Declip

5 Manfaat Self Development ini Wajib Kamu Tau

5 Manfaat Self Development ini Wajib Kamu Tau

Manfaat Self Development – Declip.id | Ngerasa hidup kamu stuck dan gini-gini aja? Gak usah panik dulu, karena kenyataannya emang kita semua tuh cenderung bakal mikir hal yang sama kok.

Pada suatu waktu, kita bakal mikir hidup ini mau dibawa kemana dan mulai mempertanyakan apa yang kita lakuin dalam hidup tuh udah bener atau belum sih?

Mulai dari kerjaan, pasangan, sampai gaya hidup kita sehari-hari. Biasanya, kalau kita udah mempertanyakan itu semua, ujungnya kita bakal anxious alias deg-degan sendiri.

Gimana kalau kita gagal? Gimana kalau selama ini tuh kita gak maksimalin usaha? Dan masih banyak versi gimana-gimana lainnya.

Nah, semua permasalahan kaya gitu tuh bisa kamu atasi dengan self development, alias pengembangan diri. Tujuan utama self development adalah biar kita enggak stuck dan enggak gitu-gitu aja hidupnya.

Nanti, Minpow bakal bahas macam-macam manfaat self development tapi sekarang Minpow ingetin kamu dulu soal definisi self development, ya.

Minpow kutip dari laman website ketenagakerjaan terbesar, https://www.indeed.com/, self development itu diartikan sebagai upaya mengembangkan diri secara berkesinambung supaya kamu bisa meraih tujuan.

Selama prosesnya, kamu juga bakal ngembangin skill yang kamu punya, dan terus menggali potensi diri. 

Makannya, karena manfaat self development itu banyak banget, prosesnya juga gak instan. Bisa bertahun-tahun. Udah gitu, Minpow juga percaya kalau self development tuh gak ada ujungnya.

Alias gak ada selesainya. Ini bakal jadi kaya pembelajaran yang gak berakhir, karena semakin tua, kita juga bakal nemuin banyak hal yang bisa kita pelajari. 

Kalau kamu masih enggak kebayang kenapa self development itu penting, Minpow bisa bantu kamu dengan ngasih tahu beberapa manfaat self development. Pengen tahu apa aja? Simak, ya! Ini dia:

Manfaat Self Development 

  1. Bantu Mencapai Tujuan Profesional & Personal

Tiap orang pasti punya tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan profesional maupun tujuan personal. Nah, salah satu manfaat self development itu dia bisa bantu kita mencapainya.

Kenapa bisa gitu? Karena, dalam self development, kita mau enggak mau jadi mengembangkan potensi dan kemampuan ke titik tertingginya. 

Kalau cita-cita kamu diibaratkan kaya tujuan wisata, self development tuh bisa kita jadiin kendaraan buat kita menuju tujuan wisata tersebut.

Tapi, jangan lupa, manfaat self development gak ada artinya kalau kamu enggak ngimbangin dengan usaha yang gigih. 

Ya, dong? Percuma jago teori kalau kamu enggak berusaha ngimbangin teori-teori tersebut dengan aksi. Akhirnya, semua teori dan rencana indah itu cuma tinggal angan-angan.

Sayang banget, kan? Makannya kita semua perlu terus-terusan nerapin self development biar semua cita-cita kita terwujud. 

  1. Peningkatan Karir

Supaya karir kita juga terus meningkat, kita perlu konsisten dan disiplin nerapin peningkatan karir. Terus tanyain ke diri sendiri: selanjutnya ngapain nih gue?

Tujuannya supaya enggak stuck. Salah satu manfaat self development tuh supaya kamu juga bisa wujudin peningkatan karir. 

Saat satu cita-cita kamu terwujud, sebaiknya kamu segera tentuin cita-cita berikutnya. Cita-cita berikutnya udah terwujud? Terapin lagi cita-cita berikutnya.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Gitu aja terus ulangi, jangan sampe bosen. Karena menurut Minpow, hidup tuh sebenernya berisi kumpulan usaha kita buat wujudin cita-cita yang kamu pengen. 

  1. Mempertajam Kemampuan

Pernah denger istilah jam terbang? Itu tuh istilah yang biasa digunain sama kita yang rajin mempertajam kemampuan dengan menambah jam kita mengasah bakat.

Semakin banyak jam yang kita habisin buat mengasah kemampuan, biasanya kita juga bakalan semakin jago. 

Kok gitu, Min? Iya, itu tuh yang Minpow maksud tadi dengan mempertajam kemampuan. Semakin tajam kemampuan, kita juga bakal semakin ahli di bidang yang kita tekuni.

Makannya, punya bakat doang tuh sekarang gak cukup bestie! Kita juga harus rajin-rajin mengasahnya.

Apa kabarnya buat temen-temen kita yang gak tahu apa bakatnya, Minpow? Kalau kasusnya gini, kita harus sering-sering cobain hal baru dan rasain deh tuh kira-kira kita enjoy gak ngelakuin hal baru itu?

Kalau kita gak pernah ngelakuin hal baru, gimana kita bisa tahu bakat kita apa?

  1. Mempermatang Konsep Diri

Berat banget Minpow ngomingnnya mematangkan konsep diri. Waiiiiit, jangan dulu panik! Konsep diri tuh soal apa yang kamu suka, apa yang kamu harepin, apa yang kamu gak suka.

Itu tuh soal hal-hal mendasar soal diri kamu, mulai dari hal penting kaya standar hubungan sampai hal sepele kaya makanan dan minuman.

Terus, kok bisa manfaat self development tuh bisa bikin konsep diri kita lebih matang dan utuh?

Ya bisa banget dong! Karena kalau kita rajin melakukan self development, kita juga bakal semakin kenal sama diri sendiri. Kalau kita kenal sama diri sendiri, apa sih keuntungannya? 

Kita jadi gak bakal buang-buang waktu ngejalanin apa aja yang kita gak suka. Karena, pas kita sadar hal-hal yang bertentangan dengan selera pribadi kita, kita bakal langsung skip dan fokus sama apa yang kita mau dan kita suka. 

  1. Bikin Hidup Lebih Baik

Manfaat self development yang menurut Minpow paling menguntungkan adalah yang terakhir ini, yaitu bikin hidup lebih baik. Sebab apa lagi sih yang kita harepin dalam hidup ini selain bikin hidup lebih baik? 

Terus, kalau kamu gak ngerti kenapa dari self development bikin hidup lebih baik, itu karena setelah rutin menerapkan self development kita bakal punya kemampuan komunikasi yang lebih baik, rutinitas lebih baik, serta gaya hidup lebih sehat juga.

Kalau udah begitu, ya otomatis hidup kita juga bakal berubah ke arah lebih baik. 

Itu dia manfaat self development yang bisa kamu petik kalau kamu konsisten nerapin self development ke diri sendiri. Kalau udah mulai jalanin self development, jangan males-malesan, ya.

Melainkan harus konsisten! Sama kaya rambut, rambut juga harus konsisten rapinya. Biar gak kusut dan enggak berantakan, kamu cuma perlu satu alat ajaib, yaitu Jedai Haircules by DeClip.

Jedai Haircules by DeClip tuh satu-satunya jedai titisan dewa Hercules, alias gak bisa patah. Udah pernah digilas Alphard-nya Tasya Farasya dan pernah dibekuin Raisa juga di dalam es batu raksasa. Rusak gak tuh?

Sama sekali enggak dong bestie… Kegores juga enggak. Waktu ngirim ke Patricia Gouw juga pakai drone dan dilempar dari ketinggian 30 meter. Masih utuh dong!

Kalau kamu ga percaya (mungkin kamu punya trust issue yang tinggi) mending buruan deh cek catalog Minpow yang ada di website ini dan pilih warna favorit kamu.

Total ada 35 warna ditambah 4 pilihan warna glitter kalau kamu perlu pakai jedianya ke acara-acara formal di mana kamu kudu tampil lebih mevvah dan bling-bling.

Jedai Haircules tuh ada yang gigi 3 dan ada yang gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buruan ajakin temen se-geng kamu buat pakai jedai samaan semua! Abi situ bikin OOTD dan post ke IG, jangan lupa tag Minpow, ya!  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!