Declip

Gambar 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Keganggu banget gak sih sama jerawat di wajah? Jerawat PIH sama jerawat PIE sama-sama bikin stress. Hah? Emang ada jenisnya, ya, Minpow?

Ada! Buat kamu nih yang enggak tahu, catat, ya, kalau jerawat itu ada yang PIH dan PIE. Dua-duanya sama bahayanya kalau kamu enggak rawat baik-baik. 

Makannya, di artikel kali ini, Minpow bakalan ngajakin kamu buat bahas seluk beluk jerawat PIH dan jerawat PIE.

Perbedaannya, penyebabnya, sampai cara mengatasinya. Pengen tahu, kan, apa aja detail seluk beluk jerawat PIH sama PIE? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Jerawat PIE

Perbedaan Jerawat PIH dan PIE

Sebelum bahas cara menghilangkan bekas jerawat PIE, Minpow pengen bahas dulu perbedaan jerawat PIH dan PIE. Apa aja, sih? Ini dia:

  1. PIH

Jerawat PIH tuh biasanya warnanya cokelat hingga kehitaman. PIH itu singkatan dari post inflammatory hyperpigmentation.

Kok bisa sih Minpow warnanya cokelat atau gelap kehitaman gitu? Itu karena produksi melanin yang berlebih. Melanin apa, Min?

Pigmen yang bisa ngasih warna buat kulit kita. Kenapa melanin bisa diproduksi berlebih, itu karena inflamasi tadi.

Apakah sakit? Yang namanya jerawat ya pasti cenat-cenut ya bestie, cuma kamu nih yang jangan gatgel buat pencet-pencet karena kalau kamu pencet tuh bakal semakin lama sembuhnya.

Kalau gatel, coba kamu oles lembut aja pakai kapas yang udah kamu sterilkan pakai alkohol medis.

Siapa aja sih Minpow yang punya peluang memiliki jerawat PIH lebih besar?

Biasanya, jerawat PIH itu menyerang mereka yang punya warna kulit gelap. Hati-hati, ya, karena menurut penelitian, jerawat PIH itu biasanya lebih lama stay-nya di wajah kita ketimbang jerawat PIE.

Terus, jerawat PIE itu apa, Minpow? Ini dia: 

BACA JUGA : 3 Exfoliating Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Versi Minpow

  1. PIE

Jerawat PIE itu singkatannya post inflammatory erythema, disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang disebabkan oleh inflamasi.

Nah, kalau PIH itu warna cokelat atau kehitam, PIE itu warnanya merah atau keunguan. Orang-orang yang punya jerawat PIE juga kulitnya cenderung lebih terang. 

Meski begitu, ada juga kok orang dengan kulit gelap yang punya jerawat PIE. Problemnya ya sama, ukurannya sama besarnya dan sakitnya juga sama-sama mengganggu.

Jerawat PIE kadang muncul waktu kamu lagi menstruasi atau waktu hormone kamu lagi enggak seimbang

Selain itu, jerawat PIE juga bisa diakibatkan karena beberapa penyabab lain. Di antaranya adalah karena pembengkakan atau kerusakan pembuluh darah.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Dua, karena tangan kamu gatel tuh jadi mencetin jerawat. Tiga, kulit sering terpapar sinar UV matahari tapi kamunya enggak pakai sunscreen. Cara mengatasinya gimana, Minpow? Yuk, kita bahas! 

BACA JUGA : 5 Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE Secara Alami

  1. Hindari Eksfoliasi Kulit

Pernah denger treatment eksfoliasi? Itu tuh pengikisan sel-sel kulit mati yang dilakukan pada bagian terluar kulit.

Perawatan ini sebetulnya bisa dilakukan dari rumah, meski seringnya orang pergi ke salon atau ke tempat facial. 

Selain menggunakan bahan kimia, eksfoliasi juga biasanya menggunakan alat kecantikan kaya microdermabrasi.

Tapiiii nih ya, kalau kamu punya bekas jerawat PIE, kamu bener-bener dilarang keras melakukan eksfoliasi karena khawatir nanti malah timbul peradangan. Kalau udah radang malah bahaya, Bestie!

  1. Microneedling 

Microneedling adalah treatment yang bisa bikin kita awet muda, salah satunya sekaligus bisa menyamarkan noda bekas jerawat PIE. 

Pengen tahu proses microneedling? Itu tuh nusukin harum-jarum halus ke wajah kamu sebagai upaya terapi terapi induksi kolagen. 

Beda dengan eksfoliasi, microneedling tuh aman buat dipraktekin sebagai cara menghilangkan bekas jerawat PIE.

Selama kamu enggak melakukan treatementnya sendirian di rumah. Karena, kalau kamu melakukan microneedling di klinik, obat-obatan dan penanganannya itu udah teruji medis jadi aman dan bermanfaat buat kamu. 

BACA JUGA : 5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

  1. Pakai Skincare yang Mengandung Niacinamide 

Kalau kamu lagi mau praktekin cara menghilangkan bekas jerawat pie, kamu sebaiknya pilih skincare yang mengandung niacinamide.

Banyak banget produk produk skincare lokal maupun import yang mengandung niacinamide dan itu tuh udah dijamin bakal langsung bisa mengurangi radang jerawat PIE kamu.

Tapi, kamu juga harus perhatiin tuh kandungan lain yang ada dalam produk skincare niacinamide kamu.

Pastiin enggak ada kandungan yang bikin kulit kamu alergi dan bikin kamu jadi breakout. Yuk, perhatiin sebelum membeli, untuk menghindari kemungkinan yang buruk. 

  1. Jauh-jauh dari Scrub

Kita semua pasti cuci muka pakai sabun. Nah, kalau kamu lagi ada jerawat PIE, kamu wajib hindari facial wash yang mengandung scrub alias lulur.

Butiran halus yang bisa mengangkat kotoran dan noda di wajah itu bisa berbahaya banget loh buat jerawat PIE kamu.

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat pie adalah dengan menghindari facial wash scrub. 

Banyak kok facial wash biasa yang bikin wajah kita bersih berseri tanpa perlu pakai scrub. Nanti, kalau jerawat PIE kamu udah mereda, baru deh kamu boleh pakai facial wash yang mengandung scrub.

Sabar beberapa bulan sampai wajah kamu bersih dari jerawat PIE, ya.

  1. Vitamin C

Selain niacinamide, kamu juga bisa praktekin cara menghilangkan bekas jerawat PIE menggunakan vitamin C. Asal, pemakaiannya enggak digabung dengan niacinamide.

Karena itu tuh bakal bahaya banget. Kalau kamu udah pakai niacinamide, ya udah, enggak usah pakai vitamin C lagi.

Kecuali kamu pakai niacinamide malem dan pakai vitamin C-nya pagi. Itu kan gak ketemu, tuh, baru deh aman.

Vitamin C juga ampuh banget ngilangin bekas jerawat yang udah kering dan tinggal berupa noda hitam kecil, perhatiin kandungan lain yang nyatu dengan produk vitamin C kamu, ya!

Itu dia cara menghilangkan bekas jerawat pie yang bisa kamu lakukan di klinik maupun di rumah. Plis banget disiplin, ya, kalau memang harus di klinik, jangan nekat kamu lakuin di rumah karena bisa bahaya banget.

Kalau buat bikin rambut rapi dan anti kusut gimana, Minpow? Itu tuh solusinya cuma satu: Jedai Haircules by DeClip!

Jedai yang udah berhasil mecahin rekor MURI itu udah pernah dipakai sama Raisa, Tasya Farasya, Patricia Gouw, sama banyak artis lainnya. Udah pernah diblender, dimasukin microwave sampai diulek bareng sambel aja gak rusak. Masih bisa dipake. Buruan check out! Ada di catalog, ya, produknya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!