Declip

Gambar Pahami Kepribadian ENTP dan ENTJ Ini Cirinya

Pahami Kepribadian ENTP dan ENTJ, Ini Cirinya!

Kalian pernah denger soal 16personalities test? Tes kepribadian yang kebagi dalam 16 jenis ini dipercaya bisa ngehasilin tingkat akurasi yang nyeremin banget. Kenapa nyeremin? Karena akurat banget. Meski ada 16, di artikel ini Minpow cuma bakal bahas kepribadian ENTP dan ENTJ, ya. Simak, yuk!

Kok bisa sih Minpow kepribadian sebegitu banyak manusia jadi dibagi ke dalam 16 kepribadian doang? Itu tuh dianalisa menggunakan Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

Dia tuh pertama kali dikembangin sama Myers dan ibunya, Katherine Briggs pada tahun 1940. Tapi jurnal yang mereka rancang baru disapprove dan dipublikasikan pada tahun 1962.

Dari 16 kepribadian itu, dibagi lagi jadi masing-masing 8 kepribadian utama, yaitu yang extrovert (orang-orang yang lebih terbuka, supel dan easy going) dengan introvert (orang-orang yang tertutup, penuh pertimbangan dan biasanya perencana.) Yuk, sekarang kita bahas soal ENTP dan ENTJ!

Apa sih kepribadian ENTP dan ENTJ tuh?

Kalau kita bahas singkatannya, kepribadian ENTP dan ENTJ itu unik banget loh. ENTP singkatan dari Extraverted, Intuitive, Thinking dan Perceiving.

Biasanya, orang-orangnya tuh inovatif banget! Seneng nyari solusi baru dari tiap masalah yang ada, berpikir out of the box. Pinter? Udah pasti. Dan suka debat!

Sementara ENTJ adalah Extraverted, Intuitive, Thinking dan Judging. Disebut si komandan atau pemimpin, orang-orang ENTJ memang biasa lahir dengan jiwa kepemimpinan yang luar biasa.

Kalau enggak jadi pemimpin, mereka banyak yang bergelut di bidang IT atau jadi profesor di bidang tertentu. 

Dua-duanya emang mirip, dan kalau mereka sahabatan dijamin mereka bakal bisa ngehasilin terobosan yang bukan cuma bermanfaat, tapi sekaligus enggak terduga dan mengagumkan.

Biasanya, kepribadian ENTP dan ENTJ juga keras kepala dan berkemauan tinggi. 

Perbedaan Kepribadian ENTP dan ENTJ

Sama-sama keras kepala, kira-kira apa aja yang jadi perbedaan kepribadian ENTP dan ENTJ? Terus, kira-kira, gimana cara kita tahu dia tuh ENTP atau ENTJ?

Sifat apa aja yang bisa jadi ciri-ciri kita tuh sebenernya ENTP atau ENTJ? Yuk, langsung aja Minpow bahas beberapa ciri-cirinya, ya. Ini dia:

Spontanitas 

Dibandingin kepribadian ENTJ, kepribadian ENTP tuh biasanya lebih spontan dan blak-blakan. Punya temen yang tiba-tiba beli tiket sekali jalan ke negara favoritnya?

Nah, itu tuh bisa dicurigai sebagai orang ENTP. Karena orang-orang ENTJ biasanya lebih terencana sekaligus lebih teliti dan waspada. 

Konsistensi

Orang-orang ENTJ juga terkenal fokus banget ngerjain proyek yang lagi ditekuninya. Kayanya, enggak ada apapun yang bisa nge-distract dia sampai ninggalin sesuatu yang lagi dikerjain.

Sementara orang-orang ENTP bisa gampang ke-distract dan berpindah-pindah dari satu proyek ke proyek lain ngikutin mood.

Playful 

Ngeliat dua poin di atas, kayanya jadi masuk akal, ya, kalau mereka yang ENTP tuh lebih playful dan seru gitu pembawaannya dibanding orang-orang ENTJ yang cenderung lebih serius dan kaku.

Tapi, baik serius maupun kaku, sebetulnya selama orangnya baik itu sama sekali bukan masalah, ya.

Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENTP dan ENTJ

  1. Pengacara

Tadi Minpow udah mention kan kalau kepribadian ENTP dan ENTJ tuh inovatif banget orangnya? Nah, sama dengan waktu mereka nyikapin peraturan hukum yang bisa banget tuh mereka ulik biar bisa menangin kasusnya klien. 

Karena itu, kepribadian ini tuh jadi cocok banget kalau jadi pengacara.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Meski enggak mudah dan umumnya ditempuh dengan perjalanan panjang, tapi profesi ini worth it banget buat diperjuangin. Asal jangan disalah gunakan aja, ya. 

  1. Psikolog

Profesi berikutnya adalah psikolog, memang sebagai psikolog tuh kita butuh kepekaan, tapi orang-orang dengan kepribadian ENTP dan ENTJ tuh bisa membatasi hubungannya dengan klien jadi enggak terlalu drama.

Bahaya, kan, kalau sebagai psikolog kita terlalu peka dan baperan? Akhirnya nanti kita jadi menderita sendiri, bukannya nyelesein permasalahan klien.

Nah, orang-orang dengan kepribadian ENTP dan ENTJ tahu kapan harus menunjukkan kepekaan dan kapan harus ngerem hubungan yang intim dan personal.

  1. Programmer 

Kamu orang dengan kepribadian ENTP dan ENTJ dan tertarik di bidang IT? Cocok! Karena kamu punya ketelitian yang enggak ada duanya.

Orang-orang dengan kepribadian ini banyak yang sukses kalau jadi programmer. Mereka bisa ngebangun aplikasi macem-macem yang sama orang biasa tuh gak kepikiran.

Cuma, yang harus diperhatiin adalah adanya kecenderungan buat menarik diri dari sosial. Mereka yang berkepribadian ENTP dan ENTJ tuh bisa jadi ansos meski diidentifikasi sebagai extrovert. Kok bisa?

Ya karena mereka nyaman punya dunia sendiri. 

  1. Marketing

Siapa bilang orang-orang kepribadian ENTP dan ENTJ cuma jago ngulik komputer?

Noooo. mereka juga cocok kok memasarkan sesuatu karena mereka bisa mikirin strategi yang inovatif sekaligus ampuh juga memberikan hasil. 

Cuma, ya itu, saking jagonya pereuuuzzzz, jadi banyak orang yang ketipu. Mikirnya mereka tulus beneran ngebangun relasi, padahal itu cuma strategi belaka.

Salah, gak, sih Minpow? Ya tergantung dari mana kamu menilainya. Menurut Minpow selama enggak ada yang dirugiin dalam bentuk apapun (apalagi finansial) ya sah sah aja.

  1. Pebisnis

Kalau jago memasarkan sesuatu, sayang kalau enggak dipake buat ngembangin bisnis sendiri. Makannya, Minpow selalu nyaranin orang-orang dengan kepribadian ENTP dan ENTJ tuh buat sekaligus jadi pebisnis. 

Yang harus diperhatiin adalah bisa misahin hubungan bisnis dengan hubungan personal. Sebisa mungkin jangan dipisahin. Karena kalau udah mulai nyampur, nanti bisa jadi berantakan.

Karena orang-orang yang punya kepribadian ini tuh gak bisa nge-manage dua-duanya sekaligus kalau mereka udah nyampurin keduanya.

Itu dia informasi spesifik soal orang-orang dengan kepribadian ENTP dan ENTJ. Bisa banget buat kamu pake pas nganalisis diri sendiri, nganalisis pasangan, sampai nganalisis teman dan keluarga dekat banget.

Buat kamu yang pengen ikutan dan cobain tes-nya, kamu bisa visit website ini, ya: https://www.16personalities.com/ ajakin juga temen se-geng kamu buat pada ikutan!

Itu tadi buat kamu yang pengen tahu soal masing-masing kepribadian.

Kalau kamu mau tahu cara bikin rambut selalu rapi dan enggak kusut setelah kamu beraktivitas, wajib banget pake Jedai Haircules by DeClip. Kenapa? Karena dia tuh merupakan warisan dewa Hercules, selain kokoh, cocok banget ngejagain rambut biar selalu kece badai.

Seberapa kokoh sih Minpow? Ya bayangin aja, udah pernah digilas Alphard sama Tasya Farasya tapi gak kenapa-kenapa. Sama Raisa juga pernah dibekuin dalam es batu. Sama Minpow pernah diblender dan digilas motor. Rusak? Nope! Buruan check out! Belanja di catalog Minpow yang ada di website ini, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!