitam hiperpigmentasi yang biasa disebut melasma.

4. Freckles 

Meski di dunia fashion freckles dianggap sebagai tren atau gaya yang khas, tahu gak sih sebenernya freckles itu salah satu jenis hiperpigmentasi? Akibatnya juga sinar UV dari matahari.

Tapi, biasanya, sinar matahari itu didapat waktu seseorang masih kecil dan enggak diatasi. Akhirnya setelah dewasa dia jadi punya freckles.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

5. Dark Circle 

Sering begadang dan akhirnya muncul hiperpigmentasi kulit wajah? Goresan itu tuuh yang muncul karena kamu kurang tidur namanya dark circle.

Kamu harus tahu, dark circle di bawah mata itu termasuk salah satu hiperpigmentasi kulit wajah yang disebut dark circle. Terus gimana ngatasinnya? 

Udah tahu penyebab hiperpigmentasi kulit wajah, jenisnya apa aja, ciri-cirinya gimana, selanjutnya Minpow bagiin tips cara menghilangkannya, ya. Apa aja? Ini dia:

Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi

cara menghilangkan hiperpigmentrasi kulit wajah

1. Pelembab

Ini adalah cara yang paling gampang buat dipraktekin, sekaligus effortnya juga gak gitu rempong. Kamu cukup pakai pelembab aja sebelum keluar rumah.

Pun kalau gak bisa langsung ngilangin hiperpigmentasi kulit wajah, seenggaknya kamu bisa memproteksi kulit kamu dari penambahan hiperpigmentasinya.

2. Laser

Ini adalah cara menghilangkan hiperpigmentasi kulit wajah yang modern, efektif, minim risiko, tapi tarifnya lumayan. Minpow enggak saranin kamu milih laser sembarangan di klinik mana aja.

Kamu mesti konsultasi dulu terkait kondisi kulit kamu, pantangannya apa aja, recoverynya berapa lama dan mesti gimana.

3. Masker 

Kamu bisa menghilangkan hiperpigmentasi kulit wajah dengan memilih masker wajah dengan bahan dasar alami.

Misal nih, asam asetat yang ada di cuka apel yang terbukti ngurangin hiperpigmentasi kulit wajah, aloin yang ada di lidah buaya, sampai ekstrak licorice. 

Kalau kamu bingung mau pilih masker apa, kamu juga bisa dapetin semua bahan-bahan yang kamu butuhin buat ngurangin hiperpigmentasi kulit wajah dari skincare / obat / serum yang bisa kamu dapetin di toko-toko terdekat.

Apa aja sih skincare / obat / serum yang bisa kita pilih buat ngatasin hiperpigmentasi kulit wajah? Ini dia:

Skincare / Obat / Serum untuk Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Wajah

skincare atau obat untuk menyembuhkan hiperpigmentasi

1. Avoskin

In tuh produk lokal baru yang menurut Minpow oke banget deh kualitasnya. Pilih yang Vitamin C 3%, Niacinamide 2% dan Orange Fruit Extract.

Kandungan-kandungan itu ngebantu kamu menyamarkan noda hitam akibat pengaruh hiperpigmentasi kulit wajah apapun penyebabnya.

2. Somethinc 

Pilih yang 5% niacinamide + moisture sabi beet brightening serum. Dia tuh udah pernah diuji secara klinis bisa ngilangin komedo dan jerawat.

Karena itu, dia juga aman ngelindungin kamu dari seluruh peluang hiperpigmentasi. 

3. Whitelab Brightening Face Serum

Skincare / obat/ serum selanjutnya yang bisa mengatasi hiperpigmentasi kulit wajah adalah whitelab. Dibandingin kedua produk lain sebelumnya, ini tuh kandungan niacinamide-nya jauh lebih tinggi, yaitu sampai 10%.

Bukan Cuma itu, dia juga mengandung marine collagen yang bisa bikin kulit kamu lebih mulus dan cerah.

4. Trueve

Menurut Minpow, produk satu ini tuh lengkap banget. Ada vitamin c, chromabright, ceramide-6, dan hyaluronic acid-10.

Kombinasinya gak cuma bisa ngilangin hiperpigmentasi, tapi juga bisa ngeratain warna kulit wajah kamu. 

Itu dia serba-serbi hiperpigmentasi kulit wajah yang Minpow harap kamu tahu.

Selain itu, Minpow harap kamu juga tahu kalau sekarang tuh ada jedai titisan dewa Hercules yang bernama Jedai Haircules by DeClip di mana materialnya tuh hampir ga bisa patah. Dia tuh bahkan udah pernah digilas sama Tasya Farasya pakai Alphard dan gak patah!

Di website ini, kamu bisa nemuin 35 warna jedai haircules ditambah 4 warna glitter kalau kamu butuh dateng ke acara yang lebih mevvah. Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buktiin kekuatannya sekarang! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!