Declip

Gambar Tips Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Praktekin

Tips Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Praktekin

Kalau ngomongin kesehatan mental, kayanya berat banget ya? Seriuuuuus gitu. Padahal, dia tuh sama aja dengan kesehatan tubuh. Karena enggak kelihatan, seringkali masalah kesehatan mental itu jadi kita abaikan. Tapi, bukan berarti dengan diabaikan itu masalah kesehatan mental itu jadi teratasi loh. Yuk, kita bahas tips menjaga kesehatan mental.

Bayangin deh, kalau kamu sakit kepala atau sakit gigi. Rasa sakitnya bisa ganggu aktivitas kamu, kan? Nah, kesehatan mental juga begitu.

Kalau kesehatan mental kamu terganggu, kamu bisa hilang fokus, perhatian kamu terbagi, udah gitu kamu juga jadi engga bisa nyelesein tugas dengan optimal. 

Sebelum kita bahas tips menjaga kesehatan mental, ada baiknya kita pahami dulu apa aja sih yang termasuk gangguan kesehatan mental.

Ini dia beberapa di antaranya, yang Minpow anggap sering menimpa kita sebagai anak muda dalam kesehariannya:

Jenis Gangguan Kesehatan Mental

1. Anxiety 

Anxiety, atau gangguan keresahan bisa menimpa siapa aja, termasuk kita yang masih remaja dan dewasa muda.

Gangguan keresahan ini bisa muncul waktu kita merasa khawatir kalau hidup enggak berjalan semulus yang kita harapkan.

Atau, waktu kita khawatirin masa soal masa depan yang belum pasti. 

Kalau dibiarin, keresahan yang awalnya ringan bisa terus bertambah parah dan puncaknya kita bisa kena panic attack, atau serangan panik.

Apa yang terjadi kalau kita mengalami panic attack? 

Degup jantung kita berpacu dengan cepat, keringat dingin, terus suhu tubuh kita juga melonjak turun drastis. Udah gitu kita bisa jadi lemas bukan main.

Kebayang gak sih ngerinya masalah mental memengaruhi tubuh kita?

2. Overthink

Ini juga mirip dengan gangguan keresahan, bedanya, ini fokus di pikiran kamu dan bisa ngalihin kamu dari hal-hal yang justru mestinya kamu prioritasin.

Overthink tuh momen di mana kamu bikin banyak skenario buruk di kepala yang belum tentu kejadian juga. 

Misal: gimana nih kalau gue gak lulus ujian? Pacar gue selingkuh gak ya? Ini kayaknya temen-temen gak mau main sama gue lagi deh.

Atau sesimpel kaya: outfit gue hari ini kayanya zonk deh, saltum nih! Jadi gak pede.

Nah, skenario-skenario yang buruk itu jadi memengaruhi rasa percaya diri kamu dan memengaruhi kenyamanan diri kamu. Karena, jadinya kamu anxious atau gelisah juga. 

3. Self Isolation 

Pernah ngerasa mager keluar dan ketemu orang? Kalau Cuma sehari dua hari, wajar. Mungkin kamu emang lagi pengen me time.

Tapi, kalau malesnya kamu itu terus-terusan, sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, itu artinya kamu lagi mengisolasi diri dan bersikap apatis.

Kok bisa, Min? Banyak penyebabnya. Kecenderungan buat mengisolasi diri juga bisa dipengaruhi oleh asumsi kita terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitar.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kita jadi males buat bersosialisasi karena asumsi kita yang buruk itu.

Kalau emang kita males bergaul karena lingkungan kita yang toxic, sebenernya kita selalu bisa berupaya untuk mengubah lingkungan kita dan menggantinya dengan orang-orang yang lebih sehat secara mental. Bukan malah mengisolasi diri. Bedakan, ya.

4. Depresi

Boleh dibilang, ini adalah bagian paling buruk ketimbang beberapa poin sebelumnya. Depresi tuh bakal menghambat banyak hal, termasuk kehidupan sosial dan produktivitas kita.

Bukan Cuma itu, kita juga bakal kehilangan selera makan dan semangat hidup.

Minpow agak ngeri sih ngasih tahunya, tapi depresi juga bisa menggiring kita buat ngelukain diri sendiri.

Makannya, sebelum sampai ke sana, segera atasi ya permasalahan depresi kamu ini dan cari solusi yang terbaik buat kamu. Bisa mulai dari cari tahu tips menjaga kesehatan mental. Yuk, sekarang kita bahas satu per satu!

Itu dia beberapa gangguan mental yang bisa aja kita alami di usia muda. Kalau memang beberapa poin di atas mirip dengan yang kamu alami, pliiiissss banget Minpow mohon sama kamu jangan dibiarin.

Segera bertindak, reach out professional. Atau, paling engga, curhat ke temen yang bisa kamu percaya dulu aja. Yuk, selanjutnya kita bahas tips menjaga kesehatan mental.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

1. Me Time

Ini adalah cara yang paling gampang sekaligus paling seru! Yes, me time! Meski kedengerannya sederhana, Me Time tuh banyak banget loh manfaatnya.

Kenapa bisa gitu, karena waktu Me Time, kita jadi memprioritaskan diri sendiri. Kita jadi manjain diri sendiri. Apa yang terjadi kalau kita manjain diri sendiri? Kita jadi bahagia dong!

Kenapa Me Time termasuk ke dalam tips menjaga kesehatan mental, karena waktu Me Time, kita juga mikirin semua masalah yang lagi dihadapi.

Kita renungin semua sampai ketemu solusinya. Me Time-nya sambil lakuin hal yang kamu suka ya! Boleh nyalon, spa, stay cation atau liburan sendirian juga boleh!

2. Reach Out

Ini yang tadi Minpow sempet singgung. Salah satu tips menjaga kesehatan mental adalah reach out, alias curhat atau minta pertolongan.

Sebagai manusia, kita dilahirkan sebagai makhluk sosial dan salah satu kebutuhan kita adalah bersosialisasi.

Dengan reach out, kita jadi enggak ngerasa berat banget hadapi semua karena kita enggak sendirian. 

Tapiiiii, hati-hati. Waktu reach out, kita juga harus pilih orang. Gak boleh sembarangan. Reach out harus ke orang yang bener-bener kita percaya.

Jangan sembarangan. Karena kalau sembarangan, bisa-bisa masalah kita malah diumbar dan itu bikin kita nambah stress!

3. Disiplin Mengelola Diri

Mengelola diri apaan sih Minpow? Ribet amat istilahnya. Santai dulu bestie. Jangan emosi. Mengelola diri itu maksud Minpow olah pikiran dan perasaan dengan baik.

Emosi itu bisa muncul kapan aja, kadang intens, kadang enggak. Kadang emosinya buruk, kadang baik. Makannya, Minpow masukin mengelola diri sebagai tips menjaga kesehatan mental.

Nah, mengelola diri itu maksudnya kamu harus bisa belajar untuk tetap netral dan tenang di saat merasakan emosi apapun. Mau sedih atau seneng, usahain tetap tenang.

Jangan respon emosi secara berlebihan. Sama halnya dengan kelola pikiran, mau pikiran positif atau negative, kamu harus saring dan jangan sampai larut ke pikiran sendiri.

Itu dia tips menjaga kesehatan mental yang bisa kamu praktekin di kehidupan sehari-hari.

Kalau kamu butuh alat buat rapiin rambut biar ga kusut yang dipake sehari-hari, ya Cuma Jedai Haircules by DeClip jawabannya. Di catalog Minpow di website ini kamu bisa pilih 35 warna ditambah 4 warna glitter yang lebih mevvah, barangkali kamu perlu pake ke kondangan. 

Sebanyak itu warnanya masa iya gak ada yang kamu suka? Bisa kamu mix and match juga dengan baju yang kamu pake, kan? Jadi, yuk, borong semua! Ga usah khawatir rusak, karena namanya juga Jedai Haircules, dia tuh titisan dewa Hercules jadi jedainya juga ga bisa patah. Udah digilas sama alphardnya Tasya Farasya, dibekuin es batu raksasa sama Raisa dan dilempar-lempar sama Patricia Gouw masih awet dan utuh!

Buktiin kekuatannya sekarang, buruan check out bareng temen se-geng dan pake Jedai Haircules kembaran semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!