Declip

Gambar Mudah Ikuti 18 Cara Curly Rambut Pendek Sendiri Berikut Ini

Mudah! Ikuti 18 Cara Curly Rambut Pendek Sendiri Berikut Ini

Cara curly rambut pendek – Sering mendambakan rambut pendek tetapi malas bolak-balik ke salon karena menyita banyak waktu, energi dan biaya? Ouch! Treatment curly di salon memang tidak mudah dan memerlukan banyak biaya, tetapi, sebetulnya kita bisa, lho, melakukannya sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Di artikel kali ini, Minpow akan bahas cara curly rambut pendek sendiri di rumah. Seberapa sulit? Sebetulnya lumayan sulit, tetapi bukan mustahil untuk melakukannya sendiri di rumah. Apalagi bila ada teman yang membantumu. Jangan khawatir, berikut tahapan yang dapat kamu lakukan saat mengeriting rambut sendiri di rumah, ya:

BACA JUGA :

Cara Curly Rambut Pendek

  1. Keramas

Tiap melakukan perawatan apa pun, kita harus selalu mengawalinya dengan keramas. Dengan keramas, kita sebetulnya sedang menyiapkan rambut kita dalam keadaan bersih sebelum memulai treatment, perawatan atau styling. Kalau melakukan itu semua tidak dalam keadaan rambut bersih, apakah berbahaya?

Jawabannya sangat berbahaya. Sebab saat rambut dalam keadaan kotor, kemudian ditimpa dengan bahan kimia lain, kotoran di rambut dan kulit kepala dapat berubah menjadi ketombe. Bakteri, kuman dan kotoran lain dapat menyumbat aktivitas di kulit kepala kita dan menghambat pertumbuhan rambut sampai penyebaran nutrisi.

Apa yang kemudian terjadi? Berbagai permasalahan rambut seperti kerontokan, rambut kering, patah dan bercabang bisa menyerang kita secara bersamaan. Bukan tidak mungkin setelah itu rambut kita menjadi mati dan berhenti bertumbuh. Jadi, biasakan selalu mencuci rambut sebelum memulai macam-macam perawatan, ya.

  1. Hairdryer + Corong

Tahapan selanjutnya dalam urutan atau cara curly rambut pendek sendiri di rumah adalah mengeringkan rambut dengan menggunakan corong. Corong adalah peralatan tambahan atau extension yang dapat kita tempelkan ke hairdryer yang khusus digunakan untuk rambut keriting.

Corong membantu kita untuk menjaga tekstur rambut keriting kita supaya tidak berubah ketika sedang melalui proses styling atau treatment. Tanpa corong, tekstur keriting kita dapat hilang, rambut berubah menjadi mengembang, kusut atau berantakan. Pastikan kamu menggunakan corong bila berniat mempertahankan rambut keritingmu, ya!

  1. Siapkan Peralatan Pendukung

Setelah rambut kering, ada dua cara untuk membentuk tekstur rambut keriting. Cara pertama adalah menggunakan bantuan alat elektronik, yakni menggunakan alat pengeriting atau catokan, kedua adalah dengan menggunakan cara-cara manual tanpa bantuan alat elektronik.

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, sehingga kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Di section selanjutnya, Minpow akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya supaya kamu dapat lebih memahami metode mengeriting rambut sendiri.

  1. Tambahkan Oil + Serum

Setelah rambut keritingmu terbentuk sempurna, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menambahkannya dengan oil dan hair serum khusus untuk rambut-rambut keriting. Jelas oil dan serum untuk rambut keriting itu berbeda dengan oil dan serum untuk rambut lurus, sehingga wajib kamu perhatikan kemasannya.

Perhatikan juga bahan dan kandungannya supaya kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan nutrisi sendiri. Selain itu, dengan memperhatikan kandungannya, kamu juga dapat menghindari bahan atau kandungan tertentu yang dapat membuatmu alergi.

  1. Hairspray

Apa rahasia rambut pendek dapat bertahan lama? Jawabannya adalah hairspray. Cukup menyemprotkan hairspray dengan jarak minimal 10 cm, rambut keritingmu dapat tahan selama beberapa jam ke depan. Selain menggunakan hairspray, adakah cara lain?

Tentu saja ada, yakni dengan melakukan perawatan keriting rambut permanen di salon, istilahnya perm hair. Tetapi, mengeriting rambut secara permanen juga sangat berisiko dan kita perlu melakukan perawatan yang intensif setelah menjalani treatment tersebut. Sebab kalau tidak, besar peluang rambut kita akan rontok, rusak, patah, bercabang dan bukan tak mungkin kita berakhir mengalami kebotakan.

Cara Curly Rambut Pendek dengan Menggunakan Catokan

  1. Keramas

Meski menggunakan catokan, tanpa bahan kimia tertentu yang akan kamu aplikasikan ke kulit kepala, kita juga wajib memulainya dengan keramas. Menggunakan catokan pada rambut yang tidak dikeramas atau pada rambut yang dibiarkan berada dalam keadaan kotor akan membuat kotoran, kuman dan bakteri mengendap di tiap helai rambut.

Setelah kuman dan bakteri tersebut mengendap, mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak, berakhir menjadi masalah rambut yang cukup fatal. Karena itu, sekali lagi Minpow terapkan untuk jangan coba-coba melakukan styling pada rambut dalam keadaan kotor.

  1. Hairdryer

Hal lain yang tidak boleh kamu lakukan adalah meluruskan rambut atau mencatok rambut dalam keadaan basah. Sebab hal tersebut selain dapat menghanguskan rambut, juga akan menimbulkan bau tidak sedap. Bila kita hendak mencatok rambut, pastikan rambut berada dalam keadaan kering terlebih dahulu.

Gunakan hair dryer sebelum mulai mencatok rambut. Jangan lupa, oleskan 3-4 tetes heat protector sebelum menggunakan hairdryer untuk melindungi rambutmu dari panas hairdryer serta panas catokan, ya. Bila tidak, alat-alat elektronik tersebut akan merusakan rambutmu dalam sekejap.

  1. Catok Curly

Tahapan selanjutnya setelah kamu mencuci rambut, membilas, mengoleskan heat protector dan mengeringkan rambut adalah menggunakan catokan dan membentuk gulungan rambut keriting atau langsung menggunakan pengeriting.

Bila kamu menggunakan catokan, kamu bisa menggulung catokan pada sejumput rambut yang telah kamu bagi ke dalam beberapa bagian. Lalu kamu catok dengan cara menggulungnya. Sementara itu, bila rambut sebahu, catok dengan menggunakan pengeriting, kamu hanya tinggal ikuti gerakan pengeritingnya yang biasanya otomatis.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Alat pengeriting rambut menurut Minpow adalah cara curly rambut pendek sebahu yang paling mudah, praktis dan sederhana. Selain itu, hasilnya juga lumayan memuaskan. Namun harga pengeriting yang bagus memang relatif lebih mahal.

  1. Sisir Jari

Apa yang harus kita lakukan setelah membuat gulungan-gulungan rambut tersebut? Apakah sudah selesai? Sama sekali belum. Selanjutnya kita harus menyisir rambut kita yang sudah tergulung dengan rapi menggunakan jari.

Sisir jari wajib dilakukan supaya hasil keritingnya kelihatan lebih alami dan natural, tidak terlalu kaku dan berombak seperti bila kita menggunakan alat elektronik. Tapi, jangan sampai jari-jarimu malah merusak gelombang yang telah dibentuk, ya. Gerakan jemarimu perlahan ketika menyisir rambut.

  1. Tambahkan Serum

Setelah rambut kelihatan lebih alami dan natural, selanjutnya kamu harus menambahkannya dengan serum. Pilih serum yang dapat membuat hasil keriting lebih tahan lama. Minpow pribadi lebih suka yang aromanya harum dan lembut, bisa memperbaiki mood sepanjang hari.

Peran serum ini juga tidak bisa diabaikan sebab ia akan menentukan akan sehalus dan selembut apa rambut kita nantinya. Karena itu, upayakan supaya kamu selalu memilih serum dari merk serta kualitas terbaik agar hasilnya tidak mengecewakan, ya.

  1. Hairspray

Ini sebetulnya cara curly rambut pendek sebahu yang optional, alias tidak wajib. Bila kamu ingin rambut keritingmu dapat bertahan lebih lama, silakan, kamu dapat menggunakan hairspray.

Tetapi, bila tidak pun sebetulnya tidak masalah. Kamu bisa melewatkan proses penggunaan hairspray dan tetap miliki rambut yang indah, sehat dan berkilau.

Hanya saja mungkin rambut keritingmu tidak bisa tahan seharian, melainkan hanya beberapa jam saja. Namun, keunggulan dari rambut keriting yang tidak melalui proses hairspray itu bisa kelihatan lebih natural dan alami. Bagi sebagian orang, kealamian merupakan hal yang penting dan tidak bisa dinegosiasikan.

Cara Curly Rambut Pendek Tanpa Alat Catok

  1. Keramas

Dalam cara-cara mempraktekan curly rambut tanpa alat catok pun kamu wajib mengawalinya dengan keramas. Apalagi, cara ini akan melibatkan banyak bahan kimia di area rambut. Itu artinya, kamu wajib membersihkan rambutmu terlebih dahulu hingga ke akar.

Dengan memastikan rambut dan akar kepalamu bersih serta higienis, proses penerapan bahan kimia di rambut untuk mengeriting rambut tanpa catokan pun dapat berlangsung dengan lebih optimal. Jangan lupa gunakan conditioner supaya hasilnya lebih memuaskan, ya.

  1. Keringkan

Setelah keramas dan menggunakan conditioner, kamu wajib membilasnya dan langsung kamu keringkan dengan handuk. Jangan gunakan hairdryer sebab untuk mengeriting rambut tanpa alat elektronik alias catokan atau pengeriting itu kamu harus melakukannya dalam keadaan rambut yang basah.

Mengapa demikian? Karena minyak untuk mengeriting rambut hanya dapat bekerja bila rambut kita berada dalam keadaan basah.

Bila kamu menerapkannya dalam keadaan kering, minyak tersebut tidak akan menyerap di rambut dengan optimal dan tidak akan membuat rambutmu menjadi keriting. Karena itu, penting untuk mengaplikasikannya dalam keadaan basah.

  1. Minyak / Oil Pengeriting

Ini adalah proses di mana kita menerapkan minyak yang membuat rambut kita menjadi keriting. Minyak ini ibarat foundation yang menjadi kanvas. Sebelum menerapkan produk kimia lainnya, kamu wajib mengaplikasikan minyak atau oil pengeriting terlebih dahulu.

Oleskan ke rambut yang telah kamu bagi per beberapa bagian supaya minyak dapat lebih menyerap dengan merata. Setelah itu, ulangi dan pastikan bagian tersebut mendapat cukup minyak yang dapat mengeriting rambut.

  1. Roll Rambut / Ikat Rambut

Setelah minyak diaplikasikan, kamu wajib menerapkan roll pada rambutmu supaya pola keritingnya lebih terbentuk dengan sempurna. Selain dengan menggunakan roll rambut, kamu juga bisa menggulung rambutmu dan menguncinya dengan ikat rambut.

Setelah di roll atau diikat, diamkan selama beberapa saat sampai pola keriting di rambutmu terbentuk sempurna. Baru roll-an dapat kamu lepaskan dan kamu sisir lagi dengan jari. Pada saat itu, rambut kamu masih basah dan dapat kamu keringkan menggunakan hair dryer yang telah dilengkapi dengan corong.

  1. Hairdryer + Corong

Saat mengeringkan rambut dengan hairdryer, Minpow secara tegas mewajibkan kamu untuk melengkapinya dengan corong. Sebab kalau tidak, pola keriting yang telah terbentuk bisa hancur berantakan dan rambutmu bisa kembali menjadi lurus atau mengembang.

Dengan bantuan corong, rambut akan berubah menjadi kering namun sekaligus mempertahankan tekstur keriting yang alami pada rambutmu. Pastikan juga suhu hair dryer tidak terlalu panas sehingga tidak akan merusak tekstur rambutmu yang telah terbentuk keriting dengan sempurna.

  1. Cream Rambut

Setelah rambutmu mengering, tambahkan cream rambut yang dapat menambah pola keriting pada rambutmu. Selain dapat membuat tekstur keriting lebih tahan lama, cream ini juga diharapkan dapat menggantikan tugas hairspray untuk mengunci bentuk rambutmu yang keriting.

  1. Serum

Langkah terakhir, gunakan serum untuk membuat rambut lebih halus, lembut dan harum. Selain itu, serum juga dapat menutrisi rambut setelah melewati serangkaian proses pengeritingan rambut.

Sesuai janji Minpow, itu dia cara-cara curly rambut pendek yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Pastikan kamu mematuhi setiap tahapannya supaya tidak sampai gagal saat sedang berusaha mengeriting rambut di rumah, ya.

BACA JUGA : 

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *