Declip

Gambar 5 Tips Menghilangkan Bekas Luka di Kulit Secara Alami

5 Tips Menghilangkan Bekas Luka di Kulit Secara Alami dan Ampuh

Kita semua pasti punya luka yang pengen disembuhin. Apalagi luka yang kerasa nyut-nyutan waktu muterin playlist galau, ya gak sih, Bestie… Eitssss tapi di artikel kali ini Minpow gak bakal bahas luka batin di masa lalu kamu, melainkan bakal bagiin tips menghilangkan bekas luka di kulit secara alami.

Bekas luka di kulit tuh bisa terjadi di mana aja, enggak ada bagian tertentu tergantung bagian tubuh mana yang mengalami luka.

Nah, makannya, penanganannya juga biasanya berbeda karena kulit di masing-masing bagian kan juga beda. Sebelum Minpow bagiin tips menghilangkan bekas luka di kulit, cari tahu dulu soal bekas luka di kulit, yuk.

Bekas luka di kulit adalah area di mana jaringan kulit rusak, bisa menimbulkan noda hitam yang mengerak, kadang sempat menimbulkan nanah atau darah.

Kecelakaan yang parah bahkan bisa berdampak pada bagian dalam kulit bahkan sampai menyerang otot, sendi dan tulang. 

Tetapi, kalau lukanya menyerang permukaan, kita tetap akan merasakan perih meski efeknya enggak seburuk ketika bagian dalam kulit kita yang terluka.

Kira-kira, apa aja sih yang menjadi penyebab bekas luka di kulit? Terus, gimana cara mengatasinya? Kita bahas satu-satu, ya.

Penyebab Bekas Luka di Kulit

Luka di kulit bisa disebabkan oleh beragam penyebab, mulai dari kecelakaan sampai dengan penyakit cacar. Ada yang segera pulih, ada juga yang membekas lama.

Macam-macam luka yang ditimbulkan itu akan memengaruhi cara memulihkan luka. 

Itulah kenapa, sebelum kita bahas tips menghilangkan bekas luka di kulit, Minpow rasa kamu perlu tahu dulu beberapa penyebab luka di kulit dan sejauh mana mereka bisa memengaruhi kesehatan kulit kita.

Ada apa aja? Cek, yuk, ini dia:

  • Kecelakaan

Ini adalah penyebab bekas luka di kulit yang paling sering terjadi. Baik kecelakaan di kendaraan, maupun kecelakaan umum lainnya.

Luka di kulit akibat kecelakaan bisa berakibat fatal maupun ringan, tergantung kecelakaan yang berlangsung.

BACA JUGA : Apa Aja Sih Macam – Macam Hiperpigmentasi Kulit Wajah?

Semakin fatal kecelakaannya, maka semakin tanggap juga penanganan yang diperlukan.

Kita tentu bakal sigap menelepon ambulans apabila kecelakaan yang terjadi cukup masif dan parah, sementara kalau cuma jatuh kepeleset, kita Cuma bakal menutupi luka di kulit pakai plester. 

  • Luka Bakar

Selain luka akibat kecelakaan, luka bakar juga sering banget nih menimpa kita pas beraktivitas sehari-hari. Mulai dari luka bakar akibat kita lagi goreng-goreng, sampai waktu kita ngerayain tahun baru sambil main kembang api.

Termasuk ke dalam kecelakaan, luka bakar juga ada tingkatannya. Mulai dari yang ringan, sampai terparah bisa bikin ngeri sendiri kalau ngeliat lukanya. Makannya, Minpow ingetin kamu buat selalu berhati-hati, ya.

  • Luka Teriris

Luka satu ini juga sering banget menimpa kita waktu lagi ngejalanin aktivitas sehari-hari. Kalau lagi masak di dapur, enggak mungkin dong kita enggak ngiris-ngiris sesuatu, ya, kan?

Nah, meski luka semacam ini bersumber di satu titik doang, tapi jangan salah, dia juga bisa mengakibatkan kondisi yang super parah loh. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Kalau pun kita lagi enggak di dapur, kita tetap bisa mengalami luka teriris waktu di kantor atau kampus. Tahu gak sih kamu kalau kertas tuh bisa loh mengiris kulit kita?

Karena bagian pinggirnya aja tuh kan tajam sebenernya. Bisa berbahaya juga kalau kitanya enggak berhati-hati.

  • Bekas Jerawat

Nah, ini adalah penyebab luka di kulit yang enggak diakibatkan oleh kecelakaan, yaitu jerawat. Apa aja sih penyebab jerawat itu, Minpow?

Ya banyak, bisa karena hormone yang enggak seimbang, pola makan yang berantakan, sampai gaya hidup yang enggak sehat.

Sekadar informasi, jerawat adalah darah kotor yang menyembul di jaringan kulit kita, biasanya di area muka dan bikin kulit sensitif.

Biasanya dia bertahan beberapa hari dan setelah hilang pun dia masih bisa ninggalin noda yang ganggu penampilan. Makannya, jerawat jadi salah satu luka di kulit yang perlu dibasmi,

  • Bekas Cacar

Selain jerawat, penyebab lain yang bisa nimbulin luka di kulit adalah penyakit cacar.

Waktu cacar, kita dilarang keras nge-garuk benjolan-benjolan yang terasa super gatal, karena nanti setelah reda dia bakal berubah jadi noda alias luka di kulit yang sama sekali enggak indah.

Gimana cara ngilanginnya? Yuk, kita bahas!

BACA JUGA : Kenali Jenis-jenis Warna Kulit, Kamu yang Mana?

Tips Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

Tips Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

  • Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang udah lama teruji secara klinis bisa kita jadiin tips menghilangkan bekas luka di kulit.

Kamu cukup mengoleskannya ke area bekas luka dan diemin selama 10 menit.

Setelah itu bilas dan ulangi hal ini beberapa kali supaya tips menghilangkan bekas luka di kulit yang kamu lakuin jadi ampuh.

  • Lidah Buaya

Udah tahu dong kalau lidah buaya itu ampuh buat nyembuhin macam-macam masalah? Mulai dari rambut rontok sampai jerawat.

Nah, selain itu, lidah buaya juga bisa kita jadiin sebagai tips menghilangkan bekas luka di kulit loh. Caranya sama, dengan mengoleskannya ke area kulit yang terkena luka. 

  • Minyak Kelapa

Kalau enggak ada lidah buaya, kamu bisa jadiin minyak kelapa sebagai pengganti waktu lagi praktekin tips menghilangkan bekas luka di kulit.

Tapi, minyak kelapa juga gak bisa ngilangin luka dalam sekali pemakaian, ya.

Perlu pengulangan beberapa kali sampai kamu bisa sukses nerapin tips menghilangkan bekas luka di kulit dengan minyak kelapa.

  • Madu Murni

Madu memang terbukti efektif menguatkan sistem imun dalam tubuh, tapi kamu juga perlu tahu bahwa madu murni bisa kamu gunakan waktu praktekin tips menghilangkan bekas luka di kulit.

Tapi, jangan oles pas kamu mau tidur karena nanti bisa kemana-mana, ya. Satu lagi, setelah dioles, kamu juga wajib bilas sampai bersih.

  • Cuka Apel

Minuman yang khasiatnya teruji mengobati berbagai penyakit ini juga bisa kamu pakai waktu lagi nerapin tips menghilangkan bekas luka di kulit.

Karena kandungannya yang keras, Minpow enggak saranin kamu pakai alternatif ini terlalu sering. Seenggaknya seminggu sekali boleh lah, tapi jangan sampai dua dan tiga kali. 

Itu dia tips menghilangkan bekas luka di kulit yang bisa kamu praktekin di rumah. Pastiin juga luka kamu selalu dalam keadaan bersih biar enggak ada infeksi.

Terus, kalau bikin rambut selalu kinclong gimana, Minpow? Ya, kamu tinggal pakai jedai yang udah berhasil mecahin rekor muri, yaitu Jedai Haircules by DeClip!

Jedai yang dipercaya merupakan warisan dewa Hercules ini terbukti tahan dibanting dari ketinggian 120 meter. Apalagi kalau cuma jatuh dari atas meja belajar atau meja rias kamu? Dijamin aman, dong? Buruan yuk check catalog Minpow dan pilih 35 warna jedai ditambah 4 warna glitter yang lebih mevvah buat kamu pake ke acara resmi. Jangan lupa check out, ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *