Declip

Gambar 5 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang

5 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang

Pernah gak sih kamu capek-capek styling-in rambut pagi-pagi, eh pas makan siang udah ngembang laki kaya arumanis? Kesel banget, kan, rasanya? Kaya semua effort yang udah kita lakuin tuh sia-sia. Persis kaya usaha kita dapetin gebetan yang jadinya malah sama orang *eh. Daripada ngelantur, mending Minpow bagiin informasi soal cara melemaskan rambut yang mengembang.

Sebenernya, penyebab terbesar rambut mengembang itu karena kulit kepala yang terlalu kering, makannya sebenarnya minyak alami yang diproduksi itu bisa ngebantu lambut lembab dan mudah diatur. Atau, rambut yang bawahnya emang udah bergelombang atau ikal juga biasanya punya masalah rambut mudah mengembang. 

Penyebab Kulit Kelapa Kering

Apa aja sih yang menyebabkan kulit kepala terlalu kering?

Rutin Berada di Bawah Terik Matahari

Kalau kamu terbiasa kerja lapangan, Minpow Saranin kamu mending pakai pelindung kepala, deh. Karena kepala yang terus-terusan terpapar sinar matahari tuh bakal jadi super kering. Dan ya ujung-ujungnya rambut kamu bakal jadi mengembang rambutnya.

Keseringan Keramas

Keramas tentu perlu, tapi kalau keseringan, rambut kamu jadi kehilangan minyak alami yang diproduksi sama kulit kepala. Minyak alami yang harusnya melembabkan itu diserap habis sama shampoo akhirnya rambut kita jadi kering banget dan sekaligus dikit-dikit ngembang.

Styling Rambut Tiap Hari

Penggunaan styling rambut; kaya hairdryer, catokan, pengeriting, dan sejennisnya itu bikin kulit kepala kering dan rambut juga jadi rapuh. Karena panas yang dihantarkan alat styling itu bisa menyerap semua nutrisi yang kamu butuhin. Kalau kamu sering styling, kamu juga harus rajin perawatan.

Iritasi

Banyak hal bisa bikin kita iritasi rambut. Bahkan karena alasan sepele kaya pas pakai produk yang kurang tepat bagi kulit kepala, itu udah bisa fatal banget akhirnya. Apalagi kalau iritasi lain. Inget, ya, rambut itu sama kaya bagian tubuh yang lain. Bisa jadi sensitif juga sama bahan kimia. 

AC

Hayoooo, siapa yang seharian duduk di bawah AC? Ternyata selain sinar matahari, AC juga bisa bikin kepala kita kering, ya. Buat menyiasatinya, karena kita ga bisa pindah kantor atau pindah kampus dengan mudah, tiap pagi kita harus pake serum biar rambut gak kering diterpa AC seharian.

Mengaplikasikan hair cosmetic untuk melembabkan rambut secara berulang juga enggak baik, karena nantinya rambut bisa jadi punya minyak berlebih. Kalau udah minyak berlebih, pengen mudah diatur malah jadi lepek jatuhnya. Males juga, kan?

Cara melemaskan rambut yang mengembang itu emang tricky banget, kamu harus bener-bener bisa disiplin dalam merawat rambut kamu. Disiplin dalam waktu perawatan, porsi perawatan, sekaligus jadwal perawatan. Apa aja sih cara melemaskan rambut yang mengembang? Ini dia:

5 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang

Minyak Zaitun

Cara melemaskan rambut yang mengembang pertama adalah minyak zaitun. Minpow bakal ngajakin kamu ke cara tradisional, di mana orang-orang tua kita biasanya menggunakan bahan tradisional sebagai solusi. Membuat rambut mengembang jadi lemas itu bisa pakai salah satu minyak yang ada di dapur kamu, yaitu minyak zaitun.

Ya, minyak zaitun, atau olive oil yang selama ini kamu pake buat macem-macem masakan tuh ampuh banget buat dipake melemaskan rambut yang mengembang. Gak perlu banyak-banyak kaya kalau kamu keramas, cukup tuangin 3-4 tetes aja ke kulit kepala sebelum keramas udah bisa ngebantu kok.

BACA JUGA : 5 Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Pakenya sebelum keramas, ya. Karena minyak zaitun itu perawatan yang perlu dibilas kalau udah selesai, enggak bisa kamu biarin nempel saat beraktivitas. Oh iya, kalau minyak zaitunnya udah diaplikasiin ke rambut, jangan lupa balut rambut dan kepala kamu pake handuk hangat biar semakin menyerap.

Cuka Apel

Bahan yang kedua ini sih gak tradisional-tradisional amat, tapi sama-sama ampuh buat mengatasi rambut kaku-tebal. Pengaplikasiannya sama, tinggal dioleskan ke rambut sebelum keramas, kemudian jangan lupa dibilas pakai shampoo dan conditioner. 

Selain ampuh mengatasi rambut kaku tebal, cuka apel juga bisa melembutkan rambut kamu. Tapi, jangan dipake tiap hari, ya. Dua minggu sekali masih aman. Itu karena cuka apel tuh produk yang cukup keras.

Makannya, dalam cara melemaskan rambut yang mengembang kedua Minpow ngajakin kamu lebih hati-hati, juga mencari solusi buat mengatasi rambut kaku tebal dan membuat rambut mengembang jadi lemas. 

Hindari Produk Beralkohol

Salah satu bahan kimia dalam produk kosmetik untuk rambut yang berbahaya adalah alcohol. Karena alkohol secara drastis bisa nyerap seluruh minyak yang diproduksi rambut kamu secara alami. Makannya, menghindari produk kosmetik rambut yang beralkohol adalah cara melemaskan rambut yang mengembang cukup jitu buat dilakuin.

Biasakan baca bahan dan kandungan dalam setiap produk yang kamu beli. Karena selain berpeluang merusak, kamu juga bakal jadi tahu keaslian produk. Masa pakai produk, udah kadaluarsa atau belum, nih? Sama jadi tahu aja kalau produk tersebut bagusnya buat apa.

Kalau kamu nemu kandungan alkohol di dalam suatu produk, mending buru-buru taro lagi deh tuh produk, Gimana pun, rambut sehat, bersinar, lembut dan mudah diatur itu gak bisa kita dapetin dari produk beralkohol. Thank you, skip next aja, deh!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Pelindung Kepala

Cara melemaskan rambut yang mengembang selanjutnya adalah sahabatan sama pelindung kepala. Mau hoodie, mau topi, mau payung, atau mau tangan gebetan kamu suruh lindungi kepala kamu 24 jam juga boleh. Tujuannya satu: biar kepala kamu terlindungi dengan aman.

Ini kasusnya kalau kamu ngabisin lebih banyak waktu di luar ruangan dan berpotensi terus-terusan terpapar sinar matahari, ya. Tapi, kalau kamu cuma sekali dua kali doang terpapar sinar mataharinya sih gak usah.

Kok gak usah? Karena rambut kita juga butuh vitamin D yang ada di sinar matahari. Kalau gak kena sama sekali juga bahaya dan gak baik. Makannya, kamu harus pinter-pinter mengira-ira sinar matahari yang kamu dapatkan tuh berlebihan, gak ya? Atau masih dalam porsi aman?

Libur Nge-Styling 

Biasa catokan tiap hari? Keritingin rambur 2-3 kali sehari? Duuuuh. Gimana rambut kamu gak kering. Tuh rambut kalau bisa ngomong udah mewek kejer kali. Jahat banget ya dia punya majikan? Makannya, cara melemaskan rambut yang mengembang berikut adalah liburan dulu nge-styling.

Liburnya semua jenis styling, ya. Mau hairdryer, mau pengeriting, mau catokan, pokonya harus bener-bener libur sampai rambut kamu bisa sehat lagi. Kalau udah sehat, kamu mesti rajin-rajin perawatan biar kembali nge-styling tapi sekaligus juga tetap aman. 

Minpow sih  paling rekomendasiin kamu pakai heat protector biar rambut kamu gak rusak selama di-styling. Heat protector emang sengaja dibikin buat cewek-cewek yang gak bia keluar rumah tanpa styling.

Itu dia 5 cara melemaskan rambut yang mengembang versi Minpow, termasuk cara-cara yang bisa mambuat rambut mengembang jadi lemas dan cara mengatasi rambut kaku tebal. Sementara untuk hair ornament yang bisa kamu pilih, Cuma DeClip pilihannya. Pilih juga Jedai Haircules  sebagai jedai premium tahan banting pertama di Indonesia.

Kalau kamu udah beres mengatasi rambut kaku tebal kamu sekarang, mending buruan cek katalog Minpow dan bawa pulang Jedai Haircules favorit kamu. Total ada 35 warna dan pilih Jedai Frozen edition kalau mau jedainya kembaran sama Raisa. Jangan lupa check out! Met belanja, geeeengggsss! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!