Declip

Gambar Cari Tau Apa itu Ahjussi dan 5 Istilah Korea Lainnya

Cari Tau Apa itu Ahjussi dan 5 Istilah Korea Lainnya

Siapa yang wiken ini berencana nonton drama Korea? Angkat tangaaaaan! Kalau kamu perhatiin nih ya, sekarang di layanan film streaming kita nemu banyak banget serial dan film Korea yang lagi hits. Mulai dari Crush Landing On You, Love Alarm, Flower Evil, sampai Love Married and Divorce. Di serial itu kamu mungkin sering banget denger kata Ahjussi disebut. Apa sih Ahjussi tuh artinya?

Apa itu Ahjussi ?

Kalau diterjemahin secara harafiah, dari bahasa Korea, ahjussi tuh artinya paman. Atau om. Adik laki-laki atau kakak laki-laki dari orang tua kita.

Kata ahjussi ini umum dipake sama cowok-cowok di atas usia 35 (matang ya bunnnnnd). Selain itu, ahjussi juga cuma dipake sama mereka yang tinggal di area selatan Korea. 

Selain ahjussi, kita juga sering denger kata oppa kalau lagi nonton serial atau film Korea. Apa sih artinya oppa? Apa bedanya sama ahjussi?

Nah, kalau ahjussi dipake buat manggil cowok di atas usia 35 tahun di area Selatan, oppa itu kita pake buat manggil cowok yang umurnya gak beda jauh sama kita, cuma beda setahun atau doa tahun doang. 

Gak cuma dipake sama yang tinggal di area Selatan doang, panggilan oppa dipake sama semua orang di setiap wilayah.

Penasaran gak sih kamu sama actor-aktor siapa aja yang udah dipanggil ahjussi? Ini dia list yang udah Minpow kumpulin cuma buat kamu:

5 Aktor Korea yang Cocok Dipanggil Ahjussi

1. Nam Goong Min

Ada yang nonton Bungee Jumping of Your Own gak tahun 2001? Nam Goong Min udah main loh di situ, kalau kamu notice.

Dari situ, Nam Goong Min sempat viral gara-gara main di The Girl Who Sees Smells tahun 2015. Di situ, dia berperan sebagai chef Kwon Jae Hee yang munafik dan kejam banget. 

Lahir tahun 1978, Nam Goong Min sekarang lagi seger-segernya nih kalau dipanggil ahjussi, karena usianya udah lewat 35 tahun tapi belum tua-tua amat.

Kira-kira, di film atau serial apa kamu paling suka dengan penampilan Nam Goong Min?

2. Park Hae Joon

Ini buat kamu yang suka dengan cowok-cowok cute super gemes. Di The World of Married Couple, dia meranin tokoh Lee Tae Oh, cowok yang demen banget selingkuhin istrinya.

Ya cakep sih ya jadi kita bisa bayangin dia selingkuh sana-sini.

Sebelumnya, udah banyak juga loh film yang salah satu karakternya dimainin sama Park Hae Joon, di antaranya Misaeng: Incomplete Life, Place (4th Place), Wanted dan My Sister.

Minpow tuh tiap nontoin dia bawaannya suka pengen nempol aja gitu di dekapan ahjussi Park Hae Joon.

3. Lee Joon Gi

Cowok kelahiran tahun 1982 ini gak cuma ganteng, cocok jadi model, tapi juga jago akting dan bersuara emas. Di mana lagi coba kita ketemu cowok paket lengkap kaya gitu?

Kalian mungkin udah familiar lihat dia di My Girl, Two Weeks, Moon Lovers, She Was Pretty sampai Flower of Evil, tahun 2020 sekaligus film dia yang paling baru.

4. Gong Yoo

Minpow gak tahu gimana cowok kelahiran tahun 1979 ini kelihatan awet muda selalu. Meski udah lewat 35 tahun dan udah cocok dipanggil ahjussi, Gong Yoo mukanya masih kaya brondong!

Kamu mungkin lihat penampilan dia di The 1st Shop Of Coffee Shop, Guardian: The Lonely and Great God (2017)  dan Goblin (2016).

Atau, yang paling booming itu film Train to Busan, yang Minpow jamin kalian pasti udah pada nonton. Tegangnya dapet gak sih film itu tuh?

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

5. Park Seo Joon

Cowok yang nama aslinya Park Yong Kyun ini udah sering banget meranin banyak karakter di series maupun film. Contohnya Itaewon Class, Whats Wrong With Secretary Kim, Fight For My Way dan Kill Me, Heal Me. 

Oh iya, Park Seo Joon juga terkenal tergabung dalam geng Wooga Squad nih. Anggotanya tuh ada dia, V BTS, PeakBoy dan Choi Woo Shik.

Ada yang nge-fans juga gak sama mereka? Kelima cowok ini selain sering hang out bareng juga sering brainstorm bareng soal performa masing-masing. 

Buat kamu yang pengen lihat penampilan ahjussi masing-masing, kalian bisa langsung aja cari serial atau film yang pernah mereka peranin, ya.

Minpow udah sebutin masing-masing di atas tadi. Tapi nih, ya, selain ahjussi, pernah gak sih kamu penasaran dengan istilah Korea lain selain ahjussi? Ada apa aja, sih? Ini dia:

5 Istilah Korea selain Ahjussi

1. Maknae

Ini adalah istilah atau sebutan buat seseorang yang paling muda di keluarga, atau yang paling muda di tongkrongan.

Biasanya paling manja dan paling sering diceng-cengin. Maknae juga sering dimanjain dan paling seriing dikhawatirin sama semua orang. 

2. Sunbae 

Sunbae bisa kamu gunakan buat kaka kelas atau senior kamu di sekolah, atau kampus. Bisa buat cewek dan cowok. Tahu dong kalau Korea tuh termasuk negara yang menjunjung tinggi kesopanan.

Makannya, jangan sampe kamu skip istilah ini kalau lagi ngobrol sama orang yang lebih dewasa ya.

3. Noona

Nah, kalau ahjussi itu kita pake buat manggil cowok yang lebih tua, istilah noona ini bisa kita pake buat manggil cewek yang lebih tua dari kita.

Sementara kalau mau manggil cewek yang lebih muda itu kita bisa pake istilah dongsaeng. 

4. Daebak

Ini adalah seruan yang bisa kita pake pas ngeliat sesuatu yang super keren. Kalau kita lagi bener-bener kagum banget sama sesuatu, buat mengekspresikannya, kita bisa pakai istilah ini.

Bisa buat dipake muji orang, barang, atau apapun. 

5. Omo

Sering kan kita bilang, “ya Tuhan!” Atau, “oh my God!” Nah, kalau kita nge-ekspresiin hal itu pakai bahasa Korea, maka kita harus pakai kata, “omo.” Bener-bener padat, singkat dan jelas ya gak sih gengs? 

Kamu udah tahu siapa aja ahjussi yang bisa dikepoin filmografinya. Minpow juga udah kasih tahu 5 istilah lain dalam bahasa Korea yang sering banget dipake.

Sekarang, kamu udah siap nih buat marathon nonton film atau serial Korea. Jangan lupa pakai jepit rambut korea by DeClip ya biar rambut kamu gak turun-turun selama nonton!

Kalau kamu nontonnya bareng gebetan, otomatis penampilan wajib banget on point, makannya, buruan deh pilih warna Jedai Haircules yang bisa kamu sesuaikan dengan penampilan. Total ada 35 warna, jadi kamu gak bakal kehabisan pilihan. Bentuknya juga bervariasi, mulai dari gigi 3, gigi 5, masing-masing tersedia dalam versi 5 CM dan 6 CM. Sesuaikan dengan seberapa tebel dan panjang  rambut kamu.

Takut patah kalau ketindih sama badan kamu? Gak bakal! Orang digilas sama alphardnya Tasya Farasya aja Jedai Haircules by DeClip masih tetep tegar dan teguh kaya harapan dan angan-angan kok. Cussss, cek catalog Minpow dan borong semua warna, ya! Jangan lupa check out!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *