Declip

Gambar Thrift Fashion Pengertian Tips dan perbedaannya dengan Preloved

Thrift Fashion : Pengertian, Tips dan perbedaannya dengan Preloved

Udah sering denger thrift fashion, tapi kamu tahu gak pengertiannya? Thrift fashion itu pengertiannya bisa beda-beda banget loh ternyata antara satu negara dan negara lainnya.

Di luar negeri, thrift fashion itu tuh fashion items yang udah didonasiin orang lain buat amal.

Sementara di Indonesia, pengertian thrift fashion tuh barang bekas atau barang baru yang belum pernah dipakai, yang dijual dalam keadaan layak.

Kok bisa sih Minpow satu istilah tapi pengertiannya jadi beda-beda gitu? Karena, di negara maju, mereka menganggap thrift itu tuh udah pasti enggak layak, makannya mereka bahkan enggak mau jual.

Melainkan langsung disumbangin aja. Meskipun barang-barang branded.

Beda dengan di Indonesia, sebagai negara berkembang, fashion tuh kalau branded gimana pun kondisinya bakal dianggap layak aja.

Jadi, bagi si penerima barang thrift dari luar negeri, itu tuh lumayan banget buat dikumpulin dan dijual lagi. Hasilnya bisa gede banget. 

Makannya, thrift fashion jadi cukup populer di beberapa negara berkembang, salah satunya Indonesia. Karena cuma di thrift fashion, kita bisa nemu barang bagus, bermerk, dengan harga miring.

Tapi, dari sudut pandang sosial, ada juga nih pengertian menarik soal thrift fashion. 

Salah satunya kaya yang diungkapin sama Kate Fletcher, penulis dan aktivis. Dari website https://www.fibre2fashion.com/ dia bilang, thrift fashion itu mendukung program fashion global supaya bisa tetap sustain. Enggak jadi limbah. 

Fakta tentang Thrift Fashion

Tapi, sebenernya, gimana sih sekarang fakta thrift fashion yang ada di dunia? Faktanya, tiap orang di Amerika itu membuang 81 pon pakaian per tahun.

Itu artinya, ada lebih dari 26 miliar pon pakaian yang numpuk di pembuangan sampah setiap tahunnya (baru pakaian doang).

Makannya, thrifting fashion dianggap kebijaksanaan yang bisa jadi solusi yang ngewujudin lingkungan yang lebih ramah. Data itu Minpow dapetin dari https://www.vagabondary.co/ 

Kalau kamu juga tertarik buat berburu thrifting fashion, kamu mungkin harus tahu dulu nih tips-tipsnya biar dapat banyak barang bagus, berkualitas, tapi kantong tetep aman.

Ikutin beberapa tips thrift fashion dari Minpow berikut ini, ya:

Tips Berburu Thrift Fashion

1. Perhatiin Penampilan pas Hunting

memakai pakaian yang nyaman

Waktu berburu barang thrift, perhatiin deh penampilan kamu. Sebaiknya, hindari pakaian-pakaian super heboh. Karena, Minpow khawatir nanti kamu malah gak nyaman.

Sementara berburu baju thrifting tuh biasanya tempatnya enggak senyaman kaya di mall dengan AC. Kadang di lapangan terbuka, bahkan kadang di pasar.

Makannya, kenyamanan penampilan kamu itu nomor satu. Kedua, enggak usah keren-keren, karena nanti bisa aja kamu dapat harga mahal.

Selain nyaman, penampilan kamu pas datang buat berburu thrifting tuh harus sesederhana mungkin. 

2. Udah Punya Referensi

sudah punya referensi untuk belanja thrift fashion

Berburu thrift fashion tuh gak bisa kaya kalau kita window shoping di mall. Niat “cari yang lucu aja” tuh gak bisa kamu terapin.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Karena, enggak semua produknya itu didisplay dengan proper. Kaya berburu harta karun, kadang dia tuh ada di tumpukan paling bawah. Jadi gak bisa tuh kalau kamu niatnya Cuma “kalau lihat yang lucu aja.”

Mending nih ya, kamu cari dulu referensi di internet. Kamu tuh mau baju kaya gimana? Coba kumpulin referensi OOTD-nya. Biar pas kamu lagi berburu thrift fashion, kamu tahu apa yang kamu cari. Tinggal kamu ubek-ubek deh.

3. Teliti

memilih belanjaan dengan teliti

Ini juga penting. Setelah kamu nemu apa yang kamu mau, jangan langsung bayar dan bawa pulang, ya. Kamu harus perhatiin dengan teliti, ada yang sobek gak tuh? Ada lubang-lubang? Sletingnya aman? Kancing lengkap?

Karena, baju-baju thrift fashion itu kan kadang dikirim jauh-jauh dan ada peluang dia tuh bisa rusak di jalan. Jadi, kamu kudu teliti sebelum membeli.

Double check deh produk yang kamu pilih sebelum kamu bayar. Kalau udah bener-bener enggak ada yang bermasalah, baru deh bisa kamu bayar dan bungkus. Bawa pulang. 

4. Tawar

menawar thrift fashion

Salah satu keseruan berburu thrift fashion adalah tawar menawar. Jadi, kamu juga bisa nawar sebelum bayar. Enggak ada patokan yang kaku soal jumlah yang bisa kamu tawar. Gunain insting dan penilaian pribadi kamu aja. 

Ketika nilai produknya, kamu coba amati kira-kira dari segi brand, dari segi kondisi, layaknya harga berapa tuh. Kamu bisa coba tawar dari mulai 30% sampai dengan 50%.

Tawar menawar itu emang ada seninya juga sih. Dan gak bisa sesederhana itu, butuh skill khusus. Coba deh belajar sama mama atau bibi-bibi kamu yang biasanya expert banget untuk urusan satu itu.

5. Cuci dengan Higienis

cuci dengan higienis

Cuci baju hasil perburuan thrift fashion tuh beda loh dengan cuci baju biasa. Kalau baju biasa, mungkin kamu cukup cuci dengan air, deterjen dan pengharum.

Tapi, waktu kamu berburu thrift fashion, kamu wajib rendam dulu di air mendidih dan masukin deterjen selama beberapa jam.

Kenapa harus direndam di air mendidih? Buat ngilangin kuman. Karena itu barang bekas, Minpow coba mengantisipasi adanya kuman atau kotoran lain yang masih nempel di baju.

Dengan mencucinya di air panas, kita juga sekaligus ngebersihin dan ngilangin semua kuman, noda, dan kotoran lain yang nempel.

Pas rendem itu kamu masukin deterjen juga, ya. Baru abis itu kamu cuci biasa kaya kalau kamu cuci baju di mesin. Tambahin pewangi juga, biar aromanya juga jadi lebih enak dan nyaman nanti pas dipake. 

Nah, itu dia seluk beluk thrift fashion yang bisa Miinpow bagiin. Mulai dari pengertian, fakta sampai tips.

Perbedaan Thrift Fashion dan Preloved Fashion

Terus, apa sih bedanya thrift fashion dengan preloved fashion?

Ya itu tadi, kalau thrift fashion itu merupakan barang-barang sumbangan, kalau preloved fashion itu barang yang masih bagus banget, masih layak, tapi dijual karena alasan tertentu (misal pengen model atau warna lain). 

Makannya, biasanya, preloved fashion tuh masih bagus-bagus. Kamu tertarik untuk jual thrift fashion / preloved fashion kamu?

Sekarang banyak platform yang bisa kamu gunain kok, tinggal kamu download di Appstore/google store kamu!

Kalau setelan udah oke, rambut gak boleh kalah oke dong? Gimana cara bikin rambut rapi dan gak kusut sepanjang waktu?

Cuma ada satu solusi buat masalah itu, yaitu pakai Jedai Haircules by DeClip. Yang rekomendasiin tuh gak main-main loh! Sekelas Raisa dan Tasya Farasya. Saking kuat materialnya, karena konon nih jedai tuh titisan dewa Hercules, dia dibanting dari ketinggian 30 meter, diblender, digilas motor berpenumpang 3 dan dilindes Alphard juga gak hancur. Tetep bisa dipake dan gak kegores. Kurang sakti apa?

Cusss buktiin sendiri kekuatannya. Cek di catalog Minpow yang ada di website ini ya, di saa ada 39 warna jedai (termasuk warna glitter yang mevvah) yang bisa kamu bawa pulang dan kamu mix and match-in dengan penampilan kamu sehari-hari. Check out sekarang, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!