Declip

Gambar 6 Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami Maupun Kimia

25 Tips dan Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Cara meluruskan rambut – Sebetulnya, baik rambut lurus maupun rambut keriting memiliki pesona masing-masing yang tak bisa dibandingkan. Tidak ada salah satu jenis rambut yang lebih unggul dari yang lainnya.

Mau rambut kamu keriting, atau lurus, selama itu sehat dan terawat, keduanya akan tetap terlihat sama cantiknya.

Namun, memang ada sebagian orang yang memiliki selera sendiri. Misal, kamu lebih menyukai rambut lurus ketimbang keriting, atau sebaliknya.

Itu juga sebetulnya sah-sah saja. Hanya saja, itu artinya ada beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan impian kamu yang satu itu.

Salon sudah menawarkan treatment rebonding, tapi, adakah cara cara meluruskan rambut secara alami dan permanen tanpa rebonding? Tentu saja ada.

Dalam artikel kali ini, Minpow akan bagikan 25 tips dan cara meluruskan rambut secara alami. Penasaran? Simak, ya.

25 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

1. Lidah Buaya

Udah lama lidah buaya dipercaya jadi bahan alami yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami.

Kandungan di dalam lidah buaya bukan hanya dapat meluruskan rambut, tetapi sekaligus dapat melembutkan, menghaluskan, sekaligus membuat rambut lebih berkilau.

Caranya juga mudah. Potong salah satu lidah buaya dan iris menjadi dua, ambil saripati yang terdapat di bagian dalam dan oleskan perlahan ke bagian kulit kepala sampai merata.

Diamkan selama 40 menit dan ulangi perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu. Tentu saja tidak bisa langsung lurus dalam sekali perawatan, tetapi bila dilakukan dengan rutin hasilnya akan terasa.

2. Telur dan Susu

Di dalam telur dan susu terdapat kandungan protein tinggi yang salah satu khasiatnya dapat meluruskan rambut. Protein di dalamnya juga bermanfaat untuk menutrisi rambut secara alami, mampu membuat akar rambut lebih kokoh dan menjaga sel-sel yang saling terhubung di antara jaringan kulit kepala.

Setelah sel-sel rambut di kulit kepala ternutrisi dengan baik, telur dan susu juga akan membuat rambut yang baru tumbuh dengan lebih lurus.

Dengan begitu, kamu tidak memerlukan alat bantu elektronik atau beragam perawatan yang berisiko untuk membuat rambutmu tampil lebih lurus.

3. Pisang

Buah satu ini terbukti dapat memberikan banyak khasiat; baik bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Selain itu, pisang juga bisa kita jadikan salah satu  cara meluruskan rambut secara alami.

Pertama-tama, kita harus menghaluskan pisang dengan blender. Meski bisa ditumbuk, tetapi Minpow tetap rekomendasikan menghaluskannya dengan blender untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setelah adonan pisang siap, kita tinggal mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala. Pastikan adonan terdistribusikan dengan baik sampai merata di kulit kepala, ya.

Tujuannya adalah untuk membuat rambut menjadi lebih lurus dan berkilau. Itu berkat vitamin B dan potasium yang terkandung di dalamnya.

4. Minyak Zaitun

Sama dengan pisang, minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang tinggi untuk dapat membantu kita meluruskan rambut.

Kalau kerepotan, kamu juga bisa mencampurkan pisang dan minyak zaitun sekaligus untuk hasil yang lebih optimal. Selain itu, perawatannya juga jadi lebih mudah dan sederhana karena dua bahan menjadi satu.

Tetapi, kalau kamu hanya ingin menggunakan minyak zaitun juga boleh. Kamu tinggal oles lembut dan perlahan ke kulit kepala hingga minyak zaitunnya terdistribusi dengan merata, lanjut kamu pijat lembut sampai kamu merasa rileks. Terima kasih pada vitamin E dan omega 3 yang terdapat di dalam minyak zaitun!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

5. Jojoba Oil

Minyak jojoba oil yang selama ini hanya kita temukan pada minyak essentials untuk pijat ternyata juga bermanfaat untuk meluruskan rambut secara alami. Gabung dengan produk serum yang mengandung argan oil serta vitamin E, kombinasi tersebut dapat menjadi salah satu cara cara meluruskan rambut secara alami.

Meski kombinasi satu ini begitu kaya akan manfaat, kita tetap tidak bisa mengharapkan dapat mempraktikan cara meluruskan rambut secara alami satu ini hanya dalam satu kali perawatan. Tetap butuh perawatan berulang untuk dapat berikan hasil yang maksimal. Karena itu, diperlukan kesabaran dan kerajinan yang teguh untuk dapat praktekan cara meluruskan rambut secara alami.

6. Santan Kelapa

Cairan santan tentu memiliki kandungan minyak kelapa yang sangat tinggi. Karena itu, santan ampuh digunakan sebagai cara meluruskan rambut secara alami, bahkan untuk rambut keriting. Jadi, kalau kamu penasaran apakah Rambut keriting bisa diluruskan secara alami? Jawabannya bisa.

Dengan bahan alami seperti santan, rambut keriting pun dapat dibuat secara alami. Tentu saja tidak instan dan memerlukan waktu yang cukup lama ditambah konsistensi. Tetapi, masih ada peluang bagi kamu yang ingin mempraktekan cara meluruskan rambut secara alami, salah satunya adalah dengan menggunakan santan kelapa.

7. Daun Seledri

Daun apa yang bisa meluruskan rambut? Jawabannya adalah daun seledri. Kandungan dalam daun seledri telah terbukti ampuh meluruskan rambut, sekali pun yang keriting. Kabar baiknya lagi, kita tidak perlu pergi ke salon untuk dapat melakukan perawatan meluruskan rambut secara alami ini, melainkan dapat dilakukan sendirian di rumah.

Kumpulkan beberapa ikat daun seledri kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan rambut hingga merata. Diamkan selama 45 menit hingga 60 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut secara berulang hingga rambutmu dapat lurus sempurna secara alami.

8. Madu

Bahan satu ini bisa menjawab salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan; bagaimana cara meluruskan rambut tanpa rebonding? Jawabannya adalah dengan menggunakan madu. Selain meluruskan, madu juga dapat melembutkan dan menghaluskan rambut.

Kandungan yang terdapat dalam madu begitu kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk perawatan rambut. Bila kita rajin mengoleskan madu ke rambut dan kulit kepala, maka rambut kita pun akan berubah menjadi lebih lurus secara alami.

9. Jeruk Nipis

Siapa yang tidak mengenal salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C satu ini? Ampuh atasi ketombe, jeruk nipis juga ternyata bisa kita pilih untuk mempraktekkan cara meluruskan rambut secara alami yang efektif. Setelah kita mengoleskan jeruk nipis ke seluruh area kulit kepala, wajar kalau kita sedikit merasa gatal dan perih, itu artinya sari pati jeruk nipis sedang menyerap di kulit kepala.

Setelah menyerap, jangan langsung bilas. Diamkan dulu selama 45 sampai dengan 60 menit supaya saripati jeruk nipis dapat bekerja dengan baik. Selimuti rambutmu dengan handuk hangat selama menanti jeruk nipisnya menyerap di kulit, kemudian baru dapat kamu bilas hingga bersih.

10. Tinggalkan Hairdryer

Ketika mempraktekkan cara meluruskan rambut secara alami, sebaiknya kamu juga meninggalkan hair dryer. Hair Dryer dapat membuat rambut kering, patah, bercabang dan rontok. Kalau kamu sedang dalam proses perawatan membuat rambut lurus secara alami, salah satu upaya yang kamu lakukan juga berarti mengeringkan rambut tanpa hairdryer.

Sebagai pengganti hairdryer, kamu bisa menggunakan kipas angin, atau kipas biasa. Memang akan memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang mengeringkannya dengan hairdryer. Tetapi, cara tersebut sudah pasti aman untuk rambut, sehingga kamu bisa miliki rambut lurus secara alami. Meninggalkan hair dryer adalah cara meluruskan rambut yang mengembang.

11. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Dalam urutan cara meluruskan rambut secara alami, gunakan sisir bergigi jarang. Bukan sisir yang giginya rapat. Mengapa harus demikian? Sebab sisir bergigi jarang tidak akan menimbulkan tarikan, di rambut, sehingga peluang rambut tercabut dan rontok menjadi lebih kecil. Sementara sisir bergigi rapat lebih berisiko membuat rambut rontok karena tarikannya yang kuat.

Kenapa urusan tarikan menjadi persoalan? Karena untuk menumbuhkan rambut yang lurus, sel-sel pada jaringan di kulit kepala harus terjaga dengan baik. Kalau sering mendapat tarikan, apalagi sampai rontok, proses pertumbuhan rambut jadi terganggu dan rambut lurus alami pun semakin sulit terwujud.

12. Gunakan Roller Rambut

Sedang membahas cara meluruskan rambut secara alami kok malah disuruh menggunakan roll rambut? Itu karena roll rambut dapat merapikan rambut dan lebih lurus teratur setelah dilepas sekaligus ampuh digunakan sebagai cara meluruskan rambut yang bergelombang. Ketimbang dibiarkan menjuntai, rambut yang di roll bisa diatur supaya lebih lurus dan rapi ketimbang rambut yang tidak di roll.

Sesuaikan ukuran roll dengan jenis rambutmu, ya. Rambut tebal sebaiknya menggunakan roll rambut lebih besar, sementara rambut tipis bisa menggunakan roll rambut yang lebih kecil. Gunakan setiap habis keramas dan sebelum kamu beraktivitas. Jadi, kalau kamu bingung dan ingin tahu Bagaimana cara agar rambut lurus dan tidak mengembang, roll rambut adalah jawabannya.

13. Pantene Gold Series Smooth and Sleek

Bagaimana cara agar rambut lurus dan tidak mengembang? Salah satunya adalah dengan menggunakan shampo yang dapat meluruskan rambut secara alami. Shampo apa yg bisa membuat rambut lurus? Salah satunya adalah Pantene Gold Series Smooth and Sleek. Kalau digunakan secara rutin, vitamin B7 dan antioksidannya mampu meluruskan sekaligus melembutkan.

Satu hal yang Minpow paling suka dari shampo yang dapat meluruskan rambut secara alami ini adalah dia bisa membuat rambut jadi lebih mudah diatur. Tidak mudah kusut, tidak berantakan, tidak kering dan rontok. Benar-benar produk ajaib yang dibutuhkan oleh setiap wanita yang ingin memiliki rambut lurus secara alami.

14. Tresemme Smooth and Shine Shampo

Pilihan lainnya untuk shampo yang dapat dijadikan sebagai cara meluruskan rambut secara alami dan membuat rambut mudah diatur adalah Tresemme. Di dalamnya terdapat silk protein yang otomatis membuat rambutmu lebih halus dan berkilau. Ini adalah cara yang aman untuk meluruskan rambut. Bukan dengan minyak goreng.

Sering dengar isu mengenai apakah minyak goreng dapat membuat rambut lurus? Terlepas dari benar atau tidaknya, minyak goreng mengandung bahan berbahaya bagi kulit kepala, sehingga Minpow sama sekali tidak merekomendasikan kamu untuk meluruskan rambut dengan minyak goreng. Selain berbahaya, efek kerusakannya pun bisa berlangsung lebih panjang.

15. Most Diane Extra Smooth and Straight Shampo

Dibuat dari quinoa, shampo ini bisa jadi produk ajaib yang membuat rambut yang kusut dan berantakan menjadi lembut, halus dan lebih mudah diatur. Selain itu, kandungan minyak prune dan minyak baobab juga membuat rambut lebih lembab alami sehingga rambut tidak akan menjadi kering dan rontok.

Sebagai shampo, tentu kita berharap kulit kepala dapat dibersihkan secara menyeluruh. Tidak usah khawatir, sebab shampo ini mengandung cleansing complex; yang terdiri dari keratin, amino acid based, tea cocoyl glutamate dan olefin. Bukan hanya membuat rambut lebih lurus dan mudah diatur, melainkan sekaligus membersihkan hingga ke akar.

16. Shisheido Crystallizing Straight Shampo

Untuk rambut yang terlanjur rusak karena beragam alasan, shampo dari Shiseido ini dapat mengembalikan kesehatan rambut dengan cara menutrisi tiap helai hingga ke akar. Butuh beberapa minggu buat kamu menyeimbangkan pH di rambut dan kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat dan terawat.

Untuk membuat rambut lurus secara alami, kamu harus menggunakan shampo satu ini lebih rutin dan hasilnya akan terasa dalam 3 bulan. Imbangi dengan perawatan intensif lain, atau ditambah perawatan menggunakan bahan alami yang Minpow jelaskan sebelumnya di bagian atas, ya.

17. Matrix Opti Care.Smooth Straight Shampo

Ini juga merupakan shampo yang telah terbukti dapat membuat rambut lurus secara alami. Apabila kamu terlanjur melakukan treatment rebonding atau smoothing kemudian rambut kamu jadi rusak, kamu bisa menggunakan shampo satu ini untuk mengembalikan seluruh nutrisi yang terenggut akibat macam-macam treatment.

18. OGX Ever Straightening + Brazilian Keratin Shampo

Produk yang mengandung keratin dari minyak kelapa dan avocado oil ini memang dibuat cukup serius untuk dapat meluruskan rambut dengan cara yang alami. Shampo ini juga ampuh melindungi kutikula sehingga rambut dapat tahan panas.

Kamu sering menggunakan alat styling elektronik? Sebaiknya kamu juga melindungi rambutmu dengan shampo yang satu ini, supaya rambut tidak rusak dan tetap ternutrisi dengan baik. Idealnya, alat styling yang dapat membuat rambut rusak karena mengandung pemanas memang sebaiknya tidak usah digunakan. Tetapi kalau pun mau menggunakannya, jangan mengabaikan shampo yang satu ini ya.

19. Kerasase Discipline Bain Fluidealiste

Dinilai dari harganya yang nyaris mencapai Rp 400.000,- tentu kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas shampo dari Kerastase satu ini, ya. Selain dapat meluruskan rambut dengan cara yang alami, kamu juga akan memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Benar-benar seperti setelah creambath atau hair spa di salon.

Untuk hasil maksimal, Minpow sarankan untuk sekaligus menggunakan conditioner, supaya hasilnya lebih maksimal. Karena penggunaan conditioner merupakan syarat paling mendasar dalam perawatan rambut yang sebaiknya tidak kamu abaikan.

20. Matrix Professional Biolage Smoothptoof Shampo

Kamu menghabiskan banyak waktu dengan beraktivitas di luar ruangan? Akrab dengan paparan sinar matahari, polusi kendaraan? Bila benar demikian, sebaiknya kamu menggunakan shampo dari Matrix satu ini supaya kelembutan rambutmu tetap terjaga dan tidak sampai kekurangan nutrisi.

Kelebihan lain dari produk shampo satu ini adalah ia juga sekaligus mampu meluruskan rambut dengan cara yang alami. Kalau kamu menggunakannya secara rutin, kamu akan merasakan hasilnya dalam beberapa minggu.

21. CBD Professional Keratin Daily Shampo

Mengimbangi kualitas produk-produk premium yang sebelumnya telah Minpow sebutkan, produk shampo yang dapat kamu gunakan sehari-hari ini dibandrol dengan harga yang paling murah, yaitu hanya Rp 91.000,- Selain itu, ukurannya juga ada yang 1.000 ml. Cocok untuk dibuat stock di rumah.

Selain dapat meluruskan rambut dengan cara yang alami, shampo satu ini juga teruji atasi berbagai kerusakan rambut. Jadi, kamu bisa memilih shampo ini kalau menghadapi permasalahan serupa. Jangan beli di sembarang toko sebab Minpow khawatir produk yang disediakan di sana merupakan produk palsu, ya.

22. Sunsilk Soft and Smooth Active Infusion

Meski harganya sangat ekonomis, kandungan di dalamnya begitu berlimpah. Mulai dari argan oil, soy milk protein hingga vitamin E bisa kamu dapatkan dalam botol shampo yang harganya tidak lebih dari Rp 30.000 ini. Selain bisa meluruskan rambut, shampo ini juga bisa memberikan efek lurus yang tahan lebih lama.

Keunggulan lainnya terletak pada aroma. Setelah seharian beraktivitas, rambut tidak akan lepek dan beraroma tidak sedap sebab pewangi pada shampo ini begitu kuat hingga rambutmu dapat tetap harum meski sudah beraktivitas selama sehari penuh. Tidak percaya? Segera buktikan sendiri!

23. Makarizo Fibertherapy Conditioning Shampo with Kiwi Extract

Rasanya tidak mungkin membicarakan soal rambut tanpa menyebut Makarizo. Produk kosmetik rambut yang popularitasnya sudah menahun ini juga memiliki shampo yang dapat meluruskan rambut dengan cara yang alami, tetapi harus diimbangi dengan penggunaan rutin serta perawatan lain yang menggunakan bahan alami (seperti yang telah Minpow jabarkan di atas).

Shampo Makarizo satu ini juga dapat membantu rambut pasca treatment rebonding atau smoothing supaya dapat lurus lebih lama. Dengan penggunaan rutin, hasil rebonding atau smoothing dapat bertahan dua sampai tiga bulan lebih lama dari waktu yang seharusnya. Karena itu, segera tambahkan produk satu ini ke dalam keranjang belanjaan, sebelum kehabisan!

24. It’s a 10 Haircare Miracle Shampo Plus Keratin

Ini adalah produk shampo yang dapat meluruskan rambut paling mahal dibanding produk-produk lainnya. Harganya berkisar dari Rp 700.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- ke atas. Kenapa bisa begitu tinggi? Karena perlindungannya yang tidak lagi perlu diperdebatkan.

Teruji aman digunakan untuk rambut yang sering melewati proses styling atau treatment, shampo ini akan tetap menjaga kesehatan, kelembutan serta kecantikan rambut secara alami. Tentu saja ia juga dapat membuat rambut lurus secara alami.

25. Gunakan Bedak Bayi

Cara terakhir ini sering dianggap aneh, tidak umum sekaligus tidak biasa namun tetap layak dicoba. Selama ini, kamu mungkin sering mendengar pertanyaan Apakah bedak bayi bisa untuk meluruskan rambut? Secara mengejutkan, jawabannya adalah bisa. Tetapi, memang harus diaplikasikan dengan cara khusus.

Campurkan bedak bayi dengan 3 sampai 4 sendok makan air hangat kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan adonan bedak bayi ke area rambut dan kulit kepala kemudian diamkan selama 45 sampai dengan 60 menit. Ulangi perawatan tersebut mulai dari 3-4 kali selama seminggu dan rambut pun akan tampil lebih lurus, cantik dan segar secara alami.

Kalau selama ini kamu penasaran dan sibuk bertanya-tanya mengenai bagaimana cara meluruskan rambut tanpa harus ke salon? Kini kamu sudah punya jawabannya. Untuk dapat hasil maksimal, padukan beberapa cara sekaligus, mulai dari menggunakan bahan alami sampai dengan memakai shampo yang dapat meluruskan rambut setiap keramas.

Ingat, shampo saja tidak cukup. Kamu juga harus menggunakan conditioner untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ditambah hair mask, creambath dan hair spa paling tidak sekali selama sebulan sekali. Dengan begitu, rambutmu dapat menjadi lurus secara alami tanpa rebonding atau smoothing. Selamat mencoba.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *