Declip

Kenali 5 Penyebab Trust Issue Ini

Kenali 5 Penyebab Trust Issue Ini

Belakangan ini rame banget ya istilah trust issue dipake di mana-mana tapi seberapa jauh sih kamu paham soal isunya? Terus, yang kamu pahamin tuh kira-kira udah sesuai belum sih dengan teorinya? Sebenernya, apa sih penyebab trust issue tuh? Kita bahas, yuk! 

Minpow baca dari https://www.webmd.com/, di situ dibilang kalau trust issue tuh adanya kekhawatiran antara satu atau masing-masing pihak soal hubungan yang lagi dijalanin.

Ini konteksnya bukan melulu soal pasangan, ya. Bahkan bisa terjadi dalam keluarga atau pertemanan. 

Jadi, kalau kamu atau kalian udah mempertanyakan sesuatu tentang kebenaran atau kejujuran yang terjalin dalam hububgan, hal itu udah bisa dikategorikan sebagai trust issue. Mungkin cuma levelnya aja yang beda.

Level trust issue kan beda-beda. Ada yang parah banget, ada juga yang b aja. Nah, itu tuh tergantung seberapa parah pemicunya dulu.

Yes, bener banget kalau kamu berpikrian bahwa trust issue tuh selalu dipicu oleh sesuatu. Pasti selalu ada alasan yang mendorong terjadinya trust issue, meski bisa jadi hal itu tuh beragam.

Mungkin kamu gak sadar, tapi sebenernya hal kaya gitu tuh bisa kebaca polanya. Apalagi kalau kamu pergi ke profesional, dia bisa kasih lihat kamu polanya juga, supaya bisa kamu hindari.

Di artikel ini, Minpow bakal bahas penyebab trust issue yang umum aja, ya, biar selanjutnya kamu bisa pelajari sendiri. Apa aja sih penyebab trust issue tuh? Ini dia:

Penyebab Trust Issue 

  1. Rendahnya Percaya Diri

Penyebab trust issue  pertama adalah rendahnya level PD. Sebenernya, ada banyak kemungkinan di balik fakta bahwa seseorang punya harga diri yang rendah.

Jadi, fakta bahwa rendahnya percaya diri itu bisa bikin trust issue tuh kaya masalah di dalam masalah. Jadi kompleks banget! Kita gak bisa menilai dari satu segi doang.

Kalau sekarang kamu punya trust issue, terus kamu juga sadar kalau level pede kamu rendah, itu artinya kamu kudu tap in lebih jauh lagi ke dalam diri kamu dan cari tahu sumber masalahnya di mana.

Karena, kedua hal ini tuh cuma merupakan apa yang kelihatan di permukaan, bukan sumber permasalahan utama.

Setelah kamu tahu apa yang jadi akar permasalahan kamu yang utama, baru deh kamu bisa langsung perbaiki hal itu supaya enggak sampai terulang dan bikin masalah lain yang lebih parah.

  1. Pernah Diselingkuhin

Coba angkat tangan siapa yang pernah diselingkuhin. Huhu. Ini bikin Minpow sedih banget loh.

Karena MInpow percaya bahwa kalau kamu sakit hati, dan punya trust issue gara-gara pernah diselingkuhin tuh berarti kamu dulunya pernah percaya sama orang sampai dalam banget, tapi dikecewain.

Karena, cuma kita yang sayang banget sama orang yang bisa sakit hati waktu diselingkuhin.

Itu artinya, perasaan kita tuh tulus dan yang kita dapat sebagai balasan malah kekecewaan. Jadi, wajar kalau kemudian perasaan kecewa itu berkembang jadi trust issue. 

Jangan salah, pengalaman diselingkuhin tuh bisa jadi trauma mendalam loh.

Kamu gak bakalan bisa percaya lagi sama seseorang segitunya, kamu juga bakal jadi parnoan, kamu pengen bisa kontrol semuanya, dan kita juga bisa jadi paranoid gak jelas. Itu dia penyebab trust issue yang kedua.

  1. Takut Penolakan

Minpow tahu, semua orang pasti gak suka ditolak. Tapi ada yang nanggepinnya biasa aja, ada yang nanggepinnya dengan terpukul banget.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Nah, kalau kamu termasuk yang histeris waktu nanggepin penolakan, itu juga termasuk pertanda bahwa ada sesuatu yang lebih serius di masa lalu kamu, sampe-sampe saat ini kamu separno ini sama penolakan. 

Poin nomor tiga ini juga bisa kamu jadiin bahan buat berefleksi sekaligus bahan perenungan, soal apa aja yang bisa kamu lakuin buat bikin hidup kamu lebih baik lagi.

Apa yang bisa diupayakan di masa mendatang, yang kamu pelajari dari masa lalu kamu. 

Meski kesannya nih bahaya banget ya, tapi sebenernya takut penolakan bisa kamu jadiin ajang buat introspeksi supaya kita bisa jadi versi diri sendiri yang lebih baik lagi.

Pelajari baik-baik penyebab trust issue ketiga ini biar enggak sampai menimpa kamuy a. 

  1. Pernah Mengalami Pelecehan

Meski termasuk isu sensitif, pelecehan ini pengaruh buruknya di kehidupan kita tuh bahaya banget loh. Salah satunya adalah bisa bikin orang jadi punya trust issue.

Lagi-lagi, itu tuh cuma apa yang kelihatan di permukaan. Kalau ditelusuri ke dalam, kamu bakal nemuin isu-isu lain kaya trauma, rendahnya rasa percaya diri dan masih banyak lain. 

Setelah kita ngalamin pelecehan, wajar banget kalau kita jadi paranoid dan punya self esteem yang rendah. Para penyintas pelecehan tuh butuh waktu yang panjang untuk bisa pulih dan berfungsi dengan optimal lagi.

Jadi, jangan paksa mereka untuk bisa langsung cerita dan terbuka sama kamu, ya. Beri mereka ruang dan kesempatan untuk pulih dulu. 

Kalau kamu kenal ada temen yang punya trust issue gara-gara kasus pelecehan, please kamunya juga harus sabar, ya.

Buat kita yang mungkin gak pernah ngalamin hal itu, semuanya bisa aja kerasa rempong, tapi kalau kita pernah ngalamin itu, kita bakal sadar betapa kompleksnya kasus pelecehan seksual bisa berlangsung.

  1. Karena Kesepian

Memang bisa ya Min kesepian jadi penyebab trust issue? Bisa banget. Pas kita lagi kesepian, kita kadang bikin scenario yang enggak-enggak.

Misalnya nih, kita bikin asumsi bahwa jangan-jangan orang-orang tuh gak suka sama kita, gak ada yang mau jadi temen kita, atau kita tuh gak cukup keren atau cukup pintar. 

Padahal gak ada hubungannya sama sekali! Kita ga mesti sempurna untuk bisa ngerasa nyaman sama diri sendiri. Kuncinya satu: penerimaan diri.

Sayangnya, social media zaman sekarang selalu nampilin apa-apa serba perfect, jadi sadar atau enggak, kita semua selalu berusaha ngejar standar itu.

Itu dia penyebab trust issue yang bisa kamu cross check lebih jauh. Kalau kamu mau tahu cara-cara mengatasi trust issue, kamu bisa baca artikel di sini sementara kalau kamu pengen tahu ciri-ciri trust issue, bisa klik di sini

Kalau pengen punya rambut panjang, tebal dan rapi gimana, Minpow? Jelas Cuma Jedai Haircules by DeClip yang bisa bantu! Bentuknya ada dua; satu gigi 3 dan satu lagi gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Total warnanya ada 38. Semuanya bisa kamu cek di catalog Minpow yang ada di website ini.

Yang bikin Jedai Haircules by DeClip unik adalah materialnya yang gak bisa patah. Makannya dia dijuluki Jedai Titisan Hercules, karena udah digilas Alphard sama Tasya Farasya, udah dimasukin es batu raksasa sama Raisa, udah dilempar dari ketinggian 30 meter sama Patrcia Gouw, gak ada satu percobaan itu yang bikin Jedainya hancur. Kegores aja enggak!

Penasaran ga sih? Buruan check out sekarang! Ajakin temen se-geng kamu biar jedainya kembaran semua!  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!