Declip

Gambar Friendship Decluttering 5 Manfaat Selektif Milih Teman

Friendship Decluttering: 5 Manfaat Selektif Milih Teman

Belakangan, istilah toxic kayanya dipake di banyak banget hal, ya. Mulai dari hubungan, kerjaan, sampai pengembangan pribadi. Buat menghindari teman yang toxic, ada saran buat memilih temen secara selektif namanya friendship decluttering.

Pernah denger? Atau kamu termasuk yang rutin ngelakuin friendship decluttering?

Karena keputusan yang cukup berani, friendship decluttering jadi nimbulin kontroversi nih. Orang-orang nganggepnya kita jadi engga manusiawi karena milih-milih orang buat dijadiin temen.

Tapi, manfaatnya buat diri kita sendiri tuh banyak banget loh. Ya itu tadi salah satu manfaatnya, kita jadi bisa terhindar dari temen yang toxic. Apalagi manfaatnya? Simak, yuk!

Manfaat Friendship Decluttering (Selektif Memilih Temen)

Friendship Decluttering

  1. Punya Waktu Lebih Buat Sendiri

Waktu kita punya banyak temen, wajar kalau waktu kita kemudian jadi terbagi. Nah, kalau kamu rutin ngelakuin friendship decluttering, memang temen kamu bakalan jadi lebih sedikit.

Tapi, keuntungannya, kamu bisa jadi punya lebih banyak waktu buat diri sendiri. 

Emang, kalau punya banyak waktu buat diri sendiri tuh untungnya apa, Minpow? Kamu bisa menggunakan waktu yang kamu punya buat lebih mengenal diri sendiri, untuk mempelajari apa yang kamu suka dan kamu enggak suka.

Dengan kamu mengenal diri sendiri, kualitas hidup kamu juga otomatis akan jadi lebih baik. 

  1. Dijauhkan dari Aura Negatif 

Kamu enggak tahu bahayanya aura negatif yang terus-terusan kamu terima sampai suatu saat pengaruhnya numpuk dan ngasih kamu sesuatu yang fatal.

Aura buruk tuh kaya gimana, sih, Minpow? Misal, saat temen kamu mengomentari kamu atau hidup kamu berlebihan, sampai-sampai kamu ngerasa kewalahan dan kehilangan rasa percaya diri. 

Sekali dua kali, mungkin kamu bakal baik-baik aja. Cuma sebel-sebel biasa aja gitu dengernya.

Tapi, kalau udah berulang kali, bisa-bisa kamu sampai kena mental breakdown dan bukan gak mungkin kamu bisa sampai depresi. 

BACA JUGA : 6 Tips Bikin Ucapan Ulang Tahun untuk Teman

  1. Privasi Aman

Kita semua pasti punya hal-hal pribadi yang pengen kita jaga sendiri. Atau rahasia-rahasia. Dan, gak papa banget sebenernya. Kamu enggak wajib membagikan rahasia atau privasi kamu sama siapa-siapa.

Seringkali, kita udah kasih tahu temen-temen terdekat soal privasi kita terus udah gitu dibocorin kalau temennya toxic. Duh!

Nah, salah satu manfaat dari keputusan friendship decluttering adalah privasi kamu bisa terjaga dengan aman.

Ya gimana bisa bocor, orang-orang yang bakal bocorinnya aja gak tahu apa-apa dan kamu gak kenal, ya gak?

  1. Quality Time

Sepanjang hidup, waktu luang kita tuh sebenernya gak banyak. Karena sebagian besar waktu kita dihabiskan buat tidur dan bekerja.

Jadi, udah tahu kalau waktu kita terbatas, masa iya kamu mau gunakan waktu kamu yang sedikit itu dengan orang-orang yang enggak banget? 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Niat mau quality time, tapi orang-orangnya aja sama sekali enggak berkualitas. Ya, gimana bisa? Makannya, supaya bener-bener bisa quality time, kamu kudu pastiin dulu kalau temen-temen kamu emang berkualitas.

Gak mesti banyak kok, sedikit gapapa tapi semuanya bisa diandalkan dan dipercaya.

BACA JUGA : 5 Ide Hampers untuk Teman yang Bisa Kamu Coba di Rumah

  1. Terbebas dari Toxic 

Ini yang tadi Minpow bahas, kalau toxic people tuh memengaruhi kamunya bisa bahaya banget.

Tapi, hal itu tuh enggak akan terjadi kalau kamu rajin melakukan friendship decluttering, soalnya dengan menyeleksi teman, kamu jadi bisa terbebas dari temen-temen yang toxic. 

Meski sepele, percaya deh sama Minpow, kalau kamu udah bisa ninggalin temen-temen yang toxic, kualitas hidup kamu juga bakal meningkat drastis.

Padahal, effort yang kamu lakuin sebenernya sederhana, yaitu mengutamakan kesehatan mental dan kebahagiaan diri sendiri.

Setelah kamu tahu manfaat friendship decluttering, Minpow selanjutnya bakal kasih tahu kamu cara yang tepat untuk melakukannya dengan smooth, enggak drama, sekaligus damai buat semua pihak.

Gimana, sih, Minpow caranya? Ini dia:

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Kado untuk Teman Wanita

Tips Friendship Decluttering

  1. Kasih Closure 

Sama kaya tiap hubungan yang kadang dibutuhkan closure atau penyelesaian, friendship decluttering juga sebaiknya dilakukan dengan penyelesaian berupa penjelasan baik-baik.

Kenapa kamu memutuskan mundur, apa yang kamu rasa enggak nyaman dalam pertemanan kalian dan lain sebagainya. 

Tapi, inget, tugas kamu hanya sampai di pemberian penjelasan, kamu enggak perlu merasa wajib memaafkan dan kembali berteman dengan mereka kalau kamu udah enggak mau.

Sekali lagi, inget kalau kamu perlu memprioritaskan diri kamu dulu di atas segalanya.

  1. Love in Distance

Kamu bisa kok menyayangi mereka dari jarak jauh. Maksudnya, kamu bisa tetap membina hubungan yang baik melalui komunikasi sesuai dengan kapasitas kamu berinteraksi, tanpa perlu ketemu dan memenuhi semua ekspektasi mereka. 

Kalau mereka nanya kenapa kamu gak bisa gabung ketemuan, kamu boleh banget jawab jujur karena kamu ga nyaman. Terlepas mereka bisa terima atau enggak, itu bukan urusanmu lagi.

Yang penting, kamu udah menjalani tugasmu sebagai teman yang baik dengan menyayangi mereka dari jarak jauh sebaik mungkin.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Kalau Kita Dimanfaatkan Teman

  1. Tegas

Setelah kamu kasih closure, selanjutnya kamu bisa bersikap tegas sama temen-temen kamu. Kamu berhak tentuin sejauh mana kamu mau berinteraksi sama mereka.

Kalau kamu ngerasa udah kewalahan dan enggak bisa lagi melayani mereka, di situ waktunya kamu buat tegas. 

Kalau kamu enggak tegas, ya mereka bakal terus-terusan semena-mena sama kamu dan akhirnya kamu yang kecapean sendiri karena harus terus-terusan memenuhi keinginan mereka.

Again, ini hidup kamu, bukan hidup mereka. Jadi kamu yang harus tegas tentuin batasan kamu sendiri.

  1. Kasih Saran Kalau Diminta

Seandainya temen-temen kamu nanya apa yang sebaiknya mereka ubah, kamu boleh kasih saran. Karena kalau mereka mengganggu kamu, besar kemungkinan mereka mengganggu yang lain juga.

Jadi, boleh banget tuh kamu kasih saran kalau diminta.

Tetapi, kalau mereka enggak meminta saranmu soal apa yang sebaiknya mereka perbaiki, Minpow saranin sih mending kamu juga diem aja, enggak usah repot-repot ceramah karena itu bakal Cuma ngabisin energi kamu.

  1. Jaga Privasi Mereka

Setelah melakukan friendship decluttering, mungkin ada rahasia-rahasia temen-temen kamu yang kamu keep dan sebaiknya kamu bener-bener jaga deh privasi mereka.

Kamu juga gak pengen, kan, privasi dan rahasia kamu dibocorin sama mereka? Makannya, saling jaga aja.

Itu dia seluk beluk soal friendship decluttering yang perlu kamu pahami sebelum bener-bener mengambil keputusan buat friendship decluttering.

BACA JUGA : 6 Kado Pernikahan untuk Teman Kekinian

Nah, tapi, kalau kamu pengen memahami cara mengatur rambut biar selalu tertata rapi dan enggak kusut, kamu cuma butuh satu: Jedai Haircules by DeClip!

Jedai yang udah berhasil mecahin rekor MURI ini udah dibuktiin ga pecah dilempar dari ketinggian 120 meter, udah dipanasin di microwave, diblender dan diuji macam-macam pun dia masih tahan banting. Total ada 35 warna jedai ditambah 4 warna glitter yang lebih mewah. Buruan cek catalog Minpow yang ada di website ini dan check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *