Declip

Gambar Awas Hindari Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri

Awas! Hindari Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri

Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri – Declip.id | Rasa percaya diri tuh salah satu hal paling penting yang harus kita punya buat ngejalanin hidup, setuju gak sama Minpow?

Enggak perlu berlebihan, karena kadang malah jadinya ganggu dan nyebelin. Percaya diri tuh secukupnya aja. Cukup buat bergaul, buat menggapai impian, buat berinteraksi di masyarakat.

Kamu juga perlu tahu nih, ada loh kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Serem, kan? Apa sih Minpow yang ngebedain orang bisa percaya diri sama enggak? Banyak faktor.

Selain kepribadian dasar, tapi peristiwa yang membentuk kita di masa lalu dan masa sekarang juga memengaruhi cara kita menilai diri sendiri. 

Misal, nih, ya… Waktu kecil kita sering diejek, nah, setelah dewasa, kita jadi sulit buat percaya diri karena orang-orang terbiasa mengolok-olok kita.

Kita jadi tersugesti kalau diri kita enggak layak dihargai, enggak cukup baik, enggak cukup hebat, pokoknya enggak ada apa-apanya dibanding orang lain. Which itu pemahaman yang bahaya banget.

Pemahaman kaya gitu tuh disebutnya konsep diri yang negatif. Kita jadi ikut-ikutan orang lain buat membenci diri sendiri.

Padahal, kalau bukan kita, siapa lagi yang bakal mengupayakan kualitas hidup kita? Gak ada.

Meski kita punya pasangan, keluarga, temen, pada akhirnya kita cuma bisa ngandelin diri sendiri waktu ngadepin banyak hal dalam hidup. 

Nah, karena itu, penting banget nih buat memperbaiki cara kita memandang diri sendiri.

Pelan-pelan, kita harus bisa ngelepasin dan ngebuang semua ejekan yang pernah kita terima di masa lalu dan coba analisis diri sendiri dari sudut pandang yang objektif.

Pikirin perjuangan yang udah kita lewatin buat ke titik sekarang. Sadar gak sih kalau itu tuh hebat banget?

Inget-inget orang-orang yang kita kenal, yang kita sayang sekaligus yang sayang juga sama kita. Ada banyak banget, kan?

Mereka aja bisa sayang sama kita, masa kita gak bisa sayang sama diri sendiri.

Selain latihan memperbaiki konsep diri yang bisa bantu kita buat numbuhin rasa percaya diri, Minpow juga kepingin bahas kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

Apa aja, sih, Minpow tipsnya? Ini dia, simak ya!

Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri

1. Kelamaan main IG

Gimana ceritanya sih Minpow main IG bikin jadi enggak pede? Nih, ya… Kalau lagi main IG, kita bakal ngeliat hidup orang-orang yang kayanya sempurna.

Kayanya loh ya… Karena kita cuma nge-posting hal-hal yang kerennya doang. Hal-hal yang baik-baiknya doang. Foto aja dipost pake macem-macem filter, kan?

Kalau kamu kelamaan main IG, kamu bakal kemakan ilusi yang dibikin orang-orang soal hidup mereka yang seolah sempurna. Tanpa cela.

Abis itu, kamu bakal jadi inget soal hidup kamu sendiri yang serba semrawut dan akhirnya itu bikin kamu jadi enggak pede deh.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Semrawut gimana? Pacar yang nyebelin, kerjaan yang gak habis-habis, keluarga yang jauh dari sempurna.

Padahal, kalau kita sadarin lagi nih, ya, hidup siapa sih yang sempurna? Gak ada!

Yang ada cuma orang-orang yang bertahan dan terus memperbaiki hidup mereka supaya lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Netthink

Tahu netthink, dong? Alias negative thinking? Alias suudzon… Serem loh, Bunda… Nanti kena azab ah.

Btw, tahu gak sih kamu kalau kecenderungan kita buat berpikir negatif itu biasanya dipicu oleh ke-enggak bahagiaan kita sama kehidupan sendiri. 

Karena kita enggak cukup bahagia sama kehidupan sendiri, akhirnya kita terus-terusan ngerancang kekurangan hidup orang lain.

Kita cari-cari dan kita tambahin tuh kekurangan hidup mereka apa aja. Karena kita enggak mau mereka punya kehidupan yang lebih baik dari kita.

Kita pengen punya kehidupan yang lebih baik dari mereka.

Karena kalau kita cukup bahagia, kita gak bakal tuh berpikiran negatif sama orang.

Hati-hati, kebiasaan berpikir negatif juga bisa jadi termasuk salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Serem, kan? Makannya, kurang-kurangin ya, bestie…

3. Perfeksionis

Bukannya jadi perfeksionis itu bagus, ya, Min? Bisa bikin kerjaan kita hasilnya jadi lebih baik? Iya, sih…

Tapi, kalau berlebihan, sifat perfeksionis tuh bisa jadi kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

Gak mau, kan, niatnya mau memperbaiki, tapi ujungnya kita malah jadi enggak pedean dan ga bisa ngeraih impian?

Makannya, seandainya kamu sadar nih kamu tuh orang yang perfeksionis, itu artinya kamu kudu bisa atur supaya sifat perfeksionis itu kamu kurangi sedikit-sedikit.

Kerjakan semampunya aja, gak usah sampai nge-push diri berlebihan. Kamu harus tahu kapan buat berhenti.

Setelah kamu berusaha ngelakuin yang terbaik, wajar kok kalau hasil akhirnya kamu masih nemuin ada kekurangan sedikit-sedikit.

Enggak semua hal yang kita kerjain itu bisa sempurna. Makannya, sadar kapan harus berhenti itu jadi penting buat kesehatan mental kamu dan buat ngejaga supaya kamu tetep pede.

Inget aja kalau perfeksionis tuh termasuk kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

4. Julid

Ngakuuuuuuu, siapa yang mulutnya kalau lagi ngobrol bareng temen se-geng julid abis? Mulut yang julid itu biasanya berangkat dari perasaan yang terluka loh.

Pernyataan sarkas, yang dilontarkan untuk tujuan apa pun, biasanya merupakan bentuk kemarahan yang dibungkus sama ketidak berdayaan.

Kaya, kamu marah, tapi kamu gak tahu harus ngapain. Kamu gak bisa ngapa-ngapain.

Akhirnya pernyataan-pernyataan yang keluar dari mulut kamu itu adalah bentuk dari refleksi kekecewaan di dalam diri kamu yang enggak terluapkan.

Ujungnya, julid tuh bisa dikategorikan sebagai kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri loh.

Makannya, menurut Minpow, pentin untuk ajak ngobrol temen kamu yang julid. Tanyain deh baik-baik, keadaannya, kondisinya, barangkali dia butuh temen buat ngobrol.

Tawarin juga, mungkin dia butuh orang yang dia bisa percaya buat ngeluapin kekecewaannya. 

5. Banding-bandingin Diri

Siapa yang kerjaannya ngebanding-bandingin diri sama orang lain mulu? Si A pacarnya lebih romantis, lebih keren, lebih kaya, gajinya lebih gede?

Ngebanding-bandingin diri tuh bisa jadi kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Padahal, kesannya sepele, kan?

Mulai sekarang, tiap liat orang lebih wah dari kita dan mulai muncul perasaan iri, coba deh kamu sambut perasaan itu. Jangan disangkal.

Pahami bahwa rasa iri itu manusiawi, jadi kamu enggak perlu usaha untuk membebaskan diri dari perasan kaya gitu.

Itu dia kebiasaan – kebiasaan yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Semoga sebelum terlambat, kamu bisa mendeteksi dan memperbaikinya pelan-pelan, ya.

Sama nih dengan tingkat kekecean rambut. Sebelum hancur berantakan, kamu wajib siapin Jedai Haircules yang viral dan original di dalam tas. Sebagai jedai titisan dewa Hercules, materialnya kuat banget!

Udah pernah digilas sama alphardnya Tasya Farasya dan masih utuh aja loh. Sama Raisa juga pernah dibekuin di es batu raksasa. Masih bisa dipake aja tuh! Buruan borong Jedai Haircules by DeClip di catalog yang ada di website ini, ya. Yuk, ajakin temen se-geng pake jedai kembaran semua!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!