Declip

Gambar Awas Salah Begini Urutan Make Up yang Benar Untuk Remaja

Awas Salah! Begini Urutan Make Up yang Benar Untuk Remaja

Urutan Make Up yang Benar – Masa-masa SMP dan SMA mungkin memang merupakan masa-masa paling indah. Tapi, jangan salah, sekaligus paling susah!

Kalau orang-orang dewasa udah pada jago sekaligus terlatih pakai makeup, kita-kita nih yang masih pada duduk di bangku sekolah harus belajar cara makeup yang benar.

Melalui artikel ini, Minpow kasih tahu ukuran make up yang benar, ya.

Mengapa make up perlu diurutkan dengan tepat dan sesuai? Karena masing-masing make up itu memiliki tekstur yang berbeda.

Kemampuan menyerap ke kulit, warna, bahan dan kandungan juga beda. Karena itu, kita enggak bisa sembarangan mengaplikasikan make up dengan urutan yang keliru.

Melainkan harus betul-betul kita perhatikan urutannya yang benar. Simak, ya.

Alat-alat Make Up yang Perlu Disiapkan

Sebelum kita membahas urutan make up yang benar, Minpow perlu memberitahu kamu dulu terkait alat-alat make up yang perlu disiapkan, termasuk produk make up yang dibutuhkan juga.

Kalau mau kamu catat, silakan! Apa saja? Ini dia:

  • Cleanser
  • Kapas
  • Tisu
  • Facial Wash
  • Pelembab
  • Essence
  • Sunscreen
  • Foundation
  • Concealer 
  • Bedak
  • Contouring
  • Highlighter 
  • Blush On
  • Eye shadow 
  • Eye liner
  • Mascara
  • Pensil Alis
  • Lipstik
  • Setting Spray

Urutan Make Up yang Benar

urutan make up yang benar

Setelah kamu menyiapkan seluruh alat yang diperlukan, selanjutnya kamu dapat mulai mengaplikasikan make up ke wajah. Ini dia urutannya yang benar:

Bersihkan Wajah

Hal pertama yang wajib kamu ketahui dalam memoles make up adalah wajah kita wajib dalam keadaan bersih ketika akan ditambahkan make up.

Tidak boleh kotor, tidak boleh berkeringat, tidak boleh dilapisi oleh make up sebelumnya. Itulah kenapa, penting untuk membersihkan wajah sebelum memulai memoleskan make up. 

Kita dapat membersihkan wajah menggunakan cleanser. Tuangkan cleanser pada kapas, kemudian kita usap lembut dan perlahan bagian wajah yang butuh dibersihkan.

Setelah wajah benar-benar bersih dari kotoran, selanjutnya kita cuci menggunakan facial wash. Lalu keringkan dengan handuk.

Pada titik ini, wajah sudah betul-betul terbebas dari kotoran maupun make up sebelumnya.

Skin care

Perlu kamu pahami bahwa make up itu berbeda dengan skin care. Skin care adalah serangkaian produk yang kita butuhkan untuk menutrisi kulit, sehingga kulit bisa kelihatan cantik dan sehat secara alami.

Pilih skin care sesuai permasalahan kulit kamu. Menurut Realsimple, ada dua jenis skin care yang wajib kita gunakan secara rutin.

Yang pertama itu sunscreen, digunakan pada pagi hari sebagai proteksi sinar matahari dan yang kedua adalah retinol, digunakan sebelum tidur untuk kita yang berusia di atas 30 untuk mencegah penuaan dini. Sisanya dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan. 

Aplikasikan Base atau Dasar di Wajah

Setelah kita mengaplikasikan skin care, urutan kedua yang harus kita aplikasikan adalah base, atau dasar.

Ibarat kanvas, kita harus memiliki dasar sebelum mulai mengaplikasikan macam-macam produk make up. Apa saja base yang bisa kita gunakan? Foundation dan concealer

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Foundation kita gunakan menyeluruh sebagai dasar, sementara concealer bisa kita aplikasikan ke bagian tertentu yang merupakan noda hitam atau bekas luka.

Concealer akan menutupinya sementara dengan optimal. Sebelum menggunakan foundation atau concealer, kamu bisa semprotkan essence, ya, supaya make up lebih menyerap ke kulit.

Contouring

Pernah dengar istilah contouring? Itu merupakan upaya pembuatan dimensi di area wajah untuk membentuk kesan tertentu.

Misal; membuat pipi yang chubby terlihat lebih tirus. Atau membuat wajah agar terlihat lebih panjang ke bawah. 

Contouring itu bisa kamu lakukan dengan memberi penekanan warna tertentu yang lebih gelap di area kening, pipi dan dagu.

Selain itu, saat melakukan contouring, kamu juga memerlukan highlighter yang memiliki warna lebih terang. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan warna contouring yang kamu aplikasikan ke wajah.

Blush On

Contouring berbeda dengan blush on. Kalau contouring bisa memberi garis dimensi tertentu di area wajah untuk membentuk wajah sesuai keinginan, blush on dapat membuat pipi kita kelihatan lebih merona.

Rona pada pipi membuat kita kelihatan lebih segar.

Minpow kasih satu rahasia, ya. Meski memang ada alat khusus yang bisa kita pakai buat perona pipi, tapi kalau lagi kepepet, kamu bisa membuat perona pipi pakai lipstik atau eye shadow, kemudian kamu ratakan dengan menepuk-nepuknya lembut dengan jari sampai merata. 

Lipstik

Ada banyak pilihan lipstik yang bisa kamu pilih. Mau yang matte atau glossy, pilih lipstik sesuai selera. Pilihan warna lipstik juga nyaris enggak terbatas.

Mulai dari nude yang bisa memberi kesan sederhana tetapi elegan, sampai warna merah cabe yang bikin kamu kelihatan lebih berani.

Ada lagi beberapa warna lipstik eksploratif; seperti warna ungu atau warna kuning.

Meski warna-warna itu seringkali digunakan ketika mengadakan cosplay, tetapi nggak ada salahnya juga kalau kamu mau menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari.

Eye Shadow 

Meski area mata itu sedikit, tetapi jangan salah, justru area ini memerlukan ketelitian paling tinggi, lho! Sebelum kamu mulai merias area mata, Minpow sarankan untuk memasang lensa kontak terlebih dahulu.

Itu pun kalau kamu memang rutin menggunakan lensa kontak. 

Setelah memasang lensa kontak, kamu bisa beralih ke eye shadow. Warna eye shadow bisa kamu pilih sesuai selera, atau bisa kamu seragamkan dengan warna lipstik atau warna pakaian kamu.

Ketika mengaplikasikan eye shadow, aplikasikan 3 gradasi warna dari gelap, sedang ke terang. Namun usahakan jenis warnanya senada; misal dari cokelat gelap, cokelat sedang, sampai warna cream terang.

Eyeliner 

Setelah mengaplikasikan eye shadow, selanjutnya kamu tinggal memoles eyeliner. Tambahkan eyeliner di bagian kelopak mata, dekat bulu mata.

Kamu bisa membentuk garis tajam atau eye cat, atau beberapa kreasi eyeliner lainnya. Tinggal pilih salah satu gaya eyeliner yang paling sesuai dengan gaya make up dan kepribadian kamu. 

Maskara 

Mascara adalah pemulas bulu mata, yang bisa membantu kamu untuk memiliki bulu mata yang lebih tebal dan lebih panjang.

Kalau kamu enggak mau pakai maskara, kamu bisa pakai eyelash yang ditanam maupun yang harian.

Bulu mata yang ditanam itu biasanya awet sampai 3-4 minggu, tergantung perawatan. Harganya lumayan jauh lebih mahal.

Tetapi, ada juga bulu mata yang bisa kita gunakan harian, yang bisa kita aplikasikan sendiri di rumah menggunakan perekat khusus bulu mata.

Jangan coba-coba pakai perekat biasa karena hal tersebut sangat membahayakan, ya.

Pensil Alis 

Ini adalah langkah terakhir untuk merias wajah bagian mata, yaitu membuat alis.

Membuat alis, atau lebih dikenal dengan istilah ‘ngalis’ oleh banyak orang merupakan hal paling penting karena alis memegang peranan begitu penting dalam make up secara keseluruhan.

Caranya gimana? Pertama-tama, dengan pensil alis, kamu tarik garis membentuk alis sesuai keinginan. Setelah itu, kamu isi bagian tengah alis dengan cara mengarsirnya.

Tipis-tipis, saja, sebab kalau terlalu tebal nanti akan kelihatan seperti Shinchan. Setelah mengarsir bagian tengah, sisir rapi dengan sisir alis.

Setting Spray

Tahapan terakhir dalam urutan make up yang benar adalah setting spray. Kita memerlukan setting spray agar make up jadi tahan lama dan glowing. Setting spray itu ringan di kulit, untuk pemula juga bisa.

Aman untuk kulit berminyak dan berjerawat, bahkan untuk kulit kering. Pilih setting spray dari merk berkualitas dan terpercaya, ya.

Itu dia keseluruhan urutan make up yang benar yang bisa Minpow bagikan untuk kamu praktikkan di rumah.

Ingat, ya, jangan sampai tertukar karena sekali lagi Minpow tekankan kalau urutan make up itu akan menentukan kombinasi warna, dan berapa lama make up tersebut akan awet dan enggak luntur di wajah.

Seleksilah memilih brand make up karena itu akan menentukan hasil akhir!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!