Declip

Gambar 5 Urutan Cara Mendapat Beasiswa Kedokteran

5 Urutan Cara Mendapat Beasiswa Kedokteran

Cita-citamu jadi dokter? Di beberapa artikel sebelumnya yang Minpow bahas beasiswa, Minpow sengaja tuh fokusnya ke beasiswa di luar negri. Tapi, kali ini Minpow bakal bahas cara mendapat beasiswa kedokteran dan itu hanya di dalam negeri, ya!

Tahu gak sih kamu kalau jumlah dokter di Indonesia tuh masih sedikit banget? Dari data yang Minpow dapet, jumlah dokter di Indonesia tuh masih sedikit banget tahu.

Jumlah dokter yang tercatat di IDI (Ikatan Dokter Indonesia) saat ini terdapat ada 181.000 dokter dari jumlah penduduk 2,6 juta. Sementara idealnya, seenggaknya harus ada 1 dokter di tiap 1.000 penduduk.

Masih jauh banget, kan? Angka itu ngebuktiin kalau kamu masih punya peluang buat ngewujudin mimpi kamu buat jadi dokter.

Tapi, peluang ya bakal jadi sia-sia kalau kita engga ngimbangin dengan usaha dan kerja keras. Finansial terbatas? Itu hambatan, harus kita akui, tapi bukan berarti jalan buntu. Karena ada yang namanya beasiswa.

Nah, kita cuma perlu cari tahu cara mendapat beasiswa kedokteran, dan itu bakal Minpow kasih tahu sebentar lagi.

Buruan siapin gadget atau alat tulis buat catet urutan cara mendapat beasiswa kedokteran dari Minpow! Yuk, simak ya!

Cara Mendapat Beasiswa Kedokteran

1. Jadi Mahasiswa Aktif 

Ini Minpow berasumsi kamu udah mendaftar sebagai mahasiswa kedokteran dan lagi cari beasiswa. Langkah pertama yang harus kamu lakuin adalah jadi mahasiswa yang aktif berorganisasi.

Semakin banyak nama kamu berseliweran di berbagai organisasi, event kampus, atau kepanitiaan, nama kamu bakal semakin dikenal.

Kalau kamu udah dikenal, pihak penyedia beasiswa bakal semakin mudah buat mempertimbangkan pengajuan beasiswa kamu.

Makannya, menurut Minpow sih cara nomor satu ini cukup ampuh dipraktekkin dalam cara mendapat beasiswa kedokteran. Jangan cuma aktif, tapi juga kasih kontribusi yang progresif, ya!

2. IPK Minimal 3

Kalo ini gak bisa ditawar nih, IPK kamu minimal 3 kalau kamu mau praktekin seluruh cara mendapat beasiswa kedokteran.

Karena kalau IPK di bawah 3, kamu bakal dianggap enggak kompeten buat terima beasiswa dan otomatis pertimbangan pengajuan permohonan beasiswa kamu juga bakal terhambat.

Gimana cara mempertahankan IPK 3? Ya, kamu harus rajin belajar. Gak ada cara lain.

Kamu juga bisa fokusin perhatian kamu ke bidang akademis, jangan terlalu banyak mikirin hal lain di luar perkuliahan kamu.

Semakin kamu fokus, semakin kamu bisa perthanin IPK kamu biar enggak sampai merosot di bawah 3. 

Banyak hal yang kayanya sepele tapi bisa memengaruhi performa kamu di kampus. Misal nih, urusan asmara kamu.

Kalau lagi galau, itu bisa ngaruh ke konsentrasi belajar kamu dan nentuin IPK kamu juga. Makannya di sini kamu kudu belajar bikin skala prioritas mana yang perlu kamu utamain dan mana yang enggak. 

3. Bersedia Ikut Coaching 

Biasanya, para penyelenggara dana tuh pengen calon penerima mahasiswa ikutan serangkaian acara coaching yang berkaitan dengan beasiswa yang bakal diserah terima.

Kamu, sebagai calon penerima beasiswa wajib bersedia buat ikutan keseluruhan program coaching yang diadain sama penyelenggara.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Isi coachingnya juga bakal berguna buat panduan kamu di masa mendatang kok. Dalam artian, dia tuh gak cuma sekedar pelatihan, tapi bakal berguna buat panduan kamu selama ngejalanin masa perkuliahan di masa mendatang.

Makannya kamu gak boleh skip, ini tuh termasuk cara mendapat beasiswa kedokteran yang ampuh.

4. Enggak Nerima Beasiswa Lain

Pada satu waktu, kamu cuma diizinin buat terima satu beasiswa doang. Gak bisa tuh kamu jalanin studi dari dua lembaga sekaligus, dari kampus kamu sekarang sama dapat beasiswa dari lembaga lain.

Kalau sampe nekat, bisa-bisa kamu kehilangan dua-duanya. Gak mau kan?

Makannya, sebelum milih beasiswa, Minpow saranin kamu buat yakin dulu mau pilih beasiswa yang mana.

Pertimbangin dulu kekurangan serta keunggulan masing-masing pilihan, jangan sembarangan ambil keputusan. 

Sementara buat kamu yang masih SMA, kamu bisa pilih beberapa beasiswa berikut ini, mulai dari UGM, UPH, FK UI, UNAIR sampai kedokteran militer.

Masing-masing pilihan tentu punya plus dan minusnya, kamu yang harus pertimbangin semuanya matang-matang. 

5. Bertanggung Jawab

Cara mendapat beasiswa kedokteran yang terakhir adalah kamu harus bisa nunjukin kalau kamu tuh bertanggung jawab dengan semua yang udah diberikan sama kamu.

Waktu kamu dapat beasiswa, itu artinya kamu unggul dibandingkan temen-temen kamu. 

Kamu udah ngalahin puluhan, bahkan mungkin ratusan pendaftar lainnya. Makannya, udah selayaknya kamu bersyukur.

Tapi, bersyukur aja enggak cukup, kamu harus bisa bertanggung jawab atas apa yang udah dikasihin ke kamu. 

Gimana cara bertanggung jawabnya? Dengan nunjukin kalau kamu tuh pekerja keras, konsisten dan selalu bisa ngasih performa terbaik buat penyelenggara dan pemberi beasiswa.

Jelas dengan menyelesaikan studi tepat waktu dan nilai memuaskan jadi bentuk tanggung jawab kita nomor satu. Tapi, di samping itu, masih banyak hal lain yang harus kita pertanggung jawabkan. Di antaranya adalah attitude dan reputasi. 

Itu dia cara mendapat beasiswa kedokteran yang bisa Minpow bagi-bagiin buat kamu. Meski jalan yang bakal kamu tempuh di jalur ini enggak mudah, penuh liku dan tantangan, please jangan nyerah ya. Tiap kali kamu kepingin nyerah, kamu inget-inget aja sebelum ini sebesar apa keinginan kamu buat jadi dokter.  

Setelah bagi-bagi cara mendapat beasiswa kedokteran, selanjutnya Minpow pengen bagi-bagi jepit rambut titisan dewa Hercules yang gak bisa patah atau pun rusak, yaitu Jedai Haircules by DeClip! Dibuat dengan material terbaik, Jedai Haircules by DeClip ini pernah ditest sama Tasya Farasya dengan cara digilas pakai Alphard. 

Rusak? Enggak. Kegores? Gak jugaaa. Abis itu, mbak Yaya alias Raisa juga pernah ngetest Jedai Haircules by DeClip dengan cara masukin jedainya ke dalam es batu raksasa dan habis itu masih bisa dipake kaya biasa. Waktu kirim ke Patricia Gouw juga Minpow ngirimnya pakai drone dari ketinggian 30 meter dan dia baik-baik aja. Kurang sakti apa lagi coba?

Kalau kamu gak percaya, Minpow saranin mending sekarang kamu buka deh catalog Minpow yang ada di website ini dan abis itu kamu kepoin deh satu-satu warna Jedai Haircules by DeClip yang bisa kamu mix and match dengan baju sehari-hari. Total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter kalau kamu mau dateng ke acara-acara formal kaya kondangan sampai wisudaan.

Tiap Jedai Haircules by DeClip tuh ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buruan deh ajakin temen-temen kamu se-geng biar jedai kalian samaan semua. Abi situ kalian bikin OOTD dan upload ke IG deh. Jangan lupa tag Minpow, ya. Yuk, check out sekarang! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!