Declip

Gambar Pahami Kecerdasan Intrapersonal Yuk Ini Tanda Tandanya

Pahami Kecerdasan Intrapersonal, Yuk! Ini Tanda-Tandanya!  

Kita semua pasti ngalamin turun naiknya emosi, gak bisa seseorang selalu happy atau selalu sedih. Jadi, sebenernya, nangis atau ketawa itu manusiawi banget dan selalu terjadi ganti-gantian di hidup kita. Cara kita merespon yang kemudian nentuin kecerdasan intrapersonal. Apa, sih, itu? Bahas, yuk.

Jadi, kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan seseorang dalam mengelola emosi dan kesadaran diri.

Kalau selama ini kamu ngerasa jago banget nyembunyiin perasaan, bisa jadi kamu punya kecerdasan intrapersonal yang cukup tinggi, tuh. Nah loh. *wink

Kok bisa sih Minpow nyembunyiin perasaan dikaitkan dengan kecerdasan intrapersonal? Bisa banget, karena nyembunyiin perasaan itu bagian dari strategi yang kita lakukan demi ngejaga hubungan dengan si dia.

Either sebagai temen, partner kerja, atau apa pun itu labelnya supaya jadi gak keganggu dengan perasaan kamu ke dia. 

Kalau kamu enggak punya kecerdasan intrapersonal yang tinggi, kamu enggak akan mempertimbangkan hal itu matang-matang dan bisa tiba-tiba nyatain perasaan ke dia gitu aja tanpa mikirin konsekuensi.

Hasilnya gimana? Ya, bisa macam-macam. 

Kalau si doi suka balik, hasilnya bisa membahagiakan. Kalau gak suka balik, ya bakal jadi awkward.

Tapi, yang sekarang Minpow bahas tuh bukan hasilnya, melainkan cara kita bersikap, ngendaliin perasaan dan ngendaliin sikap di momen-momen tertentu.

Istilah kecerdasan intrapersonal tuh pertama kali dicetuskan sama Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard University.

Karena kecerdasan ini enggak terlalu kelihatan, akhirnya banyak orang yang jadi nyepelein. Padahal, penting banget buat dikuasai kalau kita mau punya kehidupan yang damai. 

Kalau kita cerdas, secara mental dan emosi, otomatis kita juga jadi tahu gimana harus bersikap dalam ngejalanin kehidupan sehari-hari.

Waktu kita insecure, galau, bingung, takut, atau termasuk waktu kita mensyukuri sesuatu.  Ada gak sih Minpow tanda-tanda yang nunjukin kalau seseorang itu cerdas secara intrapersonal. Ada banget. Kita bahas, ya.

Tanda-Tanda Orang dengan Tingkat Kecerdasan Intrapersonal Tinggi

Bisa Nahan Emosi

Emosi tuh, kaya yang kita tahu selama ini, adalah sesuatu yang natural dan kuat banget. Mau emosi seneng atau sedih, biasanya ngaruh ke aktivitas kita sehari-hari.

Dan jelas ngaruh ke mood. Kamu yang punya kecerdasan intrapersonal tinggi bukan berarti gak kepengaruh. Tetep kepengaruh, tetapi kamu jadi bisa ngendaliin. 

Bisa nahan dan tahu kapan serta gimana harus menyampaikan masing-masing itu ke orang. Kalau gak kepengaruh sama emosi, ya itu bukan manusia dong namanya bunda. Tapi dewa.

Sampai sini, paham kan dengan apa yang dimaksud kecerdasan intrapersonal?

Selalu ‘Ngaca’, Alias Sadar Diri

Ini ngaca yang Minpow maksud tuh bukan bercermin, ya. Melainkan sadar diri.

Misal nih ya, sebelum julidin orang, kita bakal sadar kalau dalam diri kita sendiri juga banyak bahan julid, makannya kita jadi bisa nge-rem buat enggak julid.

Kenapa kemampuan kita buat ngaca alias sadar diri Minpow masukin ke dalam tanda-tanda kecerdasan intrapersonal?

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Karena, itu artinya kamu cukup bijaksana. Enggak gampang loh buat ngerem hasrat buat berjulid tuh.

Makannya, kalau kamu emang pengen ningkatin level kamu, hal kedua yang perlu kamu kuasai adalah belajar buat ‘ngaca’ alias sadar diri.

Peka

Hayo, sering dibilang gak peka? Bisa jadi, itu artinya kamu enggak punya kecerdasan intrapersonal yang tinggi.

Karena mereka dengan kecerdasan intrapersonal tinggi itu biasanya peka banget, sensitif, bisa baca situasi, memahami sekitar dan punya kemampuan berempati. 

Kalau kamu punya pasangan, temen, atau anggota keluarga yang super peka, kamu kudu sayang banget sama mereka karena itu artinya mereka bisa ningkatin tingkat kecerdasan intrapersonal.

Buat peka tuh meski kedengerannya sepele padahal susah banget. Makannya, orang-orang yang peka kudu lebih kita sayang lagi, ya. 

Punya Hobi Unik

Apa hubungannya deh Minpow punya hobi unik dengan kecerdasan intrapersonal. Eits, orang-orang yang kecerdasan intrapersonal tinggi tuh biasanya juga paham betul mereka sukanya apa.

Termasuk memahami hobi mereka. Seandainya mereka hobinya ngumpulin kunang-kunang, ya, mereka bakal lakuin itu. Ga peduli orang ngomong apa.

Orang-orang yang hobinya unik tuh karena malas di-bully, kadang mereka jadi ninggalin hobinya itu dan mulai ngejalanin hidup sesuai dengan ekspektasi orang di sekitarnya.

Tapi, hal itu enggak berlaku buat mereka yang tingkat kecerdasan intrapersonalnya tinggi. Mereka paham kalau hobi itu bikin mereka bahagia.

Jadi, meski unik, mereka bakal tetep jalanin hobi tanpa mempedulikan omongan di sekitar.

Punya Prinsip

Ini nih yang keren. Meski prinsip tuh bentuknya gak kelihatan, sekilas kaya gak ada manfaatnya, tapi sebenernya prinsip yang kuat tuh bisa ngasih kita kehidupan berkualitas sesuai dengan keinginan kita juga.

Enggak semua orang bisa punya prinsip karena megang prinsip tuh repot, sulit dan ya itu, kita sering banget kepengaruh sama orang lain. 

Saat kita udah pegang prinsip A, lihat orang lain punya prinsip B, tiba-tiba kita bisa mengubah prinsip kita dengan mudah.

Padahal, yang namanya prinsip tuh sifatnya pribadi banget. Gak bisa dibongkar pasang sesuai kondisi. Sekali ditetapkan, ya enggak akan mudah berubah.

Orang-orang dengan tingkat kecerdasan intrapersonal yang tinggi enggak akan mengubah prinsipnya sesuai dengan situasi tertentu.

Mereka paham alasan kenapa memegang prinsip itu dan kenapa prinsip yang mereka pegang itu baik buat mereka. Karena itu juga mereka jadi gak gampang terpengaruh dan mengubah prinsipnya. 

PD

Percaya diri juga bisa banget loh dikaitkan dengan seberapa tinggi tingkat kecerdasan intrapersonal kamu.

Orang yang percaya diri itu bukan berarti hidupnya sempurna, mereka cuma paham kalau enggak semua orang bisa menyukai mereka.

Jadi, saat ada yang enggak suka dengan mereka, mereka enggak ambil pusing dan terus ngejalanin hidupnya.

Apa orang yang PD tuh enggak pernah insecure? Dua hal itu kan berlainan, Minpow. Mereka juga kadang insecure loh, namanya juga manusia.

Tapi, lagi-lagi, mereka paham kalau insecurity alias kerentanan itu sifatnya sementara, biasanya dipicu oleh momen tertentu.

Alih-alih tenggelam dalam insecurity, mereka ngadepin kerentanannya dan abis itu kembali jadi diri mereka yang lebih percaya diri.

Itu dia tanda-tanda kecerdasan intrapersonal yang bisa kamu cek di dalam diri kamu atau dari orang di sekitar kamu.

Cek juga deh sebelum beraktivitas, kira-kira rambut kamu udah cetar membahana, belum? Biar rapi dan enggak kusut selama dua puluh empat jam penuh, kamu butuh alat ajaib yang namanya Jedai Haircules by DeClip.

Jedai yang saking kuatnya itu jadi dijuluki warisan Hercules itu udah pernah digilas sama alphardnya Tasya Farasya dan masih utuh aja, enggak kenapa-kenapa. Buruan buktiin sendiri dengan beli di catalog yang ada di website ini. Ada 35 warna yang bisa kamu pilih ditambah 4 warna glitter yang lebih mevvah. Mau borong semua? Boleh banget! Asal jangan lupa check out!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *