Declip

Gambar Cara Membuat Sanggul Badai Versi Minpow

Cara Membuat Sanggul Badai Versi Minpow

Pas ngecek kalender, kamu baru sadar kalau tanggal wisuda udah makin deket? Gak usah panik! Kamu bisa siapin outfit, accessories sampai hairdo sendiri kok. Minpow ajarin, deh. Khusus di artikel kali ini, Minpow bakal kasih tahu kamu cara membuat sanggul badai versi Minpow. Jangan kemana-mana plz!

Kamu gak usah heran kalau Minpow seantusias ini ngomongin sanggul. Sanggul tuh buat Minpow istimewa, karena kita Cuma pakai sanggul ke acara tertentu. Enggak tiap hari, atau pas hang out doang. Coba Minpow tanya, emang kamu bakal sanggulan kalau ngedate ama gebetan atau nognkrong ama temen-temen se-geng? Enggak kan? 

Karena itulah buat Minpow sanggul tuh jadi istimewa banget. Bukan hanya bentuk dan tatanannya, tapi juga acara yang mengiringi kehadiran si sanggul ini. Tau gak sih kamu kalau sanggul tuh pertama kali dibuat oleh orang-orang Mesir kuno sebagai pengganti rambut, karena mereka terbiasa memangkas habis rambut untuk upacara keagamaan, sekalipun temen-temen perempuan. 

Semakin sini, ketenaran si sanggul ini terus meningkat dan akhirnya sanggul enggak Cuma dipakai sama orang-orang Mesir kuno, tapi juga disesuaikan sama kita orang Indonesia sebagai bagian dari budaya. Sempat juga dulu sanggul tuh hanya digunakan oleh masyarakat dari lapisan menengah ke atas. 

Beruntung selalu ada golongan orang tertentu yang merjuangin kesetaraan sehingga sekarang siapa aja bisa pakai sanggul. Meski bisa digunakan oleh semua orang, sanggul tetep menyimpan charisma tersendiri kok yang mengandung nilai pusaka. Sebelum kita bahas cara membuat sanggul, kita bahas dulu yuk jenis-jenis sanggul tuh ada apa aja sih? Simak, ya! 

BACA JUGA :

3 Jenis Sanggul Tradisional yang Bikin Auto Badai 

  1. Sanggul Ciwidey (Jawa Barat)

Ini adalah sanggul khas orang-orang Sunda. Dulu, pada masa kejayaan kerajaan Sumedang, sanggul ini digunakan oleh para ningrat pada masanya. Penggunaan sanggul ini di bagian tengah kepala di bangian belakang. 

Di bagian depannya tuh ada tatanan rambut menyasak bentuknya bulet, kalau orang sunda bilangnya jabing. Kita bisa nambahin emas atau perak sebagai accessories pelengkap biar tambah meriah.

  1. Sanggul Ukel Tekuk (Yogyakarta) 

Orang-orang di Yogyakarta percaya bahwa sanggul tuh bisa jadi simbol kedewasaan seorang perempuan. Ketika seorang perempuan udah pake sanggul, itu artinya dia udah dewasa, udah ninggalin masa kanak-kanaknya. Bentuk sanggul ukel tekuk ini mirip bunga baru mekar yang udah harus mulai pikul tanggung jawab. 

  1. Sanggul Ukel Konde, Solo

Ini adalah sanggul tradisional paling populer di Indonesia karena bentuknya yang sederhana dan mudah sekaligus nyaman dikenakan ke acara tertentu. Sanggul ini juga biasanya opakai rambut asli kita, tapi ya syaratnya harus panjang. 

Kalau kamu ngerasa kurang cocok dengan jenis sanggul tradisional, Minpow kasih juga referensi sanggul modern buat kamu pake buat datang ke acara tertentu, ya! Abi situ, baru Minpow kasih tahu cara membuat sanggul badai versi Minpow. Apa aja sih pilihannya? Ini dia!

3 Jenis Sanggul Modern Versi Minpow 

  1. Donut Bun

Ini adalah sanggul yang nemplok di atas kepala kita. Kalau biasanya sanggul tuh nemplok di bagian belakang kepala, yang ini tuh literalli di atas kepala. Bentuk buletnya itu mirip dengan bentuk donat, makannya disebut donut bun istilahnya. 

Gayanya yang semi casual bisa kamu ke acara tertentu yang less formal juga; kaya reuni atau acara ilang tahun. 

  1. Messy Bun

Ini termasuk jenis sanggul favorit Minpow karena kelihatannya effortless! Sengaja gitu dibiarin berantakan dan menjuntai sebagian ke bawah. Nah, kalau ini bisa kamu pake juga nih buat dateng ke acara non formal dan kamu bakal tetep kelihatan gemes. 

  1. Bow Bun

Berlainan dengan messy bun, bow bun tuh rapi dan tertata banget. Pakai hairspray kalau bisa supaya enggak ada helai rambut yang menjuntai. Mau kamu tambahin accessories rambut pun boleh, ya, supaya bikin kita kelihatan lebih feminin. 

Setelah kamu tahu jenis-jenis sanggul tuh ada apa aja, sekarang ini waktu kita kita bahas  cara membuat sanggul badai versi Minpow. Butuh apa aja, sih? Terus, tahapannya gimana, ya? Simak yuk, tips dari Minpow!

5 Cara Membuat Sanggul Badai Versi Minpow

  1. Siapin Alat 

Cara membuat sanggul pertama adalah siapin alat. Beberapa alat yang kamu butuhin buat bikin sanggul adalah sebagai berikut:

  • Jepit Rambut Jedai Haircules
  • Sisir
  • Hairspray 

Kenapa harus Jedai Haircules, karena kita butuh jepit rambut yang paling kuat buat nyengkram rambut kita, gak boleh sampai lepas-lepas dan bikin rambut kita menjuntai. Sisirnya juga yang kurus dan bertangkai tajam, ya. Hairspray dibutuhin buat ngebantu rambut supaya firm, alias kaku.

  1. Tentuin Jenis Sanggul

Kamu harus tahu dulu mau pakai sanggul yang mana. Mau modern atau mau tradisional? Mau yang messy atau yang super rapi? Itu bakal nentuin cara pembuatan sanggulnya soalnya. Sebelum kita mulai, kita harus tahu dulu jenisnya. 

Cara membuat sanggul kedua ya enggak ada yang lain selain nentuin sanggul yang kamu mau. Nah, sebagai contoh, kali ini kita bakal bikin sanggul jenis bow bun, ya, alias yang paling rapi. Alat yang kamu butuhin tuh sama kok.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Keluarkan Jedai Haircules by DeClip sekarang!

Ini saatnya kamu butuh Jedai Haircules by DeClip! Pertama-tama, tarik semua bagian rambut kamu ke belakang. Tarik ke atas, jepit pakai Jedai Haircules by DeClip, terus sisain sebagian. Lanjut kamu pelintir sisa rambut ke atas, terus masukin ke dalam jepitan Jedai Haircules by DeClip. 

Terakhir, lepas ikatan Jedai Haircules by DeClip terus ganti pakai karet gelang. Barusan itu cara  membuat sanggul badai versi Minpow yang ketiga.

  1. Hairspray 

Cara membuat sanggul badai versi Minpow yang keempat adalah dengan pakai hairspray. Kamu bisa pakai hairspray supaya helai demi helai rambut kamu gak kepisah-pisah. Biar firm juga. Pas pake hairspray, taruh hairspray sekitar 15-20 cm dari rambut. Jangan terlalu deket, ya. Nanti jadi super kering malah jatohnya. Jelek juga.

BACA JUGA : 5 Hairspray Terbaik Buat Rambut Badai Seharian  

  1. Accessories Pemanis

Sebagai pemanis, kamu bisa tambahin accessories lain supaya penampilan kamu tambah cantik dan feminine. Sesuaikan warnanya dengan warna baju yang kamu pake, biar matching. Setelah itu, kamu udah siap deh buat jadi pusat perhatian di acara yang kamu datengin. 

Itu dia semua informasi soal cara membuat sanggul badai versi Minpow yang harus kamu ketahui. Jenis-jenis sanggulnya juga udah Minpow kasih tahu, ya! Buat beli Jedai Haircules by DeClip, kamu bisa langsung klik catalog Minpow yang ada di website Minpow dan pilih warna favorit kamu. Kalau takut kehabisan warna buat nge-mix and match, Minpow saranin sih mending borong semuanya aja sekalian!

Kalau orang-orang sering ngeluh jedainya patah, kamu enggak usah khawatir dengan kualitas Jedai Haircules by DeClip. Karena dia udah diuji kekuatannya sama Tasya Farasya, digilas pakai alphardnya. Masih utuh tuh, bahkan kegores dikit aja enggak. Sama Raisa juga pernah dibekuin dalam es batu raksasa, enggak rusak juga dan masih bisa dipake pas dikeluarin lagi.

Cuuuus buruan buktiin sendiri kekuatannya dan jangan lupa check out, ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!