Declip

Gambar Cara Mencatok Rambut Pendek Pendek Sendiri yang Benar

Cara Mencatok Rambut Pendek Pendek Sendiri yang Benar

Cara Mencatok Rambut Pendek – Bagi kamu pemilik rambut ikal atau bergelombang, sebetulnya tidak ada salahnya menginginkan rambut lurus. Kamu hanya perlu melakukan effort tertentu untuk dapat menjadikannya seperti yang kamu inginkan.

Mulai dari rebonding, smoothing, sampai catokan biasa. Tetapi, bagaimana bila rambut kita pendek, Minpow? Apakah bisa? Tentu saja bisa!

Dalam artikel kali ini, Minpow akan memberikan cara-cara mencatok rambut pendek. Langkah apa saja yang perlu diperhatikan? Bagaimana agar hasil catokan tahan lama? Apakah catok rambut harus keramas dulu? Minpow akan bahas secara terperinci di bawah ini. Simak, ya!

BACA JUGA : 5 Catok Rambut yang Bagus untuk Smoothing Anti Rusak

Cara Mencatok Rambut Pendek Sebahu

Bersihkan Rambut

Sebetulnya, dalam setiap perawatan, atau treatment apapun, rambut wajib dibersihkan terlebih dahulu. Optimalnya, membersihkan rambut itu dengan cara keramas menggunakan shampo dan dilanjutkan dengan conditioner. Tetapi, apabila kamu tidak memiliki cukup waktu, kamu bisa memilih jalan alternatif.

Apa jalan alternatifnya? Menggunakan dry shampoo, alias shampo yang tidak perlu dibilas. Dry shampo juga efektif membersihkan rambut meski hanya sementara dan wajib segera dibilas menggunakan air dan shampo setelah 8 jam pemakaian.

Keringkan

Setelah rambut dibersihkan dengan shampo dan conditioner, selanjutnya wajib kamu keringkan. Boleh menggunakan hairdryer, atau dikeringkan menggunakan handuk dan pengering manual seperti kipas. Ada pro kontra dari penggunaan dua barang tersebut.

Kalau menggunakan hairdryer, tentu rambut basah dapat cepat kering. Tetapi, efek sampingnya dapat merusak rambut. Sementara kalau menggunakan pengering manual; mulai dari kertas, sampai kipas angin, atau dikeringkan secara alami memerlukan waktu lebih lama tetapi jauh lebih aman bagi rambut.

Gunakan Heat Protector

Penggunaan catokan tentu berisiko merusak rambut. Karena itu, kita wajib menggunakan heat protector ketika meluruskan rambut. Tujuannya adalah untuk menjaga setiap helai rambut dari paparan permukaan panas dari catokan. Apabila tidak menggunakan heat protector, rambut bisa lebih mudah rusak, kering, patah dan bercabang.

Ketika memilih heat protector, pastikan kamu memilih produk yang berkualitas dengan kandungan nutrisi lengkap. Bukan hanya itu, kamu juga wajib memastikan bahwa nutrisi yang terdapat di dalamnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Ketika mencatok rambut pendek, kamu harus berhati-hati. Selain berpotensi melukai kulit kepala, helai-helai rambut yang pendek juga tentu akan menyulitkan kita melakukan proses catok rambut. Karena itu, untuk mempermudah proses tersebut, kita dapat membagi rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan jedai.

Setelah rambut dibagi menjadi beberapa bagian, kita dapat meluruskannya dengan catokan per bagian. Lakukan perlahan dan pastikan kamu meluruskannya dengan optimal, tanpa merusakan rambut. Sebab gerakan mencatok juga akan memengaruhi hasil.

Catok Rambut Pendekmu!

Bagaimana cara kita dapat mencatok rambut dengan optimal? Pertama-tama, jangan atur suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu 120 derajat adalah suhu yang ideal. Kedua, jangan ulangi catokan di bagian yang sama lebih dari 3 kali karena hal tersebut dapat membakar rambut.

Di setiap bagian rambut, ketika kamu mencatok rambut, lakukan dengan perlahan dan beri tekanan secukupnya pada rambut. Sehingga rambut dapat berubah menjadi lurus tanpa mengalami kerusakan fatal.

Cara-cara yang sama juga dapat diterapkan ketika kita mempraktikkan cara mencatok rambut pendek sebahu ala korea. Minpow bisa pastikan langkah tersebut merupakan langkah mencatok rambut yang benar. Selain cara-cara di atas, berikut Minpow tambahkan beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan. Apa saja? Ini dia:

BACA JUGA : 27 Catokan Curly yang Bagus, Murah dan Tahan Lama!

Apa yang harus dilakukan sebelum catok rambut?

Seperti yang tadi Minpow sudah bahas, sebelum catok rambut, kita wajib membersihkan rambut dan melapisinya dengan heat protector. Baru kita dapat memulai proses catok. Kenapa dua hal tersebut wajib dilakukan? Tujuannya adalah untuk mengalami rambut dari kerusakan parah yang berkepanjangan.

Karena proses mencatok ini akan merusak rambut, Minpow juga sarankan kamu untuk rajin-rajin melakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Mulai dari melapisinya dengan masker lidah buaya, alpukat, minyak kelapa, kacang almond, sampai lemon. Pilih bahan-bahan alami yang mengandung nutrisi serta vitamin yang baik untuk rambut.

Bagaimana agar hasil catokan tahan lama?

Dengan memilih hair serum yang tepat, sebelum atau setelah proses catok, kita dapat membuat hasil catokan menjadi tahan lama. Kita bisa menambahkan hair serum setelah mengaplikasikan heat protector. Atau, kita juga bisa mengaplikasikan serum tersebut setelah proses catok selesai.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat mengaplikasikan serum rambut atau vitamin setelah rambut selesai dicatok adalah jangan mengaplikasikannya dalam jumlah terlalu banyak.

Selain dapat membuat rambut menjadi keriting, hair serum berlebihan atau vitamin yang kita aplikasikan berlebih juga dapat membuat rambut lepek, berminyak dan berketombe.

BACA JUGA : 10 Cara Mengeriting Rambut Tanpa Catok

Apakah catok rambut harus keramas dulu?

Hanya ada satu jawaban untuk pertanyaan ini, yaitu… Wajib. Minpow ulangi lagi; setiap perawatan atau treatment rambut itu wajib dibersihkan terlebih dahulu.

Mengapa demikian, karena bila kita melakukan perawatan pada rambut yang kotor, kotoran akan menumpuk di kulit kepala dan berubah menjadi kuman dan bakteri, yang bukan tak mungkin akan menyebabkan masalah lebih parah di masa mendatang.

Bagaimana, sudah terbayang langkah-langkah yang harus dilakukan dengan tepat ketika mencatok rambut? Sudah tahu juga, kan, cara merawat rambut supaya tetap sehat dan indah meski sering terpapar alat styling elektronik? Jangan sampai kebiasaan mencatok membuat rambut jadi rusak dan berhenti bertumbuh, ya!

BACA JUGA : Ikuti 6 Cara Mencatok Rambut Sendiri Biar Gak Bikin Rambut Rusak!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *