Declip

Apa Itu Trust Issue dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Trust Issue dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Trust Issue – Declip.id | Gak bisa disangkal, hal-hal buruk kadang terjadi di hidup kita dan itu jadi mengubah cara kita bersikap, berpikir, sampai berkata-kata. Begitu juga dengan hal baik yang terjadi sama kita, kedua hal itu bakal ngebentuk kepribadian kita.

Tapi, hati-hati, ada hal buruk yang kalau udah terjadi sama kita, hal itu bisa bikin kita punya trust issue alias krisis kepercayaan. Kok bisa?

Sebelum kita bahas lebih jauh soal trust issue, Minpow bakal mulai dari awal nih dengan bahas artinya dari istilahnya dulu. Apa, sih, trust issue?

Trust issue, atau krisis kepercayaan, adalah kesulitan kita untuk mempercayai seseorang atau sesuatu. 

Sulit mempercayai seseorang, dalam artian apapun yang dibilang sama orang itu, kita gak bakal percaya.

Meskipun mungkin si orang itu meyakinkan dan bahkan mereka lagi berterus terang. Kalau kita punya trust issue, kita tetep gak bakal percaya.

Sementara kalau kesulitan mempercayai sesuatu, itu kita gak bakal bisa percaya sama hal-hal baik yang bisa aja terjadi sama kita. Bawannya tuh negative thinkiiiing mulu.

Akhirnya, kita jadi ke-sugesti kalau gak bakal ada hal baik yang terjadi dan bisa aja nasib kita jadi beneran jelek, karena mindset kita fokus di hal-hal yang buruk tadi. 

Kebayang, kan, capeknya kayak apa?  Makannya, Minpow kasih tahu cara mengatasi trust issue khusus cuma buat kamu. Ini tipsnya Minpow kutip dari https://www.verywellmind.com/, ada beberapa opsi nih yang bisa kamu usahain, catat ya! Ini dia:

Cara Mengatasi Trust Issue

  1. Pelan-pelan Bangun Kemampuan Buat Percaya

Cara mengatasi trust issue adalah bangun kemampuan buat percaya. Beneran, loh, buat bisa percaya sama orang itu sebenernya merupakan sebuah kemampuan. Kenapa?

Karena saat kita mutusin buat percaya sama seseorang, kita sekaligus ngebiarin diri kita jadi rapuh, berada dalam posisi yang berisiko dan kehilangan kendali.

Emang sebegitu parahnya, ya, Min?

Iya. Karena, saat kita mutusin buat percaya sama orang, kita sekaligus ngasih orang itu kesempatan buat nyakitin kita.

Apa tuh namanya kalau bukan risiko? Pertanyaannya, kita siap gak nih dikecewain? 

Buat jawab pertanyaan itu, jelas gak ada yang siap. Siapa sih yang siap disakitin?

Tapi, gak ada cara lain, cara mengatasi trust issue adalah ngebangun kemampuan buat percaya pelan-pelan, bangun keberanian buat ngambil risiko, buat dikecewain, buat menjadi rapuh.

Kalau sampai kecewa lagi, nanti belajar bangun lagi, meski Minpow tahu itu sama sekali gak mudah.

  1. Omongin

Komunikasi adalah cara mengatasi trust issue yang kedua. Trust issue, atau krisis kepercayaan tuh ngumpul di dalam diri kita kaya racun. Harus dikeluarin.

Gimana cara ngeluarinnya?

Cuma ada satu cara, yaitu omongin. Omongin sama siapa aja yang kamu nyaman, yang bisa bikin kamu ngerasa lega setelah selesai ngomonginnya. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Karena, kalau gak kamu omongin, itu uneg-uneg bakal terus numpuk di dalam diri kaya racun. Kalau udah numpuk tapi gak dikeluarin gimana?

Meledak, shay! Bisa jadi burn out. Kalau udah burn out, bisa lebih parah lagi. Lebih susah lagi buat benahinnya. 

Sebelum burn out, tiap kerasa ada racun sedikit, langsung diomongin, ya. Boleh sama temen, atau mau ke profesional.

Masing-masing ada plus dan minusnya. Itu belakangan, yang penting, kamu bisa ngeluarin dulu uneg-uneg dengan ngomongin permasalahan kamu.

  1. Bedain Rasa Percaya sama Kontrol

Biasanya, orang-orang yang punya trust issue tuh juga terobsesi sama kontrol. Dia berasa pengen bisa ngontrol semuanya, termasuk ngontrol ritme napas si pacar.

Canda deng, tapi soal tendensi pengen ngontrol semuanya tuh bener. 

Karena ada rasa takut berlebih buat dikhianati, akhirnya orang-orang dengan trust issue cenderung pengen bisa ngontrol semuanya; biar hal buruk di masa lalu, apapun itu, enggak bakal terulang lagi dan bikin dia kecewa lagi.

Apa yang terjadi kalau mereka yang punya trust issue enggak punya kontrol? Hidupnya gak tenang, panikan, bentar-bentar ngecheck apa aja yang bisa dicek.

Jadi paranoid juga. Ngaruh ke performa kerja, ngaruh ke hubungan personal, ngaruh kemana-mana. Makannya, Minpow masukin kemampuan buat bedain dua hal ini sebagai cara mengatasi trust issue yang ketiga.

  1. Prioritasin Latihan Percaya

Cara mengatasi trust issue keempat adalah buat prioritas. Balik ke poin nomor satu tadi, waktu Minpow nyuruh kamu buat pelan-pelan bangun rasa percaya, jadiin itu prioritas ya?

Karena kalau kamu enggak bisa percaya, kamu juga enggak akan bisa ngebangun hubungan dengan baik. 

Makannya, coba jadiin latihan kamu buat percaya ke pasangan itu sebagai prioritas. Jangan banyak dipikirin.

Seandainya seseorang ngecewain kamu lagi, pandang itu sebagai kegagalan mereka menjadi manusia yang baik, bukan kegagalan kamu jadi seseorang yang cerdas dan cermat sampai bisa kecolongan. 

  1. Jujur

Ini jangan sampai lupa. Kalau kamu pengen bisa percaya sama orang, kamu juga harus bisa dipercaya. Urusan kepercayaan itu sifatnya mutual, gak bisa cuma kamu doang atau dia doang yang jalanin.

Kuncinya satu: saling. Makannya, Minpow masukin syarat buat selalu berterus terang sabagic ara mengatasi trust issue nomor 5. 

Kamu bisa percaya ke dia, pada saat yang sama, kamu juga harus selalu jujur biar dia bisa percaya sama kamu juga.

Nah, gak bisa tuh kalau kamu cuma jalanin salah satunya doang. Gak bakal jalan tuh hubungan. 

Karena ini melibatkan orang lain, coba sering-sering ngobrol sama si dia masalah ini, ya.

Kasih tahu sama dia betapa masalah ini tuh bisa begitu mengganggu kamu dan kamu butuh bantuan serta kerjasamanya. Pasangan yang baik jelas bakalan bersedia bantuin kamu dan gak bakal tega nyakitin kamu. 

Itu dia 5 cara mengatasi trust issue yang bisa kamu praktekin di kehidupan kamu sehari-hari dengan pasangan.

Inget tadi saran Minpow, ya, kalau ini tuh gak bisa dilakuin sendirian, butuh kekompakan antara kamu dan pasangan. Itu artinya, komunikasi tuh penting.

Yang gak kalah penting, selanjutnya Minpow mau kasih tahu kamu cara bikin rambut rapi selama 24 jam dan ngakalin rambut supaya gampang diatur pas lagi treatment. Sebagai solusi dari dua persoalan itu, kamu cuma perlu satu produk: Jedai Haircules by DeClip! Yang merupakan titisan dewa Hercules

Jedai Haircules by DeClip ini diproduksi di khayangan, terus diturunin ke bumi lewat Minpow, makannya dia jadi sakti banget. Saktinya gimana? Coba aja kamu kepoin internet dan cari tahu gimana orang-orang nguji kekuatan materialnya. Mulai dari Patricia Gouw, Tasya Farasya sampai Raisa, public figure di tanah air berlomba-lomba buat nguji kekuatannya.

Mulai dari digilas pakai Alphard, dilempar dari ketinggian 30 meter, sampai dibekuin di es batu raksasa, Jedai Haircules by DeClip beneran gak K.O dan tetep berdiri tegar kaya gebetan yang gigih. Percobaan itu gak ada yang bikin jedainya hancur, atau bahkan cuma kegores doang. Kurang ajaib apa?

Di website ini, ada catalog yang bisa kamu cek dan di sana kmau bisa cek ada 38 pilihan warna, termasuk 3 warna baru yang glitter buat kamu pake bahkan ke acara resmi. Borong sekarang, gih, sambil ajak temen-temen kamu! Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tuh 3,5 cm, 5cm sama 6cm. Check out sekarang, ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *