Declip

Gambar 10 Makanan Khas Imlek dan Cerita Seru Di Belakangnya

10 Makanan Khas Imlek dan Cerita Seru Di Belakangnya

Tahun baru udah paling bener kita… makan-makan. Kayanya makan-makan emang gak pernah tergantikan ya di setiap perayaan. Berasa ada yang kurang aja gak sih kalau kita lagi ngerayain sesuatu tanpa ada momen makan-makan. Apalagi kalau kita lagi ngerayain tahun baru China. Duuuuh. Banyak banget makanan khas imlek yang enak. Apa aja? Kita bahas, yuk!

Bukan cuma beragam makanan enak, makanan khas imlek juga biasanya punya filosofi tersendiri yang maknanya tuh dalem banget gitu, berkaitan dengan rezeki, keberuntungan, sampai kejayaan selama setahun mendatang. Orang-orang Tingkok biasanya bener-bener mempercayai filosofi itu, makannya mereka begitu menghargai adat dan peraturan bahkan dalam makanan pas imlek. 

Buat kita yang bukan keturunan Tiongkok dan gak pernah ngerayain imlek mungkin gak kebayang keseruan imlek tuh sebenernya kaya apa. Makannya, di artikel kali ini, Minpow bakal bahas makanan khas imlek supaya kamu jadi tahu sebenarnya apa aja sih yang biasa disajikan dan gimana rasanya? Ada cerita apa di baliknya? 

10 Makanan Khas Imlek dan Cerita Seru Di Belakangnya

  1. Siu Mie / Mie Goreng

Orang-orang Tiongkok percaya kalau mie tuh bisa direpresentasikan sebagai usia. Jadi, kalau kita lagi makan mie, kita tuh gak boleh benget mie-nya kita potong supaya lebih pendek. Makannya kita sebaiknya makan mie pakai sumpit, biar enggak perlu motong-motong mie-nya.

Semakin panjang mie yang kita makan, semakin baik. Karena itu artinya umur kita juga bakal jadi lebih panjang. Filosofi itu bikin mie goreng bakalan selalu ada di setiap perayaan imlek. Dicampur dengan ayam, sapi, sea food atau daging babi. 

Istilahnya itu siu mie dan siu mie adalah makanan khas imlek pertama yang bakal kamu temuin kalau diundang ke perayaan tahun baru china.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Ide Hampers untuk Imlek yang Tren di 2022

  1. Kue Keranjang

Kamu tahu dodol gak sih? Camilan lengket dan kenyal yang rasanya manis? Nah, kue keranjang tuh sama persis dengan dodol, bedanya bentuknya kaya keranjang mungil. Tapi, dari segi rasa, tekstur dan aroma tuh sama banget dengan dodol.

Bentuk keranjang sendiri filosofinya kerukunan, harapan supaya tiap keluarga bisa kumpul semua dalam satu wadah dan hidup rukun berdampingan. Kue keranjang juga biasanya sengaja disusun bertumpuk, dengan tujuan pertumbuhan anak-anak yang diharapkan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

  1. Yu Sheng

Ini tuh istilah yang dipake buat daging atau ikan yang dibungkus pakai selada. Dagingnya bisa apa aja, bisa ikan juga, dia diiris kecil yang muat dimakan dalam sekali suap terus dibungkus pakai daun selada segar. 

Waktu makan Yu Sheng, sebelum menyuap ke mulut, kita wajib mengangkat Yu Sheng-nya tinggi-tinggi. Semakin tinggi, maka mereka percaya keberuntungan yang didapat juga akan semakin besar. Makannya biasanya kita berlomba-lomba mengangkat Yu Sheng tinggi-tinggi sebelum menyuap.

  1. Bebek atau Ayam

Bebek atau ayam pas imlek gak boleh disajiin pas udah dipotong-potong. Itu buat melambangkan kesetiaan dan ketaatan. Lucunya, kedua hewan itu disebut-sebut sebagai hewan yang serakah. Kita yang makan dua santapan ini diharapkan bisa terhindar dari sifat serakah tersebut. 

Sementara itu, cara masaknya sih bebas. Bisa dipanggang sampai digoreng. Orang-orang Tiongkok sebenarnya paling jago banget bumbuin daging dan makanan, rasanya bisa macem-macem banget. Dari asin, manis sampe asem, semuanya enaaaaak.

  1. Eight Treasure Soup

Sup ini bukan sembarang sup biasa. Di dalam sup ini terdapat delapan jenis bahan pilihan, yaitu teripang (hewan yang melata di karang), jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginkgo dan biji lotus. 

Ke-delapan bahan masakan istimewa itu disatukan di dalam panci sup dan diharapkan bisa menimbulkan kemakmuran terutama dalam berbisnis. Ke-8 bahan tadi dijadikan kepercayaan yang bisa bikin usaha berkembang dengan pesat.

  1. Ikan

Sama dengan bebek dan ayam tadi, orang-orang Tiongkok juga terbiasa menambahkan ikan dalam perayaan tahun baru China. Ikan juga enggak mereka potong atau iris, disajikan utuh aja gitu. 

Satu lagi nih info yang penting buat kamu ketahui. Pas lagi makan ikan di tahun baru itu, kamu gak boleh balikin ikannya, ya. Bagian ikan lain yang di bawah itu kamu biarin aja, kamu tinggalin. Karena kalau kita balikin, hal itu bisa berakibat buruk. 

  1. Kue Mangkuk

Kalau tadi kita bahas soal kue keranjang, kue mangkuk juga termasuk makanan khas imlek yang kudu kamu coba nih. Biasanya, kue mangkuk itu kita taruh di bagian paling atas. Filosofinya, kue mangkuk itu puncak kemakmuran.

Jadi, kalau lagi imlek, kamu harus bisa makan sebanyak-banyaknya kue mangkuk. Semakin banyak kue mangkuk yang kamu makan, katanya kamu bisa jadi lebih Makmur atau lebih beruntung. 

  1. Dumpling / Jiaozi 

Makanan khas imlek selanjutnya adalah dumpling. Mirip dengan siomay, dumpling ini bentuknya kaya uang Tiongkok kuno. Lapisan pangsit itu biasanya diisi dengan daging sapi atau daging babi.  Sausnya itu udah paling bener kecap asin yang dicampur dengan jahe. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Jeruk Mandarin

Karena ini salah satu jenis tumbuh-tumbuhan, dengan mengonsumsi jeruk mandarin pas imlek, orang-orang Tiongkok percaya bahwa finansial kita juga bisa terus bertumbuh dan berkembang. Apalagi jeruk Mandarin tuh kebanyakan rasanya lebih manis dari biasanya. Semakin manis jeruk Mandarin yang kita pilih, kita diramalkan bakal punya nasib lebih baik di tahun berikutnya.

  1. Telur

Bukan telur biasa, tapi telur yang termasuk makanan khas imlek itu udah direbus di dalam air rebusan teh yang ditambah kecap asin. Akhirnya, telur berubah warna jadi kehitaman. Dan penyajiannya itu harus diletakkan di tengah, diapit oleh dua telur lain yang warnanya sama kaya pada umunya.

Kalau kamu sengaja menikmati telur istimewa ini pas imlek, katanya kamu bakal dapat keberuntungan yang berlipat ganda di tahun berikutnya. Makannya, sempetin ya buat makan telur rebus teh ini pas lagi imlek. 

Itu dia 10 makanan khas imlek dan cerita unik di belakangnya. Siap-siap deh kamu nikmatin makanan-makanan yang unik dan khas. Jangan lupa, meski bakal sibuk makan, penampilan harus tetep dijaga. Kamu harus tetep kelihatan on point, salah satu caranya adalah dengan pakai Jedai ajaib yang bisa nyengkram rambut lo dengan rapi, yaitu Jedai Haircules.

Jedai Haircules, ya, bukan Hercules. Hercules itu nama dewa di mitolologi Yunani kuno yang menginspirasi Minpow dan tim waktu nyari nama. Kenapa disebut Jedai Haircules by DeClip? Karena materialnya emang sekuat dewa Hercules. Udah digilas Alphard sama Tasya Farasya dan dibanting-banting Patricia Gouw, masih utuh aja nih jedai. Kegores juga enggak!

Buruan deh kamu cek catalog Minpow dan perhatiin 35 warna jedai yang ada di sana. Borong semua biar selalu bisa kamu mix and match dengan penampilan kamu sehari-hari. Tersedia dalam bentuk gigi 3 dan gigi 5, ada yang 5 cm dan 6 cm, tergantung seberapa panjang dan tebal rambut kamu. Yuk, check out sekarang?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *