Declip

Gambar 5 Akibat Overthinking dan Alasan Kenapa Bisa Berakibat Fatal

5 Akibat Overthinking dan Alasan Kenapa Bisa Berakibat Fatal 

Makin sini makin rame ya di socmed, di tongkrongan mingguan, temen-temen pada nyeletuk dan ngebahas soal overthinking. Ada yang bilang akibat overthinking tuh bisa bahaya banget, walau banyak juga yang nganggep enteng overthinking. Yang bener yang mana, ya?

Tergantung kitanya sebenernya, ada yang bisa kepengaruh banget sama kebiasaan overthinking, ada yang biasa aja. 

Yang jelas, akibat overthinking tuh bisa ngasih pengaruh buat seseorang.

Ada yang ngaku jadi gak bisa produktif kerja, ada yang bilang jadi enggak fokus, ada yang jadi panikan, ada yang ganggu hubungan pribadi, bahkan sampai putus! Whaaaat?

Kalau ngebayangin itu semua, kayanya emang akibat overthinking tuh lumayan nyeremin, ya. Mungkin udah saatnya buat kita nyikapinnya dengan serius, jangan terlalu ngeremehin isu yang satu ini.

Tapiii, sebelum kita bahas akibat overthinking, kita bahas dulu yuk, pemicu kenapa overthinking tuh bisa berakibat fatal. Apa aja, sih? Ini dia!

4 Alasan Overthinking Bisa Berakibat Fatal

  1. Masalah Psikologis 

Beda dengan luka di tangan atau kaki, overthinking tuh masalah psikologis jadi gak kelihatan. Karena gak kelihatan, kita jadi nganggep remeh isu-isu kaya gini nih.

Kalau kita udah nganggep remeh, dia bisa semakin parah dan semakin numpuk aja tuh di dalam diri kita. Akhirnya? Meledak, kita bisa kena panic attack atau depresi. 

Serem, kan? Makannya sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kita tanggal mengatasi isu satu ini, ya.

Mulai aja dulu dengan curhat sama temen atau orang yang kamu kenal buat ngomongin isu satu ini, at least tujuannya biar kamu bisa ngerasa sedikit lebih lega.

  1. Bisa Nyerang Fisik

Meski sebelumnya Minpow highlight kalau ini tuh masuknya ke dalam kategori masalah psikolgis, tapi bukan gak mungkin dia kemudian jadi nyerang fisik juga loh.

Banyak penyakit fisik yang diawali dengan adanya permasalahan psikologis akut yang enggak disembuhin.

  1. Ngerembet Kemana-mana

Ini merupakan akibat overthinking yang selanjutnya bakal Minpow. Sebenernya, bakal merembet kemana aja, sih, kebiasaan overthinking tuh kalau dibiarin?

Banyak! Mulai dari permasalahan di kantor, sampai urusan pribadi kamu juga bakal terancam. Soooo hati-hati, ya. 

  1. Bukan Realitas

Overthinking adalah kebiasaan mikirin scenario terbaruk dari segala hal, padahal itu bukan berarti realitas. Beda loh.

Meski kecenderungan overthinking yang kamu alami itu faktual, tapi kan kekhawatiran dan semua pikiran yang melanda pikiran kamu tuh bukan isu faktual, melainkan cuma kekhawatiran kamu doang. 

Setelah kamu tahu apa yang bikin overthinking tuh jadi isu yang berakibat fatal, selanjutnya kamu mugkin pengen tahu apa aja sih akibat overthinking tuh?

Oke, Minpow bahas sekarang, ya. Buruan siapin buku catatan kamu, ini dia:

5 Akibat Overthinking 

  1. Kamu Jadi Gak Produktif

Akibat overthinking yang pertama tuh kita bisa jadi enggak produktif. Niat mau beresin kerjaan, atau ngerjain tugas, tapi selama berjam-jam kamu cuma stalking pergerakan pacar kamu selama seminggu terakhir.

Kemana dia pergi, sama siapa, ngapain aja. Karena kamu mikirnya dia selingkuhin kamu. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Setelah berjam-jam itu, boro-boro kerjaan atau tugas kamu selesai. Yang ada kamu malah stress sendiri karena kamu semakin dalam tenggelam dalam ketakutan dan kekhawatiran kamu.

Belom lagi kalau terbukti kalau pasangan kamu selingkuh, itu bisa bawa kamu ke isu lain yang gak kalah bahaya, yaitu trust issue. 

  1. Kamu Sering Kecapean

Ya iyalah, jelas bakal draining banget Bund. Karena overthinking tuh bukan sekadar mikirin hal berlebihan, melainkan mikirin banyak hal dalam versi yang negatif.

Dan pikiran yang negative tuh bisa bikin kita lebih capek daripada pikiran yang positif. 

Selain energi yang terkuras, waktu, sama tenaga juga bakal habis-habisan nih kita buang Cuma buat overthinking doang.

Padahal kalau dialokasikan ke hal-hal yang lebih bermanfaat, mungkin ada banyak hal yang sebetulnya bisa kita capai.

  1. Kamu Jadi Gak Percaya Siapa-siapa

Ini yang Minpow tadi singgung sebagai trust issue. Gimana mau percaya sama orang, ya, kalau kitanya seudzhon dan curigaan mulu? Akhirnya apa? Kamu jadi gak bisa percaya sama siapa-siapa.

Otak kamu sibuk mikirin kira-kira siapa aja yang bakal nyakitin kamu dan dengan cara apa mereka bakal ngelukain kamu. 

Akhirnya, karena gak bisa percaya sama siapa-siapa, kamu juga jadi gak bisa berteman dengan siapa-siapa. Gak bisa pacaran dengan siapa-siapa.

Kalau udah gitu ya akhirnya kamu bakal berakhir sendirian, deh. Bukan karena apa-apa, tapi karena emang kamu yang sulit buat percaya sama orang.

  1. Paranoid + Anxious 

Selain parnoan, kamu juga bakal selalu anxious. Gelisah, ketakutan, dan ngebayangin kalau semua orang di sekitarnya tuh bakal nyakitin dia.

Padahal mungkin gak ada yang bakal nyakitin dia, itu tuh cuma asumsinya sendiri. Tapi emang overthinking tuh begitu cara kerjanya, bisa mengada-ada yang sebenernya enggak terjadi.

Kombinasi paranoid dan anxious itu akhirnya bisa bawa kamu ke level depresi. Jadi, kalau kamu gak selesaikan satu-satu, nanti kamu sendiri yang bakal berlarut-larut harus ngurai masalahnya.

Saran Minpow sih sebelum kejauhan mending kamu yang rem, biar gak makin kemana-mana.

  1. Serious Mental Illness 

Ini tuh level psikologis yang jauh lebih tinggi dari yang kita bahas sebelumnya, saat kamu mulai butuh obat-obatan dan pengawasan dokter.

Emang bisa ya Minpow dari overthinking biasa, kita sampe punyta masalah mental yang serius? Bisa banget!

Kebanyakan yak arena kita terbiasa nyepelein masalah ini. Akhirnya jadi semakin kompleks dan buat ngatasinnya kita juga perlu bantuan psikiater dan minum obat-obatan.

Minpow sih bayanginnya aja udah lemes. Mending ngehindarin deh dengan kelola pikiran Minpow supaya enggak negative thinking mulu.

Itu dia poin-poin akibat overthinking yang bisa Minpow share ke kamu.

Kalau salah satu rahasia buat bikin rambut rapi 24/7 sih Minpow cuma bakal share 1 solusi; yaitu Jedai Haircules by DeClip! Sebagai titisan dewa Hercules, jedai ini tuh super kuat dan super gemes juga bentuknya! 

Sekuat apa? Bayangin aja, kalau sampai digilas Alphard sama Tasya Farasya dan gak rusak itu berarti materialnya sakti banget! Udah gitu dibekuin es batu raksasa sama Raisa juga dia masih enggak rusak. Pas dikirim ke Patricia Gouw pake drone, tingginya itu 30 meter dan dia enggak patah juga. Kegores aja enggak.

Makannya, cek deh catalog Minpow buat kepoin koleksi warnanya. Total ada 39 warna, bisa kamu mix and match dengan penampilan sehari-hari. Kalau butuh jedai buat dipake kondangan, kamu bisa pilih Jedai Haircules by DeClip yang glitter edition, karena mevvah banget tuh dan bisa cocok dipaduin dengan kebaya atau dress kamu yang fancy dan fashionable. 

Kalau mau samaan dengan Raisa, pilih yang warna frozen edition, ya. Ajakin temen se-geng dan sepupu-sepupu kamu biar kalian pada pake jedai kembaran semua, ya. Abis itu foto bareng, terus kalian upload deh ke Instagram. Jangan lupa tag Minpow, ya, pengen lihat!  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!