Declip

Gambar 5 Jenis Sepatu yang Cocok untuk Kebaya Remaja

5 Jenis Sepatu yang Cocok untuk Kebaya Remaja

Buat kamu yang lagi bingung nyari sepatu yang cocok untuk kebaya remaja, enggak usah bingung! Karena sebenernya tren fashion saat ini tuh kebaya-friendly banget.

Maksudnya, apa aja bisa digabungin dengan kebaya. Enggak cuma sepatu yang lancip, bahkan kamu juga bisa maduin kebaya dengan sneakers. 

Kok bisa? Nanti Minpow jelasin kenapa. Selain itu, Minpow juga bakal bahas dengan terperinci soal kebaya, acara yang dihadiri dengan kebaya, jenis-jenis kebaya, sampai sepatu yang cocok untuk kebaya remaja. Baca artikel ini sampai habis, ya.

Pengertian Kebaya 

Buat kamu yang belum paham, Minpow kasih tahu ya kalau kebaya itu merupakan pakaian adat tradisional yang paling banyak tuh kita lihat macam-macam kebaya tersebar di pulau Jawa.

Kainnya itu dibentuk dengan motif tertentu yang unik dan khas banget. Biasanya juga dipadu dengan kain samping, dilengkapi motif yang enggak kalah tradisional. 

Karena keistimewaannya itu, kebaya enggak digunakan sehari-hari, melainkan di acara tertentu aja yang memang penting. Makannya, kita harus nyocokin sepatu yang cocok untuk kebaya remaja. 

Tujuannya adalah untuk menghargai acara yang akan dilangsungkan. Selain itu, kebaya juga biasanya dipakai waktu kita pakai makeup dan menggunakan aksesoris pengiring, juga bernuansa etnik. 

Jenis-Jenis Kebaya

  1. Kebaya Jawa

Di Indonesia, pulau Jawa terkenal sebagai pulau yang punya banyak banget jenis kebaya yang tersebar. Baik Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Meski mirip-mirip, tapi masing-masing daerah tuh punya ciri khas dan keunikan masing-masing loh.

  1. Kebaya Encim

Selain itu ada juga kebaya encim. Ini merupakan kebaya yang dipadukan dari adat Tionghoa dan Betawi. Selain ngahasilin perpaduan yang unik, desain dan potongan kebaya encim juga khas banget.

Jadi kita bisa langsung tahu gitu kalau yang dipake itu kebaya encim dari bentuk dan potongannya yang khas.

  1. Kebaya Sunda

Orang Sunda mana nih suaranya? Daerah yang dikenal dengan makanan enak dan fashionnya yang unik ini juga punya jagoan sendiri kalau udah ngomongin kebaya, yaitu kebaya Sunda.

Dikenal dari zaman dulu, kebaya Sunda itu ada motif pembeda di leher dan warna-warnanya cenderung lebih cerah dari kebaya lain.

  1. Kebaya Bali

Kebaya Bali terkenal dengan warna-warnanya yang enggak biasa. Makannya, kita juga bisa ngenalin kebaya Bali meski dari segi potongan dan modelnya mirip dengan yang lain.

Warna-warna yang enggak umum dipake sama orang kebanyakan biasanya dipilih sama orang Bali sebagai kebaya.

  1. Kebaya Kutu Baru

Ini adalah potongan kebaya yang menggabungkan dua model berbeda, yaitu bagian kanan dan kiri. Unik? Jelas! Kebayang dong sentuhan tradisional dipaduin dengan potongan ala modern?

Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung pilih kebaya Kutu Baru ini buat kamu pake ke acara tertentu, ya.

Selain Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam juga cukup terkenal dengan kebayanya. Terus, acara apa aja sih Minpow yang memungkinkan kita pakai kebaya? Ini dia.

BACA JUGA : Model Sanggul untuk Kebaya Terkini 2022

Acara yang Cocok Dihadiri dengan Kebaya

Ada banyak banget acara-acara yang menuntut partisipasi kita. Mulai dari kawinan, ulang tahun, sampai kumpul-kumpul doang, konteksnya pertemanan atau perusahaan.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Nah, tapi, kira-kira acara apa aja sih yang menyarankan kita untuk pakai kebaya?

  • Wisuda

Ini adalah acara yang kita semua datengin, yaitu… wisuda! Momen kita lulus dari kampus dan melanjutkan karir adalah momen sakral yang perlu dirayakan.

Makannya, waktu wisuda, biasanya kita disarankan buat pakai kebaya. Meski kita pakai toga, kebaya tetep diperlukan biar kalau toga kita dilepas, kita masih pakai setelan yang cantik.

  • Pernikahan

Acara kedua yang cocok dihadiri dengan menggunakan kebaya adalah acara pernikahan. Untuk menghargai tradisi, pernikahan di negara kita itu biasanya dihadiri dengan menggunakan kebaya.

Sebagian keluarga di daerah tertentu bahkan melangsungkan pernikahan dengan beberapa jenis kebaya sekaligus. 

  • Lamaran

Meski acara lamaran tuh enggak sebesar acara pernikahan, tapi tetep aja dia tuh butuh dihargai rangkaian acaranya dengan menggunakan kebaya.

Baik oleh mempelai maupun tamu undangan yang bakal jadi saksi. Karena meski cuma lamaran, tetep aja rangkaian acaranya penting semua.

  • Upacara Tradisional

Beberapa upacara tradisional yang berkaitan dengan keperluan adat istiadat juga sebaiknya dihadiri menggunakan kebaya.

Biasanya, upacara tradisional itu berkaitan dengan ritual kedaerahan yang kental dengan adat istiadat. Cocok nih pakai kebaya!

  • Acara Kenegaraan

Profesi tertentu, atau sebagai pelajar, kadang kita juga harus menghadiri acara kenegaraan. Apa pun bentuknya, kalau udah berkaitan dengan pemerintahan, kamu boleh banget menghadirinya dengan kebaya, ya.

Selain lebih sopan, Minpow percaya kalau kebaya tuh punya pesona sendiri yang gak bisa diganti dengan pakaian lain. 

Oke, setelah kamu khatam nih soal perkebayaan, selanjutnya kamu harus tahu sepatu yang cocok untuk kebaya remaja.

Harus pakai apa, Minpow? Biar enggak salting, nih, Minpow kasih tahu, ya:

Sepatu yang Cocok untuk Kebaya Remaja

  1. Selop

Ini tuh sepatu yang berbahan dasar kayu. Bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Karena model dan bahannya yang unik dan enggak biasa, akhirnya selop ini jadi sepatu yang cocok untuk kebaya remaja. 

  1. Heels 

Meski masih remaja, boleh banget kok kalau kamu mau pake heels. Kalau bisa jangan yang terlalu kurus hak-nya dan jangan lama-lama ya pakainya.

Heels tuh bikin kebaya makin kelihatan anggun, heels jadi sepatu yang cocok untuk kebaya remaja.

  1. Wedges

Kalau heels dianggap terlalu beresiko sebagai sepatu yang cocok untuk kebaya remaja, kamu juga bisa ganti dengan wedges. Kenapa?

Karena wedges tuh lebih lebar sisi kanan dan kirinya, meski sama-sama tinggi. Jadi enggak terlalu berisiko. 

  1. Sepatu Flat

Males pake yang tinggi-tinggi? Ya udah, waktu milih sepatu yang cocok untuk kebaya remaja kamu juga bisa pakai sepatu flat kok.

Memang sepatu flat bisa dikategorikan sebagai sepatu yang cocok untuk kebaya remaja, ya, MInpow? Bisa banget, pilih yang agak formal ya modelnya.

  1. Sneakers 

Kalau mau sepatu yang casual, kamu harus pilih sneakers sekalian. Sneakers tuhu meski casual dan eksploratif banget modelnya, tetep merupakan sepatu yang cocok untuk kebaya remaja loh.

Sesuaikan sentuhan warna yang ada di sneakers dengan warna kebaya kamu biar lebih kece, ya.

Itu dia sepatu yang cocok untuk kebaya remaja. Kalau kebayanya udah kece, sepatunya juga udah kece, kamu tinggal perlu tambahin aksesoris rambut yang gak kalah kece, yaitu Jedai Haircules by DeClip. Sebagai jedai titisan dewa Hercules, kekuatan Jedai Haircules ini udah enggak perlu kamu pertanyakan lagi. 

Udah pernah digilas sama Alphard-nya Tasya Farasya, Jedai Haircules by DeClip ini tuh masih utuh dan gak kegores-gores setelah diuji kaya gitu. Minpow juga pernah loh nguji jedainya dengan cara diblender dan digilas pakai motor. Sama Yaya alias Raisa juga pernah dimasukin ke dalam es batu raksasa, masih utuh! Kalau kamu penasaran, yuk, check out sekarang! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *