Declip

Gambar Apa Saja Perbedaan Lip Tint dan Lipstik

Apa Saja Perbedaan Lip Tint dan Lipstik?

Perbedaan lip tint dan lipstik – Sedang berencana lebih rutin melakukan self care dan ingin melengkapi kebutuhan perawatan kamu? Mulai dari hair care, body care, sampai lip care? Ketika kamu sedang melengkapi kebutuhan lip care, kamu akan menemukan sejumlah produk lip balm, lip cream, lip gloss, sampai lip tint dan lipstik.

Tahukah kamu penjelasan masing-masing produk lip care? Apa saja manfaat serta keunggulan masing-masing sekaligus perbedaannya? Nah, bicara soal perbedaan, melalui artikel ini Minpow akan memberikan penjelasan terkait perbedaan lip tint dan lipstik. Apa saja? Cari tahu, yuk! Simak, ya!

BACA JUGA : 

Apa Saja Perbedaan Lip Tint dan Lipstik?

Sering dengar istilah lip tint, tetapi tidak pernah benar-benar menggunakannya? Jangan menggunakan, melihat bentuknya saja belum. Sebenarnya, apa itu lip tint? Lip tint adalah produk kosmetik khusus untuk bibir yang pertama kali dipopulerkan oleh para wanita di Korea.

Biasanya, lip tint digunakan untuk memberikan rona yang alami di area bibir sehingga kamu memiliki warna merah yang alami, berbeda dengan saat kamu menggunakan lipstik, lip cream, atau produk pewarna bibir lainnya. Selain itu, apalagi yang membedakan lip tint dengan lipstik? Ini dia:

Perbedaan Warna

Sebagian besar orang menggunakan lip tint sebagai pelembab bibir, bukan untuk memberinya warna. Karena itu, banyak lip tint yang memang berwarna transparan. Sementara lipstik sudah pasti dapat memberikan warna pada bibir.

Lipstik sudah ada sejak lama sekali, orang-orang semula menyebutnya dengan istilah pewarna bibir sampai gincu. Fokusnya memang memberi warna pada bibir.

Itulah kenapa, warna menjadi perbedaan yang paling mencolok ketika kita membandingkan lip tint dengan lipstik. Selain warna, apalagi yang sangat membedakan lip tint dengan lipstik? Yaitu tekstur. Bagaimana tekstur lip tint? Bagaimana tekstur lipstik? Kita bahas di poin selanjutnya ya.

Perbedaan Tekstur

Perlu kamu ketahui, perbedaan paling mendasar dari produk lip tint dan lipstik adalah perbedaan tekstur. Lip tint tidak mengandung bahan lilin atau minyak, sehingga teksturnya cair.

Sementara lipstik memiliki tekstur padat karena kandungan lilin. Selain itu, pewarna pada lipstik juga lebih kuat dan lebih banyak porsinya dibandingkan dengan lip tint.

Dengan hanya melihat atau menyentuh teksturnya, sebetulnya kita sudah bisa tahu produk lip tint dan lipstik, meski saat ini sudah banyak beredar lipstik yang teksturnya juga cair seperti lip tint. Hanya saja kebanyakan lipstik memang teksturnya padat.

Perbedaan Cara Menggunakannya

Tentu saja, keduanya sama-sama dioleskan ke bibir. Namun, karena lip tint itu teksturnya cair, kamu akan diberi alat papan mungil untuk mengoleskan ke bibir. Biasanya, papan mungil tersebut disesuaikan dengan ukuran botol dan diberi sulu serta rambut halus yang membuatmu nyaman ketika digunakan di bibir.

Sementara itu, kamu dapat langsung menempelkan lipstik ke bibir karena produknya memang padat. Ketika mengoleskannya, kamu tidak perlu mendorong lipstik terlalu dalam atau terlalu kuat pada bagian bibir sebab sentuhan lembut biasa saja dapat memoleskan warna pada bibir.

Perbedaan Ketahanan

Ini merupakan fakta yang menarik. Meski kandungan bahannya lebih ringan, tetapi nyatanya lip tint dapat memberikan warna lebih tahan lama di bibir ketimbang lipstik. Bagaimana keajaiban itu bisa terjadi? Karena daya serap bibir terhadap lip tint lebih besar dan kuat ketimbang daya serap bibir terhadap lipstik.

Setelah makan dan minum, biasanya lipstik yang kita pulas sudah memudar. Bahkan, sebagian lipstik sudah terhapus. Namun, saat kamu mengoleskan lip tint, hasilnya bisa lebih tahan lama di bibir sekalipun kamu sudah makan dan minum.

Apa hal itu membuatmu lebih berat untuk memilih lip tint ketimbang lipstik? Boleh saja, kenapa tidak?

Perbedaan Kandungan

Seperti yang Minpow telah bahas sebelumnya, kandungan lip tint dengan lip cream jelas berbeda. Lip tint itu water based, terbuat dari air. Sebagian lip tint diberi pewarna. Jadi, setelah diaplikasikan ke bibir, lip tint meninggalkan warna. Meski demikian, warna pada lip tint tidak akan setebal lipstik.

Mengapa demikian? Karena kandungan air di dalamnya menjadikan warna lip tint paling mentok hanya membuat bibir lebih merona dan tidak pucat. Beda dengan lipstik yang dapat memberi macam – macam warna pada bibir, tergantung warna yang kamu pilih.

Perbedaan Manfaat

Orang memilih lipstik supaya penampilan mereka dapat lebih menyala, lebih meriah dan semarak. Karena itu, sebagai pewarna bibir, lipstik disediakan dengan warna-warna beragam. Mulai dari merah, pink, cokelat, bahkan ungu sampai biru. Manfaat lipstik memang murni untuk menghiasi bibir dan keperluan estetika.

Sementara itu, lip tint memiliki manfaat untuk memproteksi bibir dan menjaganya supaya tetap lembab. Selain itu, beberapa lip tint dilengkapi dengan kandungan bahan kimia yang ampuh mengobati kulit bibir pecah-pecah. Sampai sini, sudah paham, kan, perbedaannya?

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Memiliki manfaat yang berbeda, dilengkapi dengan kandungan yang berbeda serta hasilkan warna berbeda merupakan hal-hal yang dapat kamu ketahui melalui artikel yang Minpow tulis kali ini. Silakan kamu cermati masing – masing poinnya sebelum memutuskan hendak membeli yang mana.

Jadi, bagaimana? Setelah memahami perbedaan lip tint dan lipstik, Minpow harap kamu tidak akan mengeluh lagi kebingungan untuk memilih salah satu di antara kedua produk tersebut, ya. Jaga dan rawat dirimu sebaik mungkin untuk mendukung penampilan yang selalu paripurna. Selamat berbelanja lip tint dan lipstik!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *