Declip

Gambar Cara Mendapat Beasiswa ke Luar Negeri Sesuai Minat Studimu

Cara Mendapat Beasiswa ke Luar Negeri Sesuai Minat Studimu

Cara Mendapat Beasiswa ke Luar Negeri – Declip.id | Siapa yang di sini cita-citanya kuliah di luar negeri? Sini, merapat, yuk! Minpow kasih tahu cara mendapat beasiswa ke luar negeri, ya. Kenapa harus kuliah jauh-jauh sampai ke luar negeri?

Karena, perlu kita akui, tiap negara tuh punya keterbatasannya sendiri, termasuk negara kita tercinta juga gitu. 

Enggak ada salahnya kok kita berusaha nuntut ilmu sampai keluar negeri, selama memang kamu bisa menyiapkan amunisi. Maksudnya amunisi tuh apa ya?

Amunisi, alias persiapan dan persediaan yang harus dipastiin siaga tuh dari sisi mental, finansial dan fisik dan psikologis.

Dari seluruh elemen itu, gak ada yang lebih penting atau kalah penting. Semuanya setara dan perlu kita siapin.

Kalau enggak, nanti kita bakal kerepotan sendiri dan itu bisa ngehambat proses kuliah kita. Daripada nanti banyak masalah di tengah, kan mending disiapin semuanya di awal gak sih?

Minpow bakal kasih tahu kamu cara mendapat beasiswa ke luar negeri, tapi sebelum itu, ada yang enggak kalah penting… yaitu minat kita terhadap studi yang mau kita pilih.

Kok bisa sih hal itu jadi penting banget? Iya, minat kita tuh ibarat tujuan. Sebelum mulai perjalanan, masa iya kita gak tahu tujuan kita mau dibawa ke mana? Gimana kita mau tentuin rute kalau kaya gitu?

Nah, apa aja sih cara yang bisa kita tempuh supaya tahu minat kita di mana? Ada kok cara-caranya! Minpow bagiin, ya! Ini dia, simak baik-baik.

Cara Cari Tahu Minat Studi

1. Jujur 

Yup! Kamu harus jujur sama diri sendiri dan orang-orang di sekitar kamu pas kamu lagi mendalami jurusan atau mata pelajaran tertentu.

Jangan sampai, karena orang tua dan keluarga kamu ngarep kamu masuk kedokteran, kamu jadi ambil jurusan itu meski kamu gak enjoy dan gak minat. Itu bahaya banget!

2. Explore

Gimana kita bisa tahu rasanya sesuatu kalau kita ga nyoba? Nah, jurusan juga sama. Kita harus banyak nyoba, banyak explore.

Cari tahu nanti pelajarannya kaya gimana, terus mulai deh kamu pelajari sedikit-sedikit biar kamu punya gambaran.

3. Ikutan Kuis Self Help

Ini memang ngebantu, walau gak bisa dijadiin tolak ukur utama. Self help quiz tuh kaya media yang bisa kamu pake buat iseng-iseng ngenalin diri sendiri dengan lebih baik lagi.

Di internet, banyak nih kuis self help kaya gini. Nanti kamu dikasih sederet pertanyaan dan kamu bisa jawab berdasarkan pilihan yang paling sesuai. 

4. Riset

Ini fix merupakan tahapan yang gak boleh kamu skip. Riset. Tanya-tanya sama temen-temen kamu yang udah ambil jurusan ini, apa aja tantangannya, suka dukanya, seberapa sulit medan perjalanan yang harus ditempuh, serta peluang kerja yang nanti bisa kita dapat dari jurusan ini.

Lebih bagus lagi kalau kita juga punya perencanaan karir dalam 5-10 tahun ke depan. 

5. Pertimbangin, Lalu Putuskan

Kalau kamu udah jalanin ke-4 poin di atas, itu artinya kamu udah mempertimbangkan setiap pilihan dan kamu siap ambil keputusan.

Pastiin kamu konsisten dengan keputusan yang kamu ambil, ya. Karena kalau kamu mau berubah pikiran, mohon maaf nih ya, nanti PR banget tuh ngulangin semuanya lagi. 

Setelah kamu tahu jurusan kuliah apa yang mau diambil, selanjutnya Minpow bakal kasih tahu kamu cara mendapat beasiswa ke luar negeri. Simak baik-baik plisss! Ini dia:

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Cara Mendapat Beasiswa ke Luar Negeri 

1. Kepoin Lembaga Penyedia Beasiswa

Cara mendapat beasiswa ke luar negeri adalah pantau lembaga penyedia. Di Indonesia, banyak lembaga penyedia beasiswa yang bisa bantu kamu untuk dapetin beasiswa.

Mulai dari LPDP, Chevening, Australia Awards, StuNed, FullBright dan masih banyak lagi. Kamu bisa pantau mereka lagi terima submission apa aja, terus kamu bisa langsung ajuin deh lamaran beasiswa kamu.

Tanya sama mereka, apa aja yang dibutuhin dan bisa kamu penuhin buat bisa ngajuin lamaran sesuai dengan negara tujuan dan mata kuliah idaman kamu. 

2. Kursus Bahasa Asing

Kamu udah punya negara tujuan buat kuliah? Kemampuanmu untuk bisa berbahasa area setempat gimana? Penting buat kamu kursus bahasa asing sesuai dengan negara tujuan kamu sebelum keberangkatan.

Jadi, nanti, saat waktunya tiba, kamu bisa lebih siap. Masuk akal, kan, kalau itu dijadiin sebagai cara mendapat beasiswa ke luar negeri?

Masing-masing negara punya bahasa dengan level kesulitan sendiri-sendiri.

Makannya kita harus bener-bener nyiapin waktu buat kursus belajar bahasa asing biar sempat belajar dulu, takutnya kalau kamu gak gercep, nanti kamu udah harus berangkat tapi kamu bahkan enggak menguasai bahasanya. Risky banget! 

3. Siapin Dokumen

Ini tuh bakal jadi proses yang kompleks, panjang dan berbelit. Jadi, ada baiknya kamu siapin dari jauh hari. Mulai dari surat rekomendasi, IELTS / TOEFL, visa, passport dan masih banyak lagi.

Ketimbang nanti terburu-buru atau sampai gagal gara-gara dokumen gak lengkap, mending kamu sibuk sekarang abis itu bisa santai, kan? Jangan skip cara mendapat beasiswa ke luar negeri satu ini ya!

4. Aktif 

Kamu juga sebaiknya aktif untuk nunjukin kalau kamu tertarik dengan minat jurusan yang kamu pilih. Cara aktifnya gimana?

Dengan melibatkan diri dalam setiap diskusi, dengan mengikuti perlombaan dan kirimin tulisan soal isu yang berkaitan ke media. Itu dia salah satu cara mendapat beasiswa ke luar negeri. Jangan sampai kelewat!

5. Bikin Timeline

Coba buat timeline sendiri soal rencana ini. Mulai dari tanggal penyerahan lamaran, sampai melakukan persiapan.

Kalau timeline-nya berantakan, nanti waktu dan rencana kamu juga bakal ikut berantakan dan gak bisa tersusun rapi. Makannya bikin timeline tuh jadi penting dan Minpow masukin sebagai cara mendapat beasiswa ke luar negeri. 

Minpow udah kasih tahu kamu cara-cara mendapat beasiswa ke luar negeri yang bisa kamu praktekin buat menyiasati karir di masa depan kamu.

Ikutin tiap tahapnya dan jangan ada yang kamu skip, ya! Selanjutnya, Minpow juga pengen bagiin cara buat bikin rambut kamu rapi 24/7, cuma ada satu rahasianya, yaitu Jedai Haircules by DeClip! 

Jedai titisan dewa Hercules itu pernah dites ketahanannya dengan macam-macam cara. Mulai dari digilas Alphard-nya Tasya Farasya, sampai dibekuin sama Raisa di dalam es batu raksasa. Waktu Minpow kirim ke Patricia Gouw, Minpow kirimnya pakai drone dan tingginya itu 30 meter. Apakah rusak? Enggaaaaak! Kegores aja enggak. Kurang sakti apa coba?

Kalau kamu penasaran juga, buruan deh cek catalog Minpow  yang ada di website ini dan di sana kamu bakal nemuin 35 warna jedai yang bisa kamu mix and match buat penampilan sehari-hari. Ditambah 4 warna glitter kalau kamu mau datang ke acara-acara formal, mulai dari kondangan sampai wisudaan. 

Bentuknya ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Sesuaikan dengan ukuran rambut kamu, ya! Panjang dan tebalnya. Ajakin juga temen-temen kamu buat pake Jedai Haircules by DeClip samaan. Biar kompak! Yuk, check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *